Yuk Cari Tau Cara Membuat Klapertart Dingin yang Enak!

Bagaimana cara membuat klapertart dingin? Apakah membuat klapertart itu sulit? Yuk cari tau cara membuat klapertart dingin berikut ini.

Apa itu Klapertart?

Klapertart merupakan salah satu kue khas Manado. Kue ini terinspirasi dari berbagai kue khas Belanda. Makanan ini mulai muncul di Indonesia sejak jaman kolonial. Orang Belanda menyebutnya dengan nama “klappertaart”, namun kebanyakan orang Indonesia lebih suka melafalkan dan menulisnya dengan sebutan “klapertart”.

 

Klapertart sudah ada sejak ratusan tahun lalu Di Manado. Jika Anda sedang berkunjung ke Manado, Anda harus mencoba kue yang satu ini.

 

Cara membuat klapertart terbilang mudah karena cara membuatnya sama dengan membuat kue pada umumnya. Komposisi bahan yang dibutuhkan pun mudah untuk didapatkan, yaitu tepung terigu, susu, air kelapa, dan margarin atau mentega.

 

Klapertart kebanyakan dimasak dengan cara dipanggang sehingga hasilnya mirip dengan kue tart pada umumnya. Tapi seiring perkembangannya, cara membuat klapertart saat ini juga banyak yang dibuat tanpa oven, yakni dengan cara dikukus sehingga teksturnya menjadi lebih lembut.

 

Sejarah Klapertart

Pada awalnya klapertart sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Hingga saat ini Klapertart masih menjadi idola dan akan terus melekat pada setiap lidah masyarakat Indonesia. Bahkan di beberapa tempat makan ternama sekarang ini juga banyak yang menawarkan menu makanan satu ini.

 

Dalam penyajiannya Klapertart akan jauh lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin. Oleh karena itu, biasanya kue ini dimasukan ke dalam kulkas terlebih dahulu sebelum disajikan. Klapertart memiliki banyak varian rasa. Klapertart saat ini sudah berkembang dengan berbagai varian rasa, dari rasa original rasa keju, durian, coklat, bluberi, dan lain sebagainya.

 

Saat ini klapertart juga terdapat dengan varian rendah kalori. Kalpertart yang rendah kalori ini sangat cocok untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet karena klapertart biasa memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

 

Anda dapat sangat mudah menemukan kue ini jika sedang berkunjung ke Manado. Tapi jangan khawatir bagi Anda yang tidak sempat kesana. Anda bisa mencoba resep cara membuat klapertart sendiri seperti yang akan kita bahas berikut di bawah ini.

Agar lebih jelas dan pahan dengan olahan klapertart dingin yang akan kami bagikan, silahkan lihat sajian dibawah ini.

Bahan – bahan

Berikut ini bahan – bahan yang dibutuhkan dalam cara membuat klapertart dingin :

  • 100 gr tepung terigu yang sudah diseduh dengan air kurang lebih 200 ml
  • Gula pasir 100 gr
  • Susu cair plain 1 liter
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Mentega atau butter 100 gr
  • Margarine 100 gr
  • Kuning telur 6 butir kocok lepas
  • Vanili extrc 1 sdt
  • Kelapa muda dari 3-4 kelapa, potong kecil-kecil (resep aslinya sih 5-6 kelapa)

 

Toping:

  • kismis
  • keju
  • kayu manis bubuk
  • buah-buahan
  • selai strowbery
  • dan lain-lain sesuai selera

 

Cara Membuat Klapertart dingin

  1. Siapkan panci (kompor belum nyala).
  2. Masukan tepung yang sudah dicairkan dengan air (disaring ya biar nggak grenjel).
  3. Massukin susu cair dan susu kental manis.
  4. Masukin kuning telur, masukin gula, mentega dan margarine.
  5. Aduk semua bahan.
  6. Nyalakan api kecil saja.
  7. Kalau sudah agak kental, masukin vanili, lalu kelapa yang sudah dipotong.
  8. Aduk terus sampai meletup-meletup.
  9. Matikan api, aduk terus sampai uap panas berkurang.
  10. Diamkan agak dingin, baru tuang ke cetakan, masukin kulkas, lalu kasih topping.

Demikian tadi cara membuat klapertart dingin yang enak dan lezat. Untuk hiasannya atau topingnya, anda bisa menggunakan keju parut, kismis dan lain sebagainya, bisa juga anda tambahkan selai, selamat mencoba.

 

Baca Juga : Yuk Coba Cara Membuat Wingko Babat Empuk dan Manis ini!