Cara Memasak Nasi Dengan Rice Cooker

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara memasak nasi dengan rice cooker. Cara pembuatannya sangatlah mudah dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Yukk simak artikel berikut ini!

Manfaaat Nasi

1. Mengendalikan Diabetes

Nasi merah dapat membantu penderita diabetes mengontrol gula darahnya. Memiliki indeks glikemik 64, nasi putih dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes.

Sebaliknya, nasi merah memiliki indeks glikemik 55. Dengan begitu, konsumsi nasi merah lebih cocok dalam proses pengendalian diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji-bijian utuh seperti beras merah mengandung lebih banyak serat daripada makanan olahan. Serat dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Karena serat membuat kamu merasa kenyang sehingga lebih mudah membuat kamu menjaga berat badan. Selain itu, beras merah mengandung beberapa vitamin dan mineral yang membantu darah mengangkut oksigen dan menjalankan fungsi vital lainnya.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Beras merah mengandung tiga jenis fenolat yang berbeda, yaitu antioksidan yang terkandung secara alami pada tumbuhan. Antioksidan dapat mengurangi risiko kanker dengan menjaga radikal bebas tidak merusak sel.

Jumlah fenolat di nasi putih jauh lebih sedikit daripada nasi merah. Hal ini disebabkan karena hilangnya fenolat selama proses pengolahan padi dan beras.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat tidak larut yang dimiliki nasi merah memberikan efek bagus pada gerakan usus yang teratur. Selain Nasi dari Pangan Lokal Saat gerakan usus baik, maka terjadi pengurangan risiko wasir dan meningkatkan kesehatan usus.

5. Memberikan Energi Dalam Waktu Singkat

Nasi putih adalah sumber energi terbaik karena kandungan tinggi karbohidrat dan rendah serat. Bagi kamu yang membutuhkan energi dalam jumlah besar setiap harinya, maka nasi putih adalah pilihan terbaiknya.

Cara Memasak Nasi Dengan Rice Cooker

1. Ambil Beras dengan Cangkir Takar

Ada berbagai macam varian/ukuran cangkir takar atau gelas takar. Berikut beberapa di antaranya:

  • 200 ml, membutuhkan 5 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 250 ml, membutuhkan 4 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 335 ml, membutuhkan 3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.
  • 600 ml, membutuhkan 1 dan 2/3 gelas untuk menghasilkan 1 liter beras.

2. Cuci Beras Pada Wadah Terpisah

Tentu sebelum menanak, cucilah beras 2-3 kali. Jika rice cooker yang moms miliki telah menggunakan panci teflon (anti lengket), sebaiknya mencuci beras tersebut pada wadah yang lain, agar supaya lapisan tersebut tidak tergores, sehingga panci bisa awet dipakai dalam waktu lama.

3. Tuang Beras ke Dalam Panci Rice Cooker

Tuangkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam panci rice cooker. Setiap rice cooker mempunyai petunjuk takaran pada pancinya. Perhatikan hal tersebut terlebih dahulu.

4. Isilah Air Sesuai Takaran

Petunjuk takaran pada panci berguna dalam melihat seberapa banyak air yang dibutuhkan untuk memasak beras yang dimasukkan ke dalam panci.

Dalam hal ini, secara umum, volume air berada sedikit di atas beras. Kira-kira 1-2 cm ketinggiannya. Namun begitu, ukuran ini mesti disesuaikan pula dengan jenis beras yang moms masak, apakah beras pulen dan ataukah beras pera.

Sekadar info, cara memasak nasi putih yang tepat, yaitu jika memasak jenis beras pulen, maka tidak membutuhkan banyak air, nasi akan lembut dan empuk.

Sebaliknya, apabila menanak nasi pera, maka kamu perlu menambahkan lebih banyak air, agar nasi menjadi tidak terlalu keras atau kering.

5. Tutuplah Penutup Rice Cooker

Jika volume dan takaran air sudah sesuai, tutuplah penutup rice cooker dan atau magic com. Maka, proses menanak nasi di rice cooker dimulai.

Ingat, sebelum masuk tahap ini, pastikan posisi stop kontak sudah terpasang sebagaimana mestinya.

6. Proses Masak Dimulai

Pada beberapa merk rice cooker, tersedia tombol (tuas) on dan off saja. Ini rice cooker model lama. Sedangkan pada rice cooker dengan teknologi terbaru, moms tinggal menekan tombol digital cook, dan memilih mode nasi putih (white rice).

7. Aduk Nasi Setelah Matang

Agar nasi putih yang telah matang tidak menggumpal dan tidak menjadi lembek (overcooking), sebaiknya mengaduk nasinya.

