Cara Membuat Kuah Bakso Tanpa Tulang Sapi yang Nikmat

Halo sobat semua, pada artikel kali ini saya akan membagikan salah satu pelengkap makanan khas Indonesia. Makanan itu adalah bakso. Namun bukan resep bakso sapi yang akan saya ulas, tetapi cata membuat kuah bakso tanpa tulang sapi yang nikmat.

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang disukai oleh banyak orang, baik masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Makanan ini biasanya disajikan dengan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti, kuah kaldu, mie telur, mie bihun, sayur-sayuran, dan taburan bawang goreng.

Tanpa bahan pelengkap tersebut, saat menyantap bakso pun terasa seperti ada yang kurang. Terutama kuahnya, kuah memberikan sensasi rasa yang gurih dan juga segar. Biasanya kuah terbuat dari kaldu tulang sapi atau kaldu daging sapi. Dan dari keduanya memiliki beberapa berbedaan. Mau tahu apa bedanya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Kaldu Tulang Sapi dn Kaldu Daging Sapi

1. Kaldu Tulang Sapi

Tulang-tulang sapi biasanya tidak laku dijual, tetapi tulang sapi ini bisa dijadikan kaldu tulang . Para pedagang bakso pun biasanya membeli tulang sapi untuk dijadikan kaldu yang enak, gurih, dan segar dalam kuah baksonya.

Bagian tulang punggung ini ah yang baik digunakan untuk membuat kuah bakso. Tulang kaki pun bisa digunakan, namun tulang kaki memiliki sumsum yang menghasilkan lemak yang banyak sehingga kuah yang dihasilkan akan banyak lemaknya.

2. Kaldu Daging Sapi

Kaldu daging juga tidak kalah dengan kaldu tulang dalam menghasilkan kuah yang enak, gurih, dan lezat. Bagian daging yang digunakan boleh bagian apa saja. Tidak ada bagian-bagian tertentu seperti tulang.

Jika menggunakan daging kuah bakso yang dihasilkan akan lebih ringan dan bening. Bagi sobat yang suka dengan kuah light atau tidak kental, kaldu daging sangat cocok untuk sobat semua. Tentu tergantung dari selera kita sendiri.

Nah, pada artikel kali ini akan membagikan cara membuat kuah bakso tanpa tulang sapi nih sobat, melainkan cara membuat kuahnya memakai daging sapi. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Kuah Bakso Tanpa Tulang Sapi

Bahan-bahan:

  • 1/4 Kg Daging Sapi
  • 8 Buah Siung Bawang Merah
  • 4 Buah Siung Bawang Putih
  • 1 sdm Bawang Goreng
  • 1 sdm Kaldu rasa sapi
  • 1 1/2 sdm Garam
  • 1 sdm Merica bubuk
  • Secukupnya Air
  • 1/2 Potong Tahu Putih
  • 12 Buah Bakso Sapi
  • 1 Sdm Minyak Sayur
  • 1 ikat sawi hijau (Pelengkap)
  • 2 lbr bihun (Pelengkap)

Cara Membuat Kuah Bakso Tanpa Tulang Sapi:

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan
  2. Cuci daging sapi hingga benar-benar bersih.
  3. Haluskan bumbu terlebih dahulu: Bawang Merah, Bawang Putih, Bawang goreng, setelah halus kemudian sisihkan.
  4. Siapkan wajan dan panaskan minyak sayur, tumis bumbu yang tadi dihaluskan, aduk hingga matang atau mengeluarkan aroma harum.
  5. Siapkan panci dan didihkan air secukupnya, masukkan daging sapi yang sudah dicucui bersih. Rebus hingga matang dan menghasilkan kuah, jangan lupa untuk buang minyak atau kotoran yang ada diatas permukaan.
  6. Setelah daging masak dan air menjadi kaldu, tuang bumbu yang telah ditumis tadi lalu aduk hingga tercampur rata, kemudian masukkan tahu yang sudah dipotong-potong dan bakso sapi.
  7. Kemudian masukkan garam, merica atau lada bubuk serta kaldu bubuk rasa sapi, koreksi rasa, dan tunggu hingga matang atau mendidih.
  8. Siapkan mangkok dan susun bahan pelengkap, seperti bihun dan sawi hijau di dalamnya
  9. Tuangkan bakso sapi, tahu, dan kuah ke dalam mangkok.
  10. Sajikan dan nikmati selagi kuah bakso hangat.

Note:

  1. Daging sapi rebus bisa dijadikan sebagai makanan olahan daging sapi lainnya, seperti rawon, soto daging, dan lainnya.
  2. Sobat semua juga bisa membuat bakso sendiri dengan mudah menggunakan mesin pembuat bakso yang lebih efisien dan efektif dalam proses pembuatan bakso

Sekian penjelasan tentang cara membuat kuah bakso tanpa tulang sapi, semoga dapat menambah wawasan sobat semua tentang kuliner ini dan dapat dibagikan ke saudara dan teman-teman sobat semua. Terimakasih dan selamat mencoba.