Cara Memperbaiki AC Bocor Dengan Baik dan Benar

Pada artikel kali ini saya akan menjelasan cara mengatasi ac bocor dengan mudah dan benar. Namun, tahukah kamu bagaimana cara memperbaiki ac bocor?? mari kita simak…

Pengertian AC

Air Conditioner adalah sebuah alat yang mampu mengkondisikan udara. Dengan kata lain, AC bisa berfungsi Sebagai Penyejuk Udara yang diinginkan ( sejuk atau dingin ) dan nyaman bagi tubuh. Ac Lebih Banyak digunakan di daerah wilayah yang beriklim tropis dengan kondisi temperatur udara yang relatif tinggi (panas).

Komponen – Komponen Pada AC

Komponen AC dapat dikelompokan menjadi 4 bagian, yaitu komponen utama, komponen pendukung, kelistrikan, dan bahan pendingin (refrigeran)

Komponen Utama AC diantaranya :

1. Kompresor
Kompresor yaitu Sebuah alat yang berfungsi untuk menyalurkan gas refrigeran ke seluruh sistem. Jika dianalogikan, cara kerja kompresor AC yaitu layaknya seperti jantung di Tubuh Manusia. Kompresor itu memiliki 2 Pipa,, Yaitu  Pipa Hisap dan Pipa tekan. Dan Memiliki 2 daerah tekanan, yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi. Ada juga tiga jenis dalam kompresor, Yaitu : Kompresor Torak ( Reciproacting ) Kompresor Sentrifugal, dan kompresor rotary.

2. Kondensor
Kondensor berfungsi sebagai alat penukar kalor, yang bisa untuk menurunkan temperatur refrigeran, dan mengubah wujud refrigeran dari bentuk gas menjadi cair. Kondensor Pada AC biasanya yaitu di simpan pada luar ruangan (outdoor). Kondensor biasanya didinginkan oleh Kipas (FAN). Dan Fan ini berfungsi untuk menghembuskan panas yang di hasilkan kondensor pada saat pelepasan Kalor yang akan di serap oleh gak refrigeran. Agar Proses Pelepasan kalor bisa lebih cepat, pipa kondensor itu didesain berliku dan dilengkapi dengan sirip.

3. Pipa Kapiler
Pipa kapiler adalah komponen utama yang berfungsi menurunkan tekanan refrigeran dan mengatur aliran refrigeran menuju evaporator. Fungsi utama pipa kapiler ini sangat vital dikarenakan dapat menghubungkan dua bagian tekanan berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. Refrigeran ini bertekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler akan di ubah atau diturunkan tekananya. Akibat dari penurunan tekanan refrigeran menyebabkan penurunan suhu. Pada bagian inilah (pipa kapiler) refrigeran bisa mencapai suhu terendah (terdingin). Pipa kapiler terletak antara saringan (filter) dan Evaporator.

4. Evaporator
Evaporator berfungsi untuk menyerap dan mengalirkan panas dari udara ke refrigeran. Akibatnya, Wujud cair refrigeran setelah melewati pipa kepiler akan berubah menjadi wujud. Secara sederhana, evaporator bisa di katakan sebagai alat penukar panas. Udara panas di sekitar ruangan ber-AC diserap oleh evaporator dan masuk melewati sirip-sirip pipa sehingga suhu udara yang keluar dari sirip-sirip menjadi lebih rendah dari kondisi semua atau dingi. Sirkulasi udara ruangan ber-AC diatur Oleh Blower indoor. Biasanya Evaporator ditempatkan pada dalam ruangan.

Komponen Pendukung AC Diantaranya :

1.Strainer Atau Saringan
Strainer atau saringan berfungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa oleh refrigeran. Di dalam sistem AC, Kotoran yang lolos dari saringan karena strainer rusak dan dapat menyebabkan penyumbatan pipa kapiler. Akibatnya, sirkulasi refrigeran menjadi terganggung. Biasanya, kotoran itu yang menjadi penyumbat sistem pendingn, seperti karat dan serpihan logam.

2. Accumulator
Accumulator berfungsi untuk penampung sementara refrigeran cair yang bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator. Selain itu, accumulator juga berfungsi untuk mengatur sirkulasi aliran bahan refrigeran agar bisa keluar-masuk melalui saluran isap kompresor. Untuk mencegah terjadinya agar refrigeran cair tidak mengalir ke kompresor, accumulator mengkondisikan wujud refrigeran tetap dalam wujud gas. Sebab, ketika wujud refrigeran berbentuk gas akan lebih mudah untuk masuk ke dalam kompresor dan tidak akan merusak bagian dalam kompresor.

3. Minyak Pelumas Kompresor
Minyak pelumas atau oli kompresor pada sistem AC bisa berfungsi untuk melumasi bagian-bagian kompresor agar tidak cepat aus karena gesekan. Selain itu, minyak pelumas berfungsi untuk meredam panas di bagian-bagian kompresor. Sebagian kecil dari oli kompresor bercampur dengan refrigeran, dan kemudian ikut bersirkulasi di dalam sistem pendingin melewati kondensor dan evaporator. Oleh sebab itu, pada oli kompresor juga memiliki persyaratan yang khusus loh, yaitu bersifat melumasi, dan tahan terhadap temperatur kompresor yang tinggi. Dan memiliki titik beku yang renndah, dan tidak menimbulkan efek negatif pada  refrigeran serta pada komponen AC yang dilewatinya.

