Inilah Cara Mengatasi Ac Bocor Dengan Mudah

Kesempatan kali ini membahas mengenai cara mengatasi ac bocor. Mari kita simak beberapa cara mengatasinya dibawah ini.

Cara Ampuh Mengatasi AC yang Bocor

cara mengatasi ac bocor

  1. Buka casing dan cek selang

Jika permasalahan saluran pembuangan kurang miring. Yang harus dilakukan ialah dengan membuka casing dari AC (unit indoor).

Kemudian cek dan pastikan selang di bagian outdoor miring. Dengan begitu aliran air tersebut pembuangan akan lebih lancar dan hal tersebut juga akan mencegah AC bocor. Cara diatas juga dapat anda lakukan untuk mengatasi AC bocor Indoor.

  1. Potong saluran pembuangan

Apabila permasalah diatas ada pada saluran pembuangan yang terlalu panjang sehingga dapat menyebabkan air hasil pembuangan tersebut tidak mengalir dengan baik.

Maka dari itu sebaiknya potong saja salurannya. Gunakan panjang saluran seperlunya.

  1. Bersihkan saluran pembuangan

Jika penyebabnya ialah air pembuangan ini tidak keluar dengan baik atau mampet. Anda dapat bersihkan saluran pembuangannya.

Langkah awalnya cabut kabel dari stop kontak. Hal ini dilakukan upaya menghindari atau mengurangi resiko tersetrum.

Selanjutnya buka casing untuk unit indoor. Kemudian semprotlah dengan air pada bagian saluran pembuangan. Pastikan juga kotoran tersebut mengalir dan keluar dari saluran pembuangan. Kemudian pasang kembali.

  1. Gunakan selotip

Apabila terlihat pipa yang saluran pembuangannya bocor dalam artian berlubang. Anda dapat menggunakan selotip khusus untuk pipa. Lalu, tutup menggunakan selotip tersebut dan pastikan air tidak akan menetes lagi.

  1. Panggil Tenaga Ahli

Jika semua penanganan sudah dilakukan, namun AC juga masih saja bocor. Sebaiknya anda panggil tenaga ahli dalam memperbaiki AC.

Sebab bisa saja ada hal-hal yang kita tidak tahu yang menyebabkan AC tersebut bocor. Mungkin ada celah yang kita tidak bisa menjangkaunya.

Atau dapat juga ada kerusakan pada komponen AC. Memanggil tenaga ahli juga dapat mengurangi resiko kerusakan AC semakin parah.

Penyebab Adanya AC Bocor 

  1. Saluran Pembuangan Kurang Miring dan Terlalu Panjang

Alasan atau penyebab yang pertama AC anda dapat bocor ialah saluran pembuangan yang kurang miring. Sebab saluran pembuangannya yang landai atau tidak miring dapat membuat air buangan tidak mengalir dan keluar dengan baik.

Nah, air buangan tersebut yang mengendap tersebut lah yang membuat AC tersebut menjadi bocor. Selain itu posisi saluran pembuangan yang kurang miring, ternyata panjang pendeknya saluran pembuangan juga bisa berpengaruh loh.

Saluran pembuangan yang terlalu panjang bisa membuat air buangan tidak dapat mengalir dan terbuang dengan cepat. Dapat juga terjadi penimbunan dan akhirnya terjadi kebocoran.

  1. Air Pembuangan Mampet atau Terhambat

Penyebab yang kedua masih berhubungan dengan adanya pembuangan. Yaitu air pembuangan yang tidak mengalir dengan baik karena mampet.

Walaupun AC sendiri hanya mengeluarkan air untuk pembuangannya. Bukan tidak mungkin ada debu atau kotoran yang terbawa pada saat proses pembuangan.

Hal tersebut yang membuat air pembuangan mampet atau tidak dapat mengalir dengan baik. Sehingga menyebabkan kebocoran.

  1. Adanya Kondensasi Pipa

Penyebab yang satu ini sebenarnya merupakan penyebab yang alami. Kondensasi tersebut terjadi karena perbedaan suhu antara suhu ruangan dan juga suhu pada pipa.

Kebanyakan masalah kondensasi pipa ini terjadi karena perangkat AC yang usianya sudah lama. Hal ini disebabkan adanya pembungkus pipa atau dapat kita sebut armaflex yang sudah aus.

  1. Pompa Drain Tidak Bekerja dengan Baik

Untuk penyebab yang satu ini dapat disebabkan karena usia dari AC. Namun, dapat juga di karenakan oleh kesalahan teknis yang membuat pompa drain tidak lagi berfungsi.

  1. Ada Celah

Penyebab yang satu ini dapat dibilang sebagai penyebab yang sulit diketahui. Biasanya ketika anda telah melakukan segala penanganan dan AC masih tetap bocor.

