Mengenal Berbagai Jenis Mesin Sealer

Sama halnya dengan kemasan produk, mesin untuk pengemas pun memiliki berbagai jenis mesin sealer. Hal tersebut dikarenakan masing – masing mesin pengemas memiliki fungsi yang berbeda – beda dalam pengerjaan pengemasan produk. Kemasan produk merupakan salah satu aspek untuk menarik minat calon konsumen, karena calon konsumen pastinya akan membeli mana produk yang memiliki bentuk kemasan yang paling menarik. Baca juga : Peluang Usaha Rumahan Di Desa Yang Mudah Di Jalankan

Kemasan produk yang berbahan plastik pun menggunakan berbagai macam jenis plastik, seperti poliester, HDPE, nilon mapun PVC. Hal tersebut bertujuan antara lain karena karateristik berbeda yang dimiliki masing – masing produk yang akan dikemas. Kali ini, artikel ini akan membahas berbagai macam jenis mesin sealer yang digunakan untuk mengemas produk baik produk makanan maupun produk non makanan.

Hand Sealer

Merupakan mesin sealer bertipe press plastik yang digunakan untuk merekatkan ujung plastik dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan mesin perekat yang dipakai. Cara kerja mesin ini adalah  dengan memanfaatkan panas yang dihasilkan oleh aliran listrik yang membuat plastik meleleh dan kemudian akhirnya menempel. Kemasan yang dikemas menggunakan mesin ini juga akan menjadi kedap udara dalam di bagian dalam kemasannya.

Mesin hand sealer juga memilki bentuk yang lebih kecil dibandingkan dengan mesin sealer lainnya sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Biasanya mesin ini digunakan untuk mengemas produk makanan yang berukuran kecil seperti bumbu makanan atau makanan ringan lainnya. Jika dibandingkan dengan proses perekatan kemasan secara manual yang menggunaka lilin, maka perekatan dengan menggunakan mesin hand sealer akan terkesan lebih rapi dan lebih merekat. Jika menggunakan lilin dikhawatirkan kemasan justru akan bolong karena terbakar terkena panas api.

Menggunakan hand sealer pun cukup praktis dengan menempelkan plastik kemasan pada mesin. Selain itu keunggulan lainnya adalah mesin ini bisa merekatkan kembali kemasan yang sudah terbuka sehingga produk bisa disimpan kembali dan tentunya akan tahan lama.

Continous Sealer

Continous Sealer merupakan salah satu mesin sealer kemasan plastik yang secara otomatis bisa merekatkan kemasan plastik maupun almunium foil. Keunggulan dari mesin ini adalah hasilnya yang lebih tertutup dan lebih merekat sehingga meminalisir produk dari kecacatan produk karena bisa mencegah masuknya mikroorganisme.

Selain itu kecepatan dalam proses perekatan kemasan produk juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.Mesin sealer ini juga memiliki fitur pencetak tanggal kadaluarsa atau masa berlaku produk. Bahan dari mesin ini sendiri juga terbuat dari stainless steel sehingga mesin kuat, awet dan tidak mudah berkarat. Terdapat sistem roda juga pada mesin ini untuk mempermudah pengemasan.

Cup Sealer

Mesin Sealer ini digunakan untuk menyegel minuman yang dikemas dalam kemasan gelas plastik. Misalnya seperti teh, air mineral, jus dan minuman sari buah. Mesin ini memiliki dua jenis yaitu mesin yang otomatis dan mesin yang manual. Banyak pedagang saat ini lebih memilih menggunakan jenis kemasan cup sealer dibandingkan tutup cup. Karena pada tutup cup sering mengalami kebocoran ketika dibawa oleh konsumen.

Mesin Press Plastik Pedal

Merupakan mesin sealer kemasan plastik yang menggunakan pedal kaki dalam pengoperasiannya. Dengan begitu proses pengemasan akan lebih cepat dan mengurangi tingkat kebocoran kemasan. Sebab tenaga untuk mengoperasikan mesin sealer dilakukan oleh kaki.

Vacuum Sealer

Mesin jenis ini merupakan mesin sealer yang paling populer, karena digunakan untuk berbagai macam produk baik produk makanan ataupun bukan makanan. Pada prosesnya, mesin ini akan menyedot keluar udara yang terdapat pada kemasan sehingga produk di dalam kemasan akan berada pada kondisi hampa udara. Produk yang dikemas menggunakan mesin ini akan bertahan lebih lama, umumnya mampu bertahan hingga waktu 20 hari. Hal tersebut diakibatkan oleh produk yang tidak terpapar oleh mikroba dan bakteri yang terdapat pada udara bebas.