Cara Membuat Sotong Goreng Enak dan Gurih Ala Rumahan

SOTONG

Sotong merupakan bintang yang hidup diperairan, khususnya sungai maupun laut bahkan danau. Sotong dapat hidup dari permukaan air hingga ribuan meter dibawah permukaan laut. Sotong juga merupakan hewan seafood yang banyak digemari orang orang. Sotong sering kali disamakan dengan cumi cumi karena memiliki tekstur tubuh yng sama sama lunak. Perbedaan cumi cumi dengan sotong sendiri dapat dilihat dengan jelas. Berikut perbedaannya.

 

PERBEDAAN CUMI CUMI DAN SOTONG

Cumi cumi

  • Memiliki tubuh berbentuk lonjong dan sedikit tampak pipih
  • Bentuk tubuh yang panjang dan meruncing dibagian kepalanya
  • Memiliki 2 tentakel utama yang panjang dan 8 tentakel lain yang pendek
  • Ukuran lebih kecil dari sotong
  • Cumi cumi memiliki tulang didalam tubuhnya yang berbentu seperti tangkai

Sotong

  • Ukuran jauh lebih besar dari cumi cumi
  • Memiliki tubuh berbentuk panjang namun agak pipih dan melebar
  • Sotong memiliki 8 tentakel didekat mulutnya
  • Memiliki sepasang sirip yang menempel disekitar leher hingga ujung ekornya
  • Ada tulang berbentuk pipih didalam tubuhnya
  • Tulangnya lebih keras dari pada cumi cumi

 

JENIS JENIS SOTONG YANG TERKENAL DI INDONESIA

1. Sotong Torak

Sotong yang pertama adalah sotong torak. Sotong ini banyak ditemui di kawasan pantai timur dan menjadi buruan utama saat musimnya. Sotong torak memiliki badan dan sungut yang panjang. Sotong torak dapat besar hingga satu lengan tangan orang dewasa. Jenis ini hidup dikawasan laut dalam di bawah permukaan laut. Tetapi sotong ini sangat tertarik dengan sinar atau cahaya sehingga kadang mudah untuk di tangkap.

2. Sotong cumit

Jenis sotong selanjutnya adalah sotong cumit, sotong cumit atau sotong jarum ini pada dasarnya memiliki bentuk yang sama dengan sotong torak. Hanya saja sotong cumit memiliki ukuran tubuh yang kecil. Warna merah pada sotong jenis ini terlihat jelas dari sotong lain. Sotong cumit hidup diantara sotong torak dan biasanya sotong ini ditangkap untuk memancing ikan seperti kerapu.

3. Sotong kurita (Octopus)

Jenis sotong selanjutnya adalah sotong kurita atau octopus. Sotong jenis ini memiliki bentuk yang berbeda dengan sotong pada umumnya. Sotong ini hidup di kawasan daerah lumpur. Sotong kurita memiliki tubuh yang super fleksibel sehingga dapat masuk ke cela cela kecil seperti terumbu karang dan lain lain. Sotong ini memiliki sengat di tentakelnya sehingga sangat berbahaya jika sampai menyengat. Biasanya nelayan menangkap sotong jenis ini untuk umpan memancing ikan.

4. Sotong mengabang (longfin squid)

Jenis sotong yang selanjutnya adalah sotong mengabang atau sotong ngabang. Sotong yang satu ini memiliki bentuk pandan pendek dan lebar. Sotong ini biasanya ditemukan di pantai yang berbatu atau yang terdapat terumbu karang, karena habitat sotong jenis ini di bebatuan. Jenis ini biasanya ditangkap untuk dikonsumsi karena rasa yang enak. Jenis ini biasanya akan muncul dipermukaan pada malam hari.

5. Sotong katak (Cutlefish)

Jenis sotong yang terakhir adalah sotong katak atau cutlefish. Secara fisik sotong jenis ini memiliki bentuk seperti sotong jenis mengabang karena bentunya yang pendek dan melebar.

