Oh Kaya gini toh Cara Membuat Geplak Yogyakarta yang legit?

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki banyak makanan khas, salah satunya adalah geplak Yogyakarta. Bagaimanakah cara membuatnya? Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Apa itu geplak?

Geplak merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Kota Bantul yang cukup terkenal dijadikan sebagai oleh – oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Geplak memiliki bentuk bulatan-bulatan yang terbuat dari daging kelapa.

Makanan ini biasanya memiliki rasa yang manis. Awalnya geplak hanya memiliki warna putih dan kelam, namun seiring dengan perkembangan jaman, olahan geplak tersebut mulai dimodifikasi dengan warna dan aroma yang bermacam-macam sehingga lebih menarik pembeli untuk mencicipinya.

 

Pada Zaman dahulu masyarakat sering menjadikan geplak sebagai makanan utama pengganti beras. Hal itu disebabkan karena banyaknya bahan pembuat geplak yaitu buah kelapa dan tebu yang berlimpah.

Melimpahnya lahan tebu yang ada di sekitar pemukiman warga masyarakat, tebu – tebu tersebut banyak diolah untuk menjadi gula di pabrik-pabrik pengolahan tebu seperti Madukismo yang masih ada sampai saat ini.

Melimpahnya bahan – bahan pembuatan geplak terlebih saat musim paceklik dimana bahan makanan susah ditemukan, masyarakat menjadikannya sebagai makanan pengganti beras atau nasi.

Saat ini, masyarakat lebih mengenal geplakt sebagai oleh – oleh khas Yogyakarta dengan rasa manis. Geplak akan lebih nikmat lagi jika dinikmati selagi masih panas.

Makanan tradisional ini akan banyak ditemukan dipusat oleh – oleh di Yogyakarta sebagai cindera mata. Bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta direkomendasikan juga untuk membeli geplak dengan rasa manis ini sebagai alternatif oleh-oleh.

Bahan – bahan

Berikut ini bahan – bahan yang digunakan untuk membuat geplak yogyakarta yang lezat dan manis :

  • 2 butir buah kelapa agak tua yang sudah diparus terlebih dahulu
  • 750 gram tepung beras
  • 500 gram gula pasir
  • 300 ml air matang
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan (boleh menggunakan banyak warna sesuai selera anda)

 

Pembuatannya

Langkah – langkah untuk membuat geplak Yogyakarta adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan sebuah ayakan dan ayaklah tepung beras. Setelah itu siapkan wajan dan sangrai tepung beras yang telah diayak tadi hingga kering. Selanjutnya tambahkan kelapa parut ke dalam wajan kemudian aduk hingga rata. Jika sudah tercampur dengan rata sisihkan sebentar.
  2. Langkah selanjutnya rebus air matang bersama gula pasir hingga mendidih dan sampai gula pasirnya larut.
  3. Setelah itu masukkan adonan tepung beras dan kelapa yang tadi telah dibuat ke dalam air rebusan gula itu. Kemudian tambahkan garam secukupnya lalu aduk rata hingga mengental dan mendidih. Jika adonan telah mengental dan mendidih angkat terlebih dahulu.
  4. Selanjutnya bagilah adonan tersebut menjadi beberapa bagian dan beri masing-masing bagian dengan pewarna makanan sesuai dengan selera dan kreatifitas Anda, kemudian aduk rata.
  5. Jika adonan tersebut sudah diberi pewarna makanan, ambillah adonan dan bentuk menjadi bulatan – bulatan kecil sesuai selera.
  6. Kemudian letakkan adonan yang telah dibentuk tersebut di atas loyang dan biarkan dingin serta mengeras.
  7. Jika sudah dingin dan mengeras sajikan dalam piring atau wadah dan kue geplak siap untuk disajikan.

 

Demikian tadi resep kue geplak Yogyakarta yang legitnya menggigit. Mudah sekali bukan untuk membuatnya? Selamat mencoba dan selamat berkreasi, semoga keluarga di rumah suka.

Baca Juga : Mampir Yuk, Intip Cara Membuat Cupcake Panggang yang Lezat!