Cara Membuat Pentol Kanji Empuk yang Enak dan Gampang

Halo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat pentol kanji empuk yang enak dan gampang banget nih untuk dicoba. Sobat semua pasti tahu kan apa itu pentol? kalau belum yahu yuk simak penjelasan di bawah ini.

Sesuai dengan namanya pentol kanji terbuat dari tepung kanji atau tepung tapioka yang dicampur dengan bawang putih, bawang merah, seledri, gula, garam, dan bahan-bahan lainnya. Biasanya pentol kanji ini saat digigit memiliki tekstur yang kenyal.

Dari tekstur kenyalnya itu, saat memakan pentol kanji ini memiliki sensasi tersendiri. Tak hanya teksurnya, pentol kanji juga bisa diisi dengan berbagai macam isian, seperti telur, keju, cabai yang sudah dihaluskan, isian daging cincang atau tetelan, dan berbagai macam isian yang lainnya.

Selain itu, pentol kanji juga biasanya disajikan dengan beraneka ragam saus, seperti saus sambal, saus tomat, saus pedas manis, saus bumbu kacang, kecap, dan bisa juga disajikan dengan saus kesukaan sobat semua.

Pentol kanji ini cocok sekali untuk dijadikan peluang bisnis. Bahan-bahan yang mudah didapat, memperlukan modal sedikit, dan cara pembuatan yang mudah menjadi faktor mengapa pentol kanji ini cocok sekali untuk memulai usaha sobat semua.

Selain cocok untuk dijadikan usaha atau bisnis, pentol kanji ini juga cocok untuk disantap saat berkumpul bersama keluarga, teman saat bekerja, berkumpul bersama teman, takjil saat berbuka puasa, hidangan untuk menjamu tamu, dan cocok untuk acara yang lainnya.

Nah, biasanya pentol kanji ini juga sangat enak jika memiliki tekstur yang empuk. Untuk sobat semua, saya akan bagikan tips agar pentol kanji yang sobat semua empuknya tahan lama. Yuk kita simak!

Tips Pentol Kanji Empuknya Tahan Lama

1. Takaran Tepung Terigu dan Tepung Tapioka Harus Pas

Tambahkan tepung terigu pada adonan yang dibuat. Untuk 7 sdm tepung tapioka, kita bisa menambahkan 10 sdm tepung terigu. Kedua bahan tepung dicampur dan tambahkan bumbu-bumbu seperti lada, garam, dan kaldu bubuk. Bisa juga dengan menambahkan irisan daun bawang. Uleni dengan menambahkan air panas sedikit demi sedikit. Setelah adonan kalis, segera bentuk bulat-bulat. Didihkan air, lalu masukkan cilok, setelah mengambang, biarkan beberapa saat terlebih dahulu, baru diangkat.

2. Pentol kanji yang Sudah Direbus, Dikukus

Proses pembuatannya bisa dilakukan dua tahap untuk memastikan mendapat cilok yang awet empuknya. Sebenarnya pentol kanji yang lembut bisa dihasilkan dengan cara direbus saja. Namun, jika ingin hasilnya lebih empuk dan lembut, pentol kanji bisa dikukus sekitar 10 menit. Dengan cara ini, pentol kanji bisa tahan empuk lebih lama.

3. Tambahkan Telur

Kita bisa menambahkan telur untuk mendapatkan hasil pentol kanji yang lembut. Didihkan air dengan bumbu, lalu masukkan tepung terigu dan aduk cepat. Kemudian pindahkan ke dalam wadah, setelah tepung tidak terlalu panas, masukkan telur lalu uleni hingga kalis. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil terus diuleni. Lalu, bentuk bulat-bulat, didihkan air dan masak hingga pentol kanji mengambang.

Nah, mudah untuk dipraktekkan bukan tips-tips di atas. Sekarang waktunya sobat semua pergi ke dapur dan mencoba masak pentol kanji dengan melihat cara membuat pentol kanji empuk yang enak dan gampang di bawah ini.

Cara Membuat Pentol Kanji Empuk

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu
  • 250 gram tepung apioka
  • 500 ml air kaldu (bekas rebusan daging sapi)
  • 250 gram daging sapi (Blender)
  • Secukupnya daun bawang
  • 1 bungkus kaldu sapi / ayam
  • 1 sachet lada bubuk

Bumbu Halus:

  • 2 buah kemiri
  • 2 sendok garam
  • 2 buah bawang putih

Bumbu Kacang:

  • 250 gram kacang goreng
  • 2 sendok saus pedas
  • Garam secukupnya
  • Penyedap secukupnya
  • Daun jeruk
  • Secukupnya cabe rawit dan keriting
  • Secukupnya minyak goreng
  • Gula merah secukupnya (sesuai selera)

Cara Membuat Pentol Kanji Empuk:

  1. Rebus air kaldu sampai mendidih lalu masukan semua bumbu halus, penyedap, dan lada bubuk, setelah itu pindahkan ke wadah yang agak
  2. Masukkan tepung terigu ke dalam wadah lalu aduk hingga rata, tunggu sampai agak dingin ini yang bikin pentol kanji akan empuk. Jika membuat dalam jumlah porsi yang banyak, dapat menggunakan mesin pembuat bakso untuk mengaduknya.
  3. Setelah terigu agak dingin masukan tapioka sedikit demi sedikit kalau bisa disisakan sedikit untuk membentuk adonannya nanti, lalu masukan daun bawang beserta daging yang sudah diblender
  4. Didihkan air dalam panci hingga mendidih
  5. Bentuk adonan menjadi bulatan lalu masukkan ke dalam air mendidih dengan api kecil, setelah matang tiriskan lagi untuk dikukus supaya pentol kanji hangat terus

Cara Membuat Bumbu Kacang :

  1. Haluskan kacang goreng, cabai, bawang putih, dan garam menggunakan blender
  2. Setelah itu goreng dengan minyak, tambahkan gula merah dan saus, beri sedikit air dan daun jeruk. Aduk hingga matang merata.
  3. Sajikan pentol kanji dengan bumbu kacang selagi hangat.

Sekian artikel tentang cara membuat pentol kanji empuk, semoga dapat menambah wawasan sobat semua dan dapat dibagikan ke saudara atau teman-teman sobat semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan selamat mencoba.