4. Kipas ( Fan atau Blower )
Pada komponen AC, Blower terletak pada bagian indoor yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin yang di hasilkan evaporator. Fan atau kipas juga terletak pada bagian outdoor yang berfungsi untuk mendinginkan refrigeran pada kondensor serta untuk membantu pelepasan panas pada kondensor ac.

Mungkin kita bertanya, kenapa kalau memang sudah di rancang dengan talang penampung air berserta instalasi pembuangan, AC tetap saja bocor ?

Untuk penyebab AC bocor air pada unit indor itu karenakan talang penampung air dan selang instalasi-nya tersebut tersumbat di kotoran dan lendir ( lumut ) karena AC sering digunakan. Namanya juga selalu dalam keadaan dingin dan lama kelamaan pasti akan menyebabkan adanya lendir ( lumut ) yang bisa menyumbat instalasi selang pembuangan.

Jika sudah tahu penyebabnya, lalu langkah apa saja yang perlu kita lakukan untuk menghindari agar AC kita agar tidak mengalami masalah bocor air ? Tentu saja ada beberapa tips untuk mencegahnya agar hal ini terjadi, diantaranya silakan kita simak beberapa tips berikut ini.

Cara Mencegah AC Bocor Air

 

  • Usahakan kita service rutin minimal 2 bulan sekali untuk merawat AC anda supaya tidak terjadi kebocoran air.
  • Selalu bersihkan filter/penyaring udara minimal 1 minggu sekali pada unit indoor AC kita.
  • Minta kepada teknisi yang merawat AC kita untuk selalu menyemprot selang pembuangan dan membersihkan talang penampung air pada unit indoor AC anda pada setiap kali service.

Saya kira itu saja mungkin sudah cukup untuk cara mencegah AC bocor air pada unit indoor. dan apabila kita ragu untuk melakukan sendiri, kita bisa meminta bantuan kepada Teknisi yang sudah ahli di bidang mesin pendingin.

Nah, demikian tips agar AC tidak bocor air dari kami, semoga ini bisa membantu dan menambah wawasan kita. Jangan lupa share artikel ini ke teman atau kerabat kita, jika menurut kita ini bermanfaat.

Penyebab AC Bocor Yang Perlu Kamu Ketahui

 

Seperti yang dikatakan tadi sebelum kita tahu cara mengatasi AC yang bocor, kita perlu tahu apa saja penyebabnya.

1. Saluran Pembuangan Kurang Miring dan Terlalu Panjang

Alasan atau penyebab yang pertama AC kita bisa bocor adalah saluran pembuangan yang kurang miring. Karena saluran pembuangan yang landai atau tidak miring bisa membuat air buangan tidak bisa mengalir dan keluar dengan baik.

Nah, air buangan yang mengendap tersebut lah yang membuat AC bisa menjadi bocor. Selain posisi saluran pembuangan yang kurang miring, ternyata panjang pendeknya saluran pembuangan juga berpengaruh loh.

Saluran pembuangan yang terlalu panjang bisa juga membuat air buangan tidak mengalir dan terbuang dengan cepat. Bisa juga terjadi penimbunan dan akhirnya terjadi kebocoran.

2. Air Pembuangan Mampet atau Terhambat

Penyebab yang kedua masih berhubungan dengan pembuangan. Yaitu air pembuangan yang tidak mengalir dengan baik karena mampet.

Walaupun AC sendiri hanya mengeluarkan air untuk pembuangannya. Bukan tidak mungkin ada debu atau kotoran yang terbawa pada saat proses pembuangan.

Hal tersebutlah yang membuat air pada pembuangan mampet atau tidak bisa mengalir dengan baik. Sehingga bisa  menyebabkan kebocoran.

3. Adanya Kondensasi Pipa

Penyebab yang satu ini sebenarnya merupakan penyebab yang alami. Kondensasi ini bisa terjadi karena perbedaan suhu antara suhu ruangan dan juga suhu pada pipa.

Kebanyakan masalah kondensasi pipa ini biasanya terjadi pada perangkat AC yang usianya sudah lama. Hal tersebut karena pembungkus pipa bisa kita sebut armaflex yang sudah aus.

4. Pompa Drain Tidak Bekerja dengan Baik

Untuk penyebab hal yang satu ini bisa disebabkan karena usia dari AC. Namun, bisa juga di sebabkan oleh kesalahan teknis yang membuat pompa drain menjadi tidak berfungsi.

5. Ada Celah

Penyebab yang satu ini bisa dibilang penyebab yang sangat sulit diketahui. Biasanya ketika kita sudah melakukan segala penanganan dan AC masih saja bocor.

Bisa saja AC tersebut terdapat celah yang bisa menyebabkan air pembuangan justru tidak keluar melalui saluran pembuangan. Namun, malah keluar melalui celah tersebut.

6. Pemasangan AC yang Tidak Sempurna

Instalasi atau pemasangan AC ternyata juga bisa berpengaruh pada kinerja dari AC. Untuk AC bocor sendiri ternyata juga bisa dipengaruhi oleh pemasangan AC.

Nah, itu tadi merupakan beberapa penyebab AC kita bisa bocor. Setelah kamu tahu penyebabnya barulah kita perlu tahu juga bagaimana sih cara memperbaiki atau mengatasi AC yang bocor.

Sekian cara mengatasi ac bocor ini, semoga cara ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan saya mengucapkan banyak terimakasih.