Resep Bakso Goreng Tepung Kanji yang Super Renyah

Halo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan salah satu resep makanan yang dapat dijadikan camilan buat keluarga sobat semua di rumah. Resep makanan tersebut adalah resep bakso goreng tepung kanji yang super renyah dan dijamin menggugah selera sobat semua.

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang lezat dan gurih. Bakso kanji merupakan makanan yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya yang dibutuhakan. Cara pengolahan bakso kanji kali ini yaitu dengan cara digoreng.

Dari tadi bicara tepung kanci, sobat semua tahu tidak apa itu tepung kanji? Tepung kanji merupakan jenis tepung yang terbuat dari ekstrak atau pati umbi singkong. Tepung kanji ini juga bisa disebut dengan tepung tapioka atau tepung singkong.

Tepung ini warnanya putih dan memiliki tekstur yang kalau dicairkan menggunakan air hangat, teksturnya akan lengket dan warnanya menjadi bening seperti lem. Oleh karena itu perpaduan antara tepung kanji dengan tepung terigu haruslah pas sesuai dengan takaran. Tepung kanji biasanya digunakan untuk membuat adonan cireng, kerupuk, pengental aneka masakan, dan lain sebagainya.

Nah sudah tahu kan apa itu tepg kanji? Sekarang mari kita kembali ke laptop membahas bakso kanji goreng. Bakso kanji goreng biasanya digoreng garing sehingga menciptakan tekstur renyah dan apabila digigit akan garing di luar dan lembut di dalam.

Bakso kanji goreng ini juga biasanya di sajikan dengan cocolan saus sambal yang beraneka macamnya. Seperti, saus bumbu kacang, saus tomat, saus sambal kecap, saus sambal, dan bermacam saus lainnya. Tanpa adanya saus saat memakan bakso kanji goreng ini, pasti rasanya ada yang kurang.

Nah, dari pada sobat semua penasaran akan bagaimana rasa dan juga resep dari makanan ini, yuk langsung saja simak penjelasan tentang resep bakso goreng tepung kanji yang dapat sobat semua buat dengan mudah di rumah.

Resep Bakso Goreng Tepung Kanji

Dalam membuat bakso goreng tepung kanji, haruslah tahu bagaimana takaran yang tepat antara tepung kanji dengan tepung terigu. Apabila sobat semua salah takaran, maka hasilnya akan tidak maksimal. Bisa saja terlalu kenyal dan lembek atau bisa juga terlalu keras.

Membuat bakso goreng tepung kanji juga ada dua pilihan, pakai telur sebagai pelengkap atau tidak. Namun, pada resep kali ini saya menggunakan telur sebagai bahan pelengkap membuat bakso goreng tepung kanji. Yuk simak resep di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 7 sdm tepung tapioka
  • 4 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt garam
  • 80 ml air mendidih
  • 1 butir telur
  • Minyak goreng secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Bon cabe

Cara Membuat Bakso Goreng Tepung Kanji:

  1. Siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan.
  2. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, lada, dan penyedap rasa di dalam mangkok / baskom hingga rata. Jika sobat semua membuat dalam porsi banyak, bisa menggunakan mesin pembuat bakso agar lebih mudah dan cepat.
  3. Tuang sedikit demi sedikit 80 ml air mendidih ke dalam campuran adonan tersebut.
  4. Aduk dan uleni adonan hingga kalis dan tercampur rata.
  5. Ambil sedikit adonan dan bentuk adonan menjadi bulatkan kecil-kecil dengan tangan seperti bentuk bakso pada umunya.
  6. Rebus bakso di dalam air mendidih selama +/- 3 menit hingga matang (saat bakso sudah naik semua ke permukaan), lalu tiriskan.
  7. Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan baso aci dan telur ke dalam wajan
  8. Orak arik telur dan baso aci, lalu tambahkan bon cabe dan bumbu lainnya sesuai selera sobat semua
  9. Sajikan baso aci dan telur yang telah digoreng dan tambahkan topping sesuai selera.

Sekian penjelasan tentang resep bakso goreng tepung kanji yang sangat cocok untuk dijadikan camilan keluarga sobat semua, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.