Dapat saja AC tersebut terdapat celah yang menyebabkan air pembuangan justru tidak keluar melalui saluran pembuangan. Namun, malah keluar melalui celah tersebut.

  1. Pemasangan AC yang Tidak Sempurna

Instalasi atau pemasangan AC tersebut ternyata juga berpengaruh pada kinerja dari AC. Untuk itu AC bocor sendiri ternyata dapat dipengaruhi oleh pemasangan AC.

Nah, itu tadi merupakan beberapa penyebab AC anda dapat bocor. kemudian anda  tahu penyebabnya barulah anda perlu tahu juga bagaimana sih cara memperbaiki atau mengatasi AC yang bocor.

Manfaat Dan Fungsi Ac Bagi kesehatan

cara mengatasi ac bocor

  1. Menghindari Dehidrasi

Manfaat pertama ialah AC  yang dapat melindungi anda dari dehidrasi. Dehidrasi tersebut disebabkan oleh suhu panas yang berlebih,setelah itu ketika berkeringat, cairan tubuh pun akan berkurang.

Penggunaan AC tersebut akan mengurangi resiko anda dalam terkena dehidrasi sebab AC dapat menghilangkan suhu panas sebagai penyebab keringat.

  1. Mengatasi Heatstroke

Heatstroke merupakan keadaan di mana suhu tubuhmu akan meningkat secara drastis sebab terpapar suhu panas yang berlebih. Penggunaan AC ini dapat dijadi solusi untuk menurunkan suhu tubuh dan kestabilan suhu tubuhmu.

Dari udara dingin yang dikeluarkan AC, suhu tubuh akan cepat kembali normal.

  1. Meningkatkan Kualitas Udara

AC memiliki kemampuan untuk menyaring polusi dan bakteri. Kemampuan ini akan meningkatkan kualitas udara di ruangan. Kualitas udara yang baik tentunya akan melancarkan dan bisa mencegah gangguan pernapasan.

Namun, kondisi tersebut hanya berlaku jika AC-mu bersih, AC yang kotor justru dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan.

  1. Mengurangi Asma dan Alergi

Sebelumnya telas dijelaskan bahwa AC dapat meningkatkan kualitas udara. Nah, maka dari itu kualitas udara yang baik juga bisa menjauhkanmu dari asma dan alergi.

Penggunaan AC dapat menghilangkan polusi, bakteri, serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut yang dapat menyebabkan asma maupun alergi.

  1. Elemen untuk Relaksasi

AC yang menyejukkan ini dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi tingkat stres dari diri seseorang. Supaya mendapatkan relaksasi yang lebih lagi, anda juga dapat menambahkan musik klasik dan lilin aromatherapy yang aromanya akan disebarkan angin dari AC.

  1. Meningkatkan Produktivitas

Sebelumnya telah disebutkan, penggunaan AC pada ruangan dapat memberikan kenyamanan pada seseorang. Dalam kondisi nyaman seperti ini, seseorang akan cenderung bekerja atau beraktivitas dengan hati dan pikiran yang nyaman pula.

Berbeda dalam kondisi yang panas. Panas tersebut dapat mengakibatkan anda cepat kelelahan dan stes, sehingga tidak dapat berpikir jernih.

  1. Menjaga Temperamen

Udara panas dapat menurunkan kinerja otak, sehingga menyebabkan peningkatan pada detak jantung dan tekanan darah. Dengan kata lain, AC  ini juga memiliki manfaat untuk menjagamu dari rasa emosi dan cepat marah.

  1. Mengatasi Sulit Tidur

AC juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Suhu pada tubuh yang panas cenderung akan membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur, pada kondisi seperti ini AC dapat berperan untuk menetralkan suhu tubuhmu.

Namun, jangan gunakan AC tersebut di suhu yang terlalu rendah, oleh karena itu, justru akan menggangu tidurmu.

  1. Menjaga Suhu Ruang untuk Bayi

Penggunaan AC juga berguna untuk kesehatan pada bayi lho, Toppers. Bayi ini belum dapat mengatur suhu tubuhnya, dan di sini AC berperan untuk menstabilkan suhu tubuhnya.

Selain itu juga, tentunya AC tersebut dapat membuat tidur si kecil semakin nyenyak, serta akan mengurangi resiko dehidras, heatstroke, dan ruam kulit.

Sekian yang bisa saya berikan semoga bermanfaat dan dapat anda benahi dengan mengikuti langkah-langkah yang ada. Dan sebelum itu anda juga harus tau penyebab ac bocor diatas juga sudah tertera adanya penyebab-penyebab ac bocor. Sekian dan terimakasih.