 

MANFAAT SOTONG

1. Membantu proses diet

Jika sedang mencari makanan yang akan membuat kenyang lebih lama namun tidak membuat gemuk, sotong ini merupakan makanan yang tepat. Hal ini dikarenakan sotong memiliki protein yang sangat tinggi namun rendah kalori. Sehingga cocok untuk orang yang sedang menjalankan diet.

2. Mencegah kanker

Banyak makanan sehat diluar sana yang juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker termasuk hewan sotong ini. Hewan sotong memiliki tinta hitam yang didalamnya terdapat kandungan asam amino essensial dan zat besi. Kandungan didalam tinta ini bermanfaat baik untuk pertumbuhan sel sel yang ada ditubuh. Apabila ada sel ganas seperti tumor atau kanker pada tubuh maka tinta ini dapat membantu untu meluruhkan sel sel ganas tersebut.

3. Meningkatkan nafsu makan

Untuk orang yang tergolong susah makan khusunya anak anak, sotong ini dapat menjadi salah satu bahan untuk menu makanan yang akan dihidangkan agar nafsu makan tambah. Nafsu makan yang semakin buruk akan membuat tubuh menjadi jatuh sakit. Jadi jika ada yang kurang nafsu makannya pilihan tepatnya adalah sotong ini.

4. Meningkatkan berat badan

Walaupun sotong ini memiliki kandungan kalori yang rendah tapi sotong memilikikandungan lemak yang tinggi. Jika ingin terlihat hasilnya sangat disarankan untu mengonsumsi sotong 3-4 kali dalam satu minggu. Namun tetap baiknya untuk secukupya saja, dikhawatiran jika terlalu berlebih dalam mengonsumsi akan mengakibatkan munculnya penyakit kolestrol yang disebaban karena banyak mengonsumsi makanan berlemak.

5. Meringankan radang

Radang merupakan pembengkakan pada bagian tubuh yang dapat disebabkan karena alergi atau reaksi kimiawi lain. Biasanya radang menimbulkan rasa nyeri dan disertai pembengkakan bahkan jika kondisinya parah dapat menimbulkan demam. Untuk meringankan radang ada baiknya untuk mengonsumsi sotong, disarankan 2 – 3 ekor sotong untuk disantap bersama nasi hangat.

6. Meningkatkan funsi otak

Secara umum dan garis besar otak memiliki 3 fungsi diantaranya motorik (terkait bperbegerakan tubuh), sensorik (terkait dengan penginderaan) dan afetif (terkait dengan suasana hati). Untuk membuat 3 fungsi otak kita berfungsi dengan baik sotong merupakan pilihan yang tepat untuk di konsumsi.

7. Memperbaiki sistem imun

Imun merupakan sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan panyakit yang menyerang. Imun tubuh terkait dengan sistem kekebalan tubuh, kekuatan tubuh. Imun dapat lemah dengan berbagai faktor penyebabnya seperti sering begadang, susah makan, stres dan lain nya. Jika sistem imun dirasa mulai lemah, segeralah mengonsumsi sotong karena sotong ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

 

CARA MEMBUAT SOTONG GORENG ENAK DAN GURIH ALA RUMAHAN

1. Sotong tepung crispy

Bahan bahan

  • 250 gram sotong
  • 350 gram tepung
  • 3 siung bawang putih
  • ½ sdm ketumbar
  • Garam sesuai selera
  • Kaldu bubuk
  • Air es secukupnya

