Mampir Yuk, Intip Cara Membuat Cupcake Panggang yang Lezat!

Bagaimana cara membuat cupcake panggang yang lezat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat dalam membuat kue kecil ini loh. Komposisi bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapatkan di sekitar lingkungan tempat tinggal anda.

Kue ini memiliki bentuk tampilan yang cantik dan rasanya begitu nikmat. Kue yang bentuknya mungil ini bentuknya mirip seperti miniatur dari cake besar yang ditempatkan dalam cup – cup dari kertas beraneka warna.

Hal inilah yang menyebabkan kue mungil ini digemari oleh semua kalangan karena bentuknya yang cantik nan menarik.

Cupcake adalah . . . .

Cupcake merupakan salah satu jenis kue dengan rasa manis yang berukuran kecil dan dilapisi dengan kertas berbentuk seperti mangkok. Makanan jenis kue ini memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis.

Roti mini ini memiliki variasi bentuk dan rasa. Selain itu cupcake juga memiliki toping yang beraneka ragam. Toping merupakan hiasan yang ada di atas cupcake untuk mempermanis tampilan kue ini.

Biasanya hiasan diatas kue mini tersebut terbuat dari berbagai macam bahan, misalnya coklat, kacang – kacangan, buah – buahan dan masih banyak lagi. Itu semua tergantung kreasi kan kreatifitas dari cara membuat cupcake untuk dapat menarik minat orang untuk memakannya.

Dalam acara – acara pesta biasanya cupcake sering digunakan sebagai hidangan untuk para tamu. Ada juga yang biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup.

Bukan itu saja, cupcake juga banyak dijadikan pilihan untuk hantaran natal, idul fitri, tahun baru, perayaan kelahiran bayi, goodie bag, bayi satu bulan, ulang tahun, bahkan untuk pesta pernikahan.

Makanan ini tersedia dengan bermacam-macam tampilan dan rasa. Bentuk dan tampilan cupcake bisa disesuaikan dengan momen yang ada, seperti hiasannya dibentuk menyerupai badut untuk ulang tahun, bentuk ketupat dan bahkan masjid untuk lebaran, atau bunga romantis untuk sang pujaan hati.

 

Baca Juga : Bikin Ngiler..!! Resep Roti Sobek Isi Pisang Yang Bikin Happy

 

Bahan-bahan

Bahan A:

  • 2 butir telur suhu ruang
  • 160 gram gula halus (me 140gram gak suka manis)
  • ½ sdt SP
  • 1 sdt vanilla essence

Bahan B:

  • 100 gram terigu protein rendah
  • 50 gram coklat bubuk
  • 2 sdm susu bubuk

Bahan C:

  • 150 gram DCC
  • 100 gram margarin unsalted
  • Hiasan : chocochips rainbow

 

Langkah – langkah

Berikut ini cara membuat cupcake panggang :

  1. Pertama – tama Lelehkan bahan C yaitu 150 gram DCC, 100 gram margarin unsalted dan chocochips rainbow
  2. Sambil menunggu bahan C leleh. Siapkan mixer dan gunakan untuk menghaluskan bahan A yaitu 2 butir telur, 160 gram gula halus (me 140gram gak suka manis), 1/2 sendok teh SP dan 1 sendok teh vanilla essence. Mixer semua bahan hingga mengembang berjejak.
  3. Jika sudah mengembang turunkan kecepatan ke level rendah dan masukkan 100 gram terigu protein rendah, 50 gram coklat bubuk, 2 sdm susu bubuk yang telah diayak sedikit demi sedikit.
  4. Setelah itu matikan mixer dan masukkan bahan C yang telah dilelehkan tadi . Aduklah pakai spatula (pakailah teknik aduk balik).
  5. Selanjutnya jika sudah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga dan cetaklah didalam cetakan cupcake.
  6. Langkah selanjutnya Oven kurang lebih selama 40 menit dengan suhu 180°C
  7. Setelah 15 menit pemanggangan keluarkanlah adonan dari oven dan beri chocochips diatasnya lalu masukkan ke dalam oven kembali. Untuk melihat kematangannya coba tusuk adonan menggunakan tusuk lidi untuk melihat kematangannya.
  8. Jika adonan telah matang dinginkan terlebih dahulu. Setelah cupcake mulai dingin Anda bisa mulai untuk memberi topping coklat ganache biar lebih nyoklat.

Demikian resep cara membuah cupcake panggang yang dapat Anda praktikan di rumah dengan bahan – bahan yang mudah didapat. Selamat Mencoba!