Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih Lezatnya Nagih !!!

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih yah kali ini topiknya membuat singkong renyah dan gurih sebelum masuk ke pembahasannya tahukah kalian apa itu kripik singkong?

Kripik Singkong adalah jajanan, cemilan atau pun makanan yang diolah berbahan dasar singkong yang di iris tipis – tipis sehingga menimbulkan tekstur yang renyah dan makanan ini di olah dengan cara di goreng.

Cara Bikin Kripik Singkong Renyah dan Gurih

Karena bahan bakunya sangat murah dan mudah didapat, keripik singkong cukup digemari oleh masyarakat Indonesia semua usia. Untuk keripik singkong yang benar-benar lezat dengan tingkat kerenyahan yang sempurna hanya bisa didapatkan dari singkong yang masih segar atau baru diambil dari pohonnya.

Membuat kripik singkong itu sangat mudah tetapi butuh ketrampilan mengiris yang tipis agar kripik yang dihasilkan bertexture renyah, misal kripik ames kan rasanya tidak enak seperti makan roti jadinya atau justru tebal.

Nah disini saya akan mengungkapkan tips – tips dan trick – trick bagaimana mengolah singkong yang baik dan benar, sehingga hasil yang didapatkan akan renyah dan juga bisa membuat rasa yang gurih.

Bahan – Bahan untuk Membuat Keripik Singkong Renyah dan Gurih:

  • 1 kg singkong segar (kupas hingga bersih)
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 250 ml udara
  • Jumlah minyak yang tepat.

Bumbu Singkong Renyah dan Gurih:

  • 4 siung bawang putih
  • 8 butir bawang merah
  • 3 sendok makan garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir

Haluskan semua bahan (dalam blender) dan sisihkan.

Cara Bikin Keripik Singkong Renyah dan Gurih:

  1. Singkong segar, kupas dan bersihkan, lalu potong tipis-tipis. Untuk mendapatkan hasil yang bagus dan ketebalan yang sama, yang terbaik adalah menggunakan alat potong khusus. Selanjutnya, kumpulkan kapur sirih pada air yang sudah disiapkan, kemudian rendam irisan singkong ke dalam air kapur sirih tersebut.
  2. Kebudayaan yang sudah dihaluskan ke dalam rendaman irisan singkong sambil diaduk bit hingga rata, kemudian biarkan selama satu jam hingga benar-benar meresap.
  3. Setelah itu angkat singkong lalu saring hingga benar-benar kering. Biarkan mengering sendiri tanpa bantuan sinar matahari.
    Panaskan minyak goreng yang sudah disiapkan dengan api sedang, lalu goreng irisan singkong sambil diaduk rata.
  4. Setelah matang atau agak berwarna coklat kekuningan, keripik yang dibuang kemudian dikeringkan untuk menghilangkan kandungan minyak di dalamnya. Masukkan keripik singkong ke dalam wadah, jaga agar kerenyahannya.

jika kalian berminat bagaimana cara mengolah singkong menjadi aneka olahan singkong modern anda bisa dijamin kekinian.

Kandungan Nutrisi Singkong Setiap 100 Gram

  • Kalori: 112
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Serat: 1 gram
  • Tiamin: 20% RDI
  • Fosfor: 5% RDI
  • Kalsium: 2% RDI
  • Riboflavin: 2% RDI

Ini Dia Beberapa Manfaat dari Singkong

Yang kalian tahu, memiliki rasa yang enak saja kan tanpa kalian diketahui ternyata manfaat dari singkong sangatlah banyak ini beberapa manfaat dari singkong.

1. Sumber Karbohidrat Tinggi

Seperti kita ketahui, singkong kaya akan kalori dan karbohidrat. Makanya, singkong bisa jadi pilihan makanan pokok nasi. Kalori pada singkong lebih tinggi dibandingkan pada umbi-umbian lainnya. Ubi jalar hanya memiliki 76 kalori, sedangkan bit hanya memiliki 44 kalori.

Namun jika Anda memilih ubi kayu sebagai sumber karbohidrat utama, jangan lupa untuk diimbangi dengan protein. Sebab jika tidak, kalori yang tinggi tersebut bisa jadi tambahan berat badan.

2. Membantu Diet Menurunkan Berat Badan

Kalori yang tinggi pada singkong bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, nafsu makan untuk mengemil dan makan berlebihan bisa berkurang.

Jadi jika ingin memulai diet, Anda bisa memulainya dengan mengubah nasi menjadi sehat. Anda bisa menyantap singkong dengan berbagai modifikasi, mulai dari direbus hingga diolah menjadi kue.

3. Membantu Menyembuhkan Diare

Air rebusan dengan garam ditambah fakta ternyata bisa membantu mengatasi dehidrasi yang sesuai diare.Namun, cara ini hanya bisa berhasil jika dehidrasi masih ringan hingga sedang. Jika dehidrasi sudah pada tingkat yang akut, maka perlu penanganan lebih lanjut dari tenaga medis.

Cara pengolahannya sederhana, kupas dan bersihkan singkong hingga bersih dan masak hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari saat sudah dingin.

Sekian artikel dari saya jika anda ingin lebih mengenal lagi tentang keripik singkong balado kalian bisa membaca artikel berikut, Terimakasih …