Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa

Pot merupakan suatu wadah yang biasa digunakan untuk menanam tanaman. Banyak sekali jenis pot termasuk dari sabut kelapa. Cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa pun terbilang mudah untuk dilakukan.

Kulit kelapa alias sabut kelapa memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Setelah bahan bakunya diolah menjadi serat (cocofiber). Serat rekomendasi yang dicari pasar adalah bahan baku untuk jok mobil, furniture, pot, geotekstil, dan kasur.

Pasar ekspor dan domestik menyerap produk dalam jumlah besar. Selain itu bagi anda yang hobi bercocok tanam, sampah yang bisa disebut sampah tidak berguna terkadang akan menjadi sesuatu yang berguna dan berguna untuk bisa disempurnakan lagi.

 

Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa

Salah satu kreasi menarik yang patut diacungi jempol adalah kreasi pot unik dari kelapa kering. Pot dari kelapa kering dapat digunakan untuk menanam tanaman yang merambat ke bawah, karena pot yang unik akan digunakan dengan cara digantung di halaman depan rumah atau di taman sekitar rumah.

Tentunya membuat wajan dengan kelapa kering tidaklah sulit, hanya membutuhkan sedikit keahlian. Selain kreasi pot kelapa kering yang akan Anda coba, Anda juga bisa menginovasinya menjadi bentuk-bentuk menarik lainnya.

Alat yang Dibutuhkan :

  • Gergaji
  • Kerokan kelapa
  • Bor

Bahan Pembuatan Pot Unik

  • Kelapa kering
  • Tali atau kawat
  • Vernish
  • Sabut Kelapa Secukupnya

Cara Membuat Pot dengan Kelapa Kering

Setelah alat dan bahan di atas siap, maka dalam proses pembuatan kreasi pot berikut langkah-langkahnya:

  1. Belah kelapa kering menggunakan gergaji dengan ukuran sekitar empat perlima. (Bagian buah kelapa ini dibuat seperti saat kita mengupas kelapa muda yang akan disajikan dan disajikan dengan ujung bercabang).
  2. Buang air dan buang buah kelapa dengan menggunakan kerokan kelapa, sisakan cangkang dan kulitnya seperti mangkuk.
  3. Haluskan kulit buah agar menjadi halus dan cantik.
  4. Kemudian pernis seluruh bagian terluar kulit kelapa agar terlihat mengkilat dan bersih.
  5. Kemudian bor bagian bawah buah kelapa tiga atau empat titik untuk mengeluarkan udara agar akar tanaman tidak membusuk akibat genangan air di dalam pot.
  6. Ikat buah kelapa dengan kawat atau tali yang dapat menahan berat buah kelapa yang berisi tanaman.
  7. Kreasi pot unik dari kelapa kering siap digantung di pekarangan rumah.

 

Manfaat Cocopot Sebagai Pot Tanaman

COCOPOT adalah tempat menanam tanaman yang terbuat dari sabut kelapa digabungkan dengan pot tanaman lain yang terbuat dari plastik, semen, tanah liat dan lain sebagainya. Keunggulan COCOPOT meliputi:

  1. Sumber bahan organik untuk media tanam
  2. Lebih mampu menjaga suhu dan tanah
  3. Menghemat air yang digunakan untuk tanaman.
  4. Hemat Tenaga Kerja
  5. Ramah lingkungan, 100% dapat didaur ulang dan menyederhanakan proses tanam.
  6. Lebih murah, ekonomis dan efisien.

Penggunaan COCOPOT sebagai media tanam sangat baik walaupun pada lahan yang sempit dan kritis. Sifat cocopot mudah terurai sehingga dapat menjaga kesuburan tanah, menambah unsur hara.

Bentuknya yang spesifik menjadikan COCOPOT sebagai alternatif penyelamatan bumi dari kontaminasi bahan limbah berbahaya dan dampak perubahan iklim.

 

Fungsi Sabut Kelapa Sebagai Pot Tanaman

  • Sabut kelapa ternyata mengandung unsur kalium. Unsur kalium ini dapat menjadi alternatif sumber kalium organik yang digunakan sebagai pupuk Kcl.
  • Sabut kelapa dalam media tanam juga berfungsi mengikat dan menyimpan air dengan kuat, sebagai drainase dan aerase yang baik, sangat cocok untuk daerah yang panas dan mengandung unsur hara esensial.
  • Dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik untuk tanaman, untuk pupuk organik padat dan untuk pupuk organik cair.
  • Sabut kelapa bisa menjadi kotak untuk media tanam anggrek, sabut kelapa ini disebut chococip.
  • Fungsi chococip ini dapat menahan unsur kimiawi dan kandungan air dalam pupuk serta menetralkan asam.
  • Sabut kelapa dapat diolah kembali dan dibuat menjadi cocopeat atau serbuk kelapa yang masih digunakan sebagai media tanam. Cocopeat sangat cocok untuk budidaya jamur tiram.

 

Selain pot, ada juga cocomesh jaring sabut kelapa yang merupakan produk dari sabut kelapa.