Langah langkah

  • Bersihkan sotong hingga bersih
  • Potong potong seperti bentuk cincin
  • Haluskan bumbu rendaman diatas lalu campurkan dengan sotong aduk hingga rata
  • Diamkan sotong atau masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 30 menit
  • Siapkan air es dan es batunya
  • Ambil sotong di dalam kulkas tadi
  • Siapkan mangkok, masukkan tepung dan tambahkan air, aduk hingga rata dan tidak ada gumpalan
  • Masukkan sotong kedalam mangkuk isi tepung tadi dan diamkan hingga kurang lebih 15 menit
  • Siapkan lagi piring lalu masukkan tepung
  • Sotong yang telah direndam dengan tepung basah tadi gulirkan diatas tepung kering
  • Gulirkan terus hingga tercampur rata
  • Panaskan minyak goreng lalu goreng sotong dengan api sedang hingga berwarna sedikit kecoklatan
  • Jika dikira sudah kecoklatan angkat lalu tiriskan
  • Sajikkan dengan saus pedas yang akan menambah cita rasa

TIPS GORENGAN RENYAH

1. Perhatikan jenis tepung

Tips agar gorengan renyah yang pertama adalah perhatikan jenis tepung yang digunakan yakni tepung terigu.  Masih banyak juga tepung lainnya yang bisa jadi pilihan untuk gorengan crispy. Seperti tepung panir yang cocok utuk gorengan seperti chicken katsu dan ebi furai. Sedangkan untuk gorengan lainnya bisa dicampur dengan tepung beras ke dalam tepung terigu supaya gorengan renyah lebih lama.

2. Campur tepung dengan baking soda

Tips agar gorengan renyah yang kedua adalah campur tepung dengan baking soda. Campurkan baking soda kedalam adonan tepung kering kemudian bumbui dengn garam atau bumbu lainnya. Perlu diperhatikan baiknya ketika mencampur adonan menggunakan air es atau suhu normal. Selain itu jangan aduk adonan terlalu lama karena dapat merusak fungsi baking soda.

3. Pastikan adonan bersuhu dingin

Tips yang ketiga adalah memastikan adonan bersuhu dingin. Menjaga adonan untuk tetap bersuhu dingin adalah dengan menuangkan air es atau air dingin ke dalam adonan. Hal ini dapat membuat gorengan lebih renyah.

Hindari penggunaan air hangat bahkan panas. Karena air hangat atau panas yang dicampur di adonan tepung membuat hasil gorengan lembek dan terlihat kurang menarik.

4. Usahakan bahan diiris tipis

tips gorengan agar renyah selanjutnya adalah mengiris bahan tipis tipis. Mengiris bahan tipis tipis ini memiliki pengaruh besar pada hasil gorengan yang akan dibuat. Saat ukuran bahan tipis maka apabila di masukan ke dalam adonan tepung akan memiliki ukuran yang tipis. Maka hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kerenyahannya.

5. Melakukan dua kali penepungan

Tips selanjutnya adalah melakukan dua kali dalam penepungan. Hal ini untuk mencegah agar saat tepung lapisan utama merupakan adonan tepung basah agar tidak pecah. Setelah masuk ke adonan tepung basah maka selanjutnya masukkan bahan ke tepung kering yang murni tidak ada campuran air. Untuk hasil yang renyah cukup dua kali saja melakukan penepungan ini.

6. Langsung digoreng

Tips terakhir adalah langsung digoreng, yaitu dengan memasukan bahan setelah diberi tepung ke dalam minyak panas. Tujuannya agar adonan tepung tidak menggumpal, apabila menggumpal akan membuat gorengan menjadi tebal dan membuat lebih lama dalam menggoreng. Dan juga menyerap minyak lebih banyak sehingga menjadi tidak renyah lagi.

 

TIPS SEHAT MENGGUNAKAN MINYAK GORENG

1. Hindari memanaskan minyak dengan suhu terlalu tinggi

Tips yang pertama adalah menghindari memanaskan minyak dengan suhu terlalu tinggi atau dalam api yang besar. Temperatur menggoreng harus tepat, apabila memasukkan makanan ke dalam minyak yang belum panas akan menyebabkan makanan menyerap minyak lebih banyak. Sementara apabila memasukkan makanan di minyak yang terlalu panas akan  mengaibatkan makanan cepat gosong dibagian luar sedangkan dibagian dalam masih mentah.

