Tips Cara Mengawetkan Buah Supaya Tahan Lama

Ada berbagai macam cara untuk mengawetkan buah supaya tahan lama. Namun, tidak semua cara tersebut ribet dan menyusahkan. Karena banyak buah yang ternyata hanya membutuhkan cara yang sederhana supaya tahan lama. Akan tetapi, masih saja banyak orang yang salah dalam menyimpan buah. Sehingga kesegarannya buah tersebut tidak terjaga dengan baik . Supaya buah favorit yang disimpan tidak lagi terbuang sia-sia, berikut tips cara mengawetkan buah supaya tahan lama. Baca juga : Resep Termudah..! Cara Membuat Keripik Nangka Secara Manual

Apel

Buah apel biasanya memiliki kulit yang berwarna merah jika masak, namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning tergantung jenis apelnya. Kulit buah apel memiliki tekstur agak lembek, daging buahnya keras. Apel juga memiliki beberapa biji di dalamnya.

Cara menyimpan apel sangatlah mudah, cukup simpan apel di dalam suhu ruangan. Tetapi untuk menjaga kesegaran dan rasanya supaya tahan lama, lebih baik simpan apel di dalam kulkas. Buah apel memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding buah lainnya. Gas etilen adalah senyawa yang dapat membantu buah atau sayuran dalam proses pematangan. Lebih baik gunakan wadah terpisah atau bisa juga membungkus buah apel terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas.

Mangga

Buah mangga selain dimakan langsung, juga bisa diolah sebagai manisan buah, irisan buah kering, dibuat makanan olahan kalengan dan lain-lain. Di berbagai daerah di Indonesia, mangga yang masih mentah ataupun sudah masak, jika memiliki rasa yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.

Mangga juga bisa masak dengan sendirinya,  oleh karena itu banyak penjual yang menjualnya saat masih mentah. Jika membeli mangga dalam keadaan masih mentah sebaiknya langsung menyimpan mangga di dalam kulkas. Jika mangga disimpan dalam suhu ruangan, proses pematangannya bisa semakin cepat. Jika sudah masak mangga bisa bertahan hingga dua pekan di dalam kulkas, tetapi buah mangga yang sudah dikupas atau dipotong hanya dapat bertahan dua sampai tiga hari di dalam kulkas.

Pisang

Pisang mempunyai berbagai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan yang lain. Buah pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi,  kalsium juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Sebaiknya jangan simpan pisang di dalam kulkas, karena jika kita menyimpan buah pisang di dalam kulkas akan menyebabkan turunnya baik rasa maupun kualitas dari buah pisang. Sayangnya buah pisang yang disimpan dalam suhu ruangan hanya bisa bertahan sehari hingga dua hari saja.

Semangka

Semangka memiliki kulit buah yang keras berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Daging buah semangka memilki bayak air dan berwarna merah atau kuning, tergantung jenis buahnya. Tanaman semangka cukup tahan akan kondisi kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah.

Semangka sangat nikmat jika dimakan saat cuaca panas dan dehidrasi, karena kandungan airnya yang tinggi akan memberikan rasa kesegaran. Lebih baik menyimpan buah semangka dalam kulkas agar tetap terasa manis dan segar.

Semangka yang masih utuh dapat bertahan hingga 10 hari dalam suhu ruangan, sedangkan jika disimpan di dalam kulkas bisa bertahan hingga dua pekan. Untuk buah semangka yang sudah dipotong, harus dibungkus terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas. Hal tersebut bertujuan supaya membuat semangka bertahan hingga tiga hari dan rasanya tetap terjaga.

Itulah artikel tentang Tips Cara Mengawetkan Buah Supaya Tahan Lama, semoga anada tidak salah dalam cara menyimpan buah – buahan yang anda miliki.