8. Nasi Lezat Siap Dihidangkan

Nasi putih lezat sudah siap dihidangkan!

Baca Juga : Cara Membuat Pizza dr Roti Tawar

Kandungan Gizi Nasi Putih

Nasi putih merupakan sumber utama karbohidrat, makanan pokok berbagai negara, khususnya Indonesia. Satu porsi nasi putih seukuran mangkuk (180 gram) mengandung setidaknya 50 gram karbohidrat.

Meski kadarnya tinggi, karbohidrat nasi putih sebagian besar terdiri dari gula dan pati, bukan serat. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bagi penderita diabetes yang mengatur porsi nasi putih yang dikonsumsi.

Selain karbohidrat, nutrisi lain dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.

Fungsi Penting Nasi Putih Bagi Tubuh

Fungsi nasi dalam cara memasak nasi di rice cooker Karbohidrat nasi putih berperan penting dalam menyuplai energi ke tubuh. Saat Anda makan nasi putih, karbohidrat di dalamnya dipecah menjadi glukosa, yang diserap dan masuk ke aliran darah.

Glukosa ini beredar ke seluruh tubuh, terutama sebagai bahan bakar untuk otak. Manfaat nasi putih tidak hanya berasal dari sumber energinya, tetapi juga dari komponen nutrisi lainnya.

Vitamin B1 (tiamin) yang membantu metabolisme karbohidrat.
Magnesium merupakan komponen penting dalam membentuk struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.
Membantu mangan, otak, sistem saraf, dan enzim dalam tubuh.

Nasi putih memang kaya akan nutrisi, namun asupan nasi putih yang berlebihan juga tidak sehat. Salah satu risiko overdosis nasi putih adalah perkembangan sindrom metabolik, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Beberapa ahli gizi lebih memilih beras merah, yang memiliki lebih banyak serat, vitamin, dan mineral daripada nasi putih. Namun, beras merah itu pulen dan kusam, sehingga kebanyakan orang memilih nasi putih.

Jenis Nasi

1. Nasi putih

Nasi putih memiliki lapisan kulit yang telah dihilangkan sebelumnya, jadi nasi ini berwarna putih. Proses penggilingan membuat nasi putih kurang bergizi dibandingkan dengan beras merah atau hitam.

Bentuk butir yang berbeda juga mempengaruhi tingkat indeks glikemik yang terkandung. Beras berbutir panjang, seperti beras basmati dan doongara, memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras berbutir sedang atau pendek.

Namun dibandingkan dengan jenis beras lainnya, beras putih memiliki kandungan serat yang lebih sedikit dibandingkan jenis beras lainnya seperti beras merah dan beras hitam.

Hal ini karena lapisan luar dan lapisan tengah beras yang tinggi serat telah hilang melalui proses penggilingan, sedangkan beras merah dan beras hitam tidak.

2. Nasi merah

Ini juga mengalami proses penggilingan, tetapi tidak seperti beras putih, beras merah hanya menghilangkan lapisan luar dan bukan lapisan tengah.

Ini memiliki konsistensi lebih kencang daripada nasi putih saat dimasak. Selain itu, beras merah mengandung kadar magnesium dan serat yang cukup tinggi yaitu 3,2 gram per 100 gram.

Total protein per 100 gram beras merah kini menjadi 7,2 gram, lebih tinggi dari 100 gram beras putih yang hanya mengandung sekitar 6,3 gram.

Ini memiliki indeks glikemik sedang, jadi makan nasi merah akan membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Nasi merah

Mirip dengan beras merah, beras merah juga memiliki tekstur yang lebih keras dan kasar. Beras merah bermanfaat untuk menjaga keseimbangan produksi sel darah merah dan hormon serotonin (hormon pengatur nafsu makan) karena mengandung zat besi dan vitamin B6.

Warna merah pada beras ini didapat dari lapisan luarnya yang mengandung antosianin yang membuatnya berwarna merah.

4. Nasi hitam

Beras cukup langka di pasaran dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi, hal ini dikarenakan kandungan gizinya yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

Memiliki tekstur yang keras dan kenyal, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk melunak.

Beras hitam mengandung kadar vitamin E yang cukup tinggi sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh, menangkis radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel di hati.

Jadi, beras ini mengandung 20,1 gram serat, 7 gram protein, dan 1,8 gram zat besi dalam 100 gram beras hitam.

Sekian artikel cara memasak nasi dengan rice cooker,semoga bermanfaat bagi kita semua.