2. Tiriskan makanan setelah digoreng

Tips selanjutnya adalah meniriskan makanan setelah penggorengan. Hal ini dilakukan agar mengurangi kelebihan minyak.

3. Ganti minyak baru

Tips selanjutnya adalah mengganti minyak baru. Wajarnya penggunaan minyak itu hanya satu kali dengan suhu dibawah 120 derajat celcius. Namun satu kali biasanya minyak masih terlihat bening, minyak ternyata juga bisa di gunakan hingga tiga kali paling banyak. Hindari untuk menggunakan minyak berkali kali hingga berwarna menghitam. Hal ini karena minyak yang digunakan berulang kali hingga berwarna kecoklatan bahkan menghitam menyebabkan makanan menjadi bau.

Ganti minyak baru jika minyak lama memiliki ciri ciri dibawah ini :

  • Berwarna kecoklatan bahkan kehitaman
  • Mengeluarkan asap saat di taruh disuhu normal
  • Muncul buih buih berlebihan di sekitar makanan yang sedang digoreng
  • Mengeluarkan bau yang menyengat

4. Simpan minyak dengan baik

Tips menggunakan minyak agar sehat yang terakhir adalah menyimpan minya dengan baik. Simpan minyak didalam wadah yang tertutup, tidak terkena cahaya, dan ditempat seju agar kandungan dalam minyak tidak berubah.

CIRI CIRI SOTONG YANG MASIH SEGAR

  1. Warna

Ciri ciri sotong yang masih segar yang pertama adalah warna, pilih sotong dengan warna kulit putih kelabu dengan binti sedikit kemerah merahan.

2. Mata

Ciri sotong yang masih segar selanjutnya adalah mata, mata sotong yang segar memiliki warna yan jernih dan tidak buram. Jika menemukan mata sotong buram berarti sotong sudah dalam keadaan tidak segar.

3. Daging

Selanjutnya daging sotong, sotong yang segar memiliki ciri dagingnya masih terasa kenyal. Hanya dengan dipencet daging akan kembali ke semula jika segar. Jika sudah tidak segar maka daging tidak kembali ke semula.

4. Bau atau aroma

Ciri sotong yang segar selanjutnya bau, sotong yang segar memiliki bau yang amis yang sewajarnya seafood atau hewan air. Jika sotong memiliki bau yang menyengat maka sudah dipastikan sotong sudah tidak segar.

5. Tubuh dan kepala menyatu

Ciri selanjutnya adalah tubuh dan kepala sotong masih menyatu dan tidak putus.

6. Mengeluarkan banyak tinta

Ciri terakhir adalah sotong mengeluarkan banyak tinta. Sotong yang masih segar tintanya banyak sedangkan yang sudah tidak segar akan mengeluarkan sedikit tinta.

 

CARA MEMBERSIHKAN SOTONG

  1. Cuci bersih sotong dengan air mengalir
  2. Tarik tantakel atau kepala sotong dengan hati hati jangan sampai tinta pecah didalam
  3. Buang bagian isi tinta yang menyambung ke sotong
  4. Untuk badannya buang bagian sisi plastik yang berwarna ungu hingga sotong berubah menjadi warna putih
  5. Buang tulang yang ada dialam sotong
  6. Lalu bersihkan kembali dengan air mengalir
  7. Dan sotong siap diolah, agar tidak amis dapat diberi perasan jeruk nipis
  8. Masukan ke dalam kulkas dengan jangka paling tidak 2 hari.

Sekian artikel tentang cara membuat sotong goreng. Selamat mencoba. Jika ingin mengetahui olahan seafood lain dapat cek diartikel berikut cara masak salmon, cek juga artikel resep bakso goreng ayam. Dan jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel tentang Rumah Mesin yakni cara membuat abon ikan salmon.

Terima kasih, see uu..