Seperti Inilah Resep Ayam Penyet Cabe Ijo

Makanan apapun rasanya akan selalu cocok untuk disantap dengan sambal dan itu sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia pada dasarnya. Apalagi makanan dengan bahan pokoknya seperti ayam penyet.

Selain direbus atau digiling biasanya dijadikan nugget ataupun sosis, ayam penyet adalah jenis makanan yang sekarang viral dan menjadi favorit banyak orang terutama dipulau jawa. Berbagai macam variasi menu dari ayam penyet ini, ada yang dikombinasikan dengan sambal ijo, sambal kecap, ataupun sambal terasi.

Sekarang pada artikel kali ini kita akan lebih fokus membahas mengenai resep ayam penyet cabe ijo, Mengapa kita bahas itu? Karena bahan untuk membuatnya sangat mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun minimarket dan supermarket. Tentunya semua orang juga tahu tentang sambal ijo atau sambal cabe ijo.

Resep ayam penyet cabe ijo ini asal mulanya berasal dari daerah Jawa Timur, ada yang bilang asalnya dari Kota Pahlawan Surabaya ada yang bilang dari Banyuwangi, entah mana yang tepat lebih baik kita simak saja penjelasannya dibawah ini.

Resep Ayam Penyet Cabe Ijo

Bahan :

  • Ayam yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian
  • 15 cabai keriting hijau (sesuai selera)
  • 10 cabai rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 potong terasi
  • 2 buah jeruk limo
  • 1 sendok makan cuka apel
  • Gula merah secukupnya saja
  • Setengah sendok minyak sayur
  • 1 sendok makan lada bubuk
  • 1 sendok teh garam dapur

Cara Membuat Ayam Penyet Cabe Ijo

  1. Cuci ayam terlebih dahulu agar bersih. Kebanyakan yang sering jual dalam jumlah banyak kerap mengabaikan soal kebersihan sebelum masak, dan juga pastikan bulunya sudah bersih, jika belum bisa menggunakan mesin pencabut bulu ayam agar mempersingkat waktu, atau jika anda ingin bersantai-santai bisa dicabuti secara manual menggunakan tangan.
  2. Cara ini tujuannya agar bisa melewati step by step penyet yang lebih mulus dan tentunya steril.
  3. Lumuri calon ayam penyet tersebut dengan air cuka apel dan garam secukupnya. Jangan lupa juga tambahkan lada bubuk secukupnya sesuai selera. Kemudian diamkan sekiranya 20 menit saja. Cara ini bertujuan agar ketika masuk proses masak jadi lebih kaya.
  4. Resep selanjutnya tentu saja potong cabai dan siung bawang merah-putih. Masukkan mereka ke wajan penggorengan bersama dengan terasi. Gunanya cabai, bawang, dan terasi ini adalah untuk sambal ayam penyet yang berkarakter dan unik.
  5. Setelah cabai, bawang, dan terasi sudah cukup layu, angkat saja. Ulek mereka. Usahakan yang kasar saja. Jangan sampai halus. Soalnya resep bikin sambal yang mantap memang begitu. Biar nanti hasil ayam penyet terasa spontan.
  6. Jangan lupa resep selanjutnya tambahkan gula merah, garam, dan air jeruk limo secukupnya saja. Nanti hasil sambal itu akan berwarna hijau. Setelah sambal jadi, sekarang kita lanjutkan ke tahap resep ayam penyet selanjutnya.
  7. Cara selanjutnya adalah panaskan minyak hingga benar-benar panas. Masak ayam hingga berwarna kecokelatan dan mengering. Kemudian penyet jika sudah dirasa matang. Setelah itu goreng lagi sebentar saja.
  8. Tahap terakhir tentu saja angkat ayam penyet yang sudah digoreng untuk kedua kalinya itu. Agar lebih mantap, beri sambal di atasnya. Selamat! Akhirnya kamu bisa membuat ayam penyet sendiri kan?
  9. Sajikan bersama dengan nasi putih hangat sangat direkomendasikan dan nikmatilah sambil dengan perasaan senang gembira

 

Nah itu dia info mengenai resep ayam penyet cabe ijo yang bisa dibuat ibu-ibu bersama suami, anak, adik, kakak, tante, paman, dan orang terkasih lainnya dirumah. Selamat bermasak-masakan dan selamat mecobanya. Enjoyyy