Yang Harus Anda Tahu Tentang Manfaat Air Kelapa Muda

khasiat air kelapa muda – Di antara berbagai jenis tersebut beberapa jenis tumbuhan memiliki khasiat sebagai obat salah satunya air kelapa. Tidak salah kalau ada segudang manfat air kelapa muda bagi kesehatan karena kandungan zat gizi di dalamnya sangat baik bagi tubuh. Kandungan air kelapa dalam sebuah batok kelapa terdapat zat karbohidrat yang sangat mudah untuk dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Selain itu, air kelapa juga banyak mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dalam air kelapa, yaitu vitamin B kompleks, seperti riboflavin, niasin, tiamin, piridoksin, dan folat, serta vitamin C tetapi kandungan vitamin C dalam air kelapa hanya sedikit, sekitar 2,4 mg.

Air mineral mempunyai rasa tawar sedangkan minuman isotonik mempunyai rasa yang segar dan terkandung lebih banyak mineral yang dibutuhkan tubuh yang sebelumnya banyak hilang melalui keringat.

Di masyarakat air kelapa muda dikenal sebagai salah satu tanaman yang digunakan untuk membuat ramuan tradisional yang berkhasiat sebagai obat berbagai macam penyakit, salah satunya adalah menetralkan racun dalam tubuh.

Yang Harus Anda Tahu Tentang Manfaat Air Kelapa Muda
Khasiat air kelapa muda

Air kelapa selain sebagai minuman segar juga mengandung bermacam – macam mineral, vitamin dan gula serta asam amino esensial sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan bergizi tinggi dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan Kalium yang membantu tubuh untuk menyeimbangkan fungsi natrium dalam ketidakseimbangan tekanan darah normal.

Tindakan yang harus cepat dilakukan ketika tubuh terjadi dehidrasi yaitu melakukan rehidrasi. Rehidrasi pada pemain umumnya mengkonsumsi cairan berupa air mineral dan minuman isotonis. Selain itu air kelapa juga mengandung zat pengatur tumbuh (ZPT) yaitu sitokinin.

Air kelapa muda merupakan air yang biasa ditemukan pada buah kelapa yang masih muda dan memiliki rasa yang manis Mineral yang terdapat dalam air kelapa antara lain kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium dan magnesium.

Untuk pembuatan minuman es kelapa muda, pemilihan air kelapa muda lebih  diprioritas kan   daripada air kelapa yang sudah tua karena kandungan air kelapa yang sudