Kerajinan Tangan Plastik

Kerajinan tangan plastik-Memiliki banyak waktu luang seharusnya menjadi hak istimewa tersendiri. Bagaimana tidak, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas bermanfaat yang belum pernah Anda coba sebelumnya.

Misalnya memanfaatkan sampah plastik menjadi kerajinan tangan plastik  yang indah dan layak untuk dijual. Apalagi kini gaung kantong plastik semakin banyak diaplikasikan di berbagai daerah di Indonesia.

Jika di rumah masih banyak sampah plastik dari botol bekas, kantong plastik, pembungkus makanan, atau kemasan produk plastik rumah tangga lainnya, kenapa tidak didaur ulang saja? Hanya butuh sedikit kreativitas, semua sampah Anda bisa disulap menjadi barang yang bermanfaat.

1. Pengertian Daur Ulang Plastik

Mengutip Wikipedia, daur ulang plastik merupakan kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan plastik bekas agar dapat digunakan kembali atau diolah menjadi barang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan memiliki nilai jual.

Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat membuang sampah sembarangan.

Plastik merupakan salah satu jenis sampah yang sulit terurai. Di sisi lain, pembakaran sampah plastik dapat menyebabkan pencemaran udara yang lama kelamaan akan membahayakan kesehatan.

Untuk itu, berbagai elemen masyarakat yang umumnya tergabung dalam komunitas rutin melakukan sosialisasi tentang hak daur ulang untuk dijadikan nilai jual.

Di Indonesia saat ini banyak terdapat industri rumah tangga yang memproduksi berbagai macam barang dari daur ulang plastik. Kerajinan plastik tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari tas cantik, keranjang pakaian, pot tanaman, hingga aksesoris yang tidak biasa.

Baca Juga Mesin Pencacah Plastik

2. Kerajinan Dari Botol Plastik

Jenis kerajinan dari botol plastik ini banyak diminati karena pengerjaannya yang mudah dan praktis. Anda hanya membutuhkan ide dan sedikit alat seperti gunting, lem, cat, dan pernak-pernik lainnya, botol plastik bisa disulap menjadi mainan yang menarik untuk anak tercinta.

3 Kerajinan Dari Kresek Plastik

Kerajinan plastik yang bisa ditiru antara lain bunga atau tanaman tiruan, tas serbaguna, dan vas ekonomis.

Apakah Anda masih memiliki stok kantong plastik bekas di rumah? Daripada dibuang dan mencemari lingkungan, sebaiknya ubah plastik menjadi kerajinan tangan. Ide kerajinan plastik plastik yang bisa Anda tiru, seperti bunga atau tanaman tiruan, tas serba guna, atau vas ekonomis.

4 Limbah Kopi Pembungkus Plastik

Umumnya sampah plastik kopi dibuat menjadi tas, dompet, tempat tissue, bingkai foto, bahkan tikar ukuran

Sementara sampah plastik kopi juga menarik untuk diolah. Bagi Anda yang termasuk pecandu kopi, daripada membuang kemasannya, lebih baik diolah menjadi barang fungsional. Umumnya sampah plastik kopi dibuat menjadi tas, dompet, tempat tissue, bahkan bingkai foto.

 5 Mengubah Botol Plastik Menjadi Anting

Apakah Anda menyukai aksesoris untuk melengkapi penampilan sehari-hari? Jika iya, Anda mungkin akan terkejut dengan kenyataan bahwa botol plastik bisa digunakan sebagai alas anting. Mengutip instruktur.com, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

siapkan bahan

  • Botol plastik digunakan untuk minuman ringan
  • Cat khusus akrilik
  • Kawat (atau Anda dapat menggunakan bagian belakang anting yang sudah jadi)
  • Gunting
  • Lilin
  • Stiker berlian (opsional)
  • Marker

grosirmesin.com menyediakan berbagai mesin daur ulang plastik

Tahapan

  • Gambar pola kelopak bunga di atas kertas
  • Potong botol plastik mengikuti ukuran yang sama dengan pola kelopak. Untuk membuat satu bunga Anda membutuhkan lima kelopak.
  • Rapikan potongan di ujung kelopak, dan gunakan gunting untuk membuat kelopak melengkung atau bisa dengan cara ditekuk. Cara lain, buat lengkungan kelopak dengan memanaskannya di atas lilin (jarak 8 inci) hingga kelopak lentur dan mudah dibentuk.
  • Setelah kelopak terbentuk, lakukan proses tumpang tindih lima kelopak untuk membentuk sebuah bunga. Untuk menyatukannya, lelehkan ujung setiap kelopak di atas lilin.
  • Setelah selesai bagian belakang mungkin akan tampak hitam karena proses pemanasan. Namun jangan khawatir, hal ini akan hilang karena proses pengecatan.
  • Untuk mengecat, beri warna dasar terlebih dahulu seperti putih. Kemudian beri warna kontras lainnya secara senada atau berwarna-warni sesuai selera Anda.
  • Setelah selesai dicat, lobangi ujung bunga untuk dikaitkan dengan kawat kecil dan tekuk kawatnya. Jika Anda menggunakan kawat bekas, tempelkan manik-manik berlian di atasnya dengan lem panas.
  • Anting dari botol plastik, sudah siap mempercantik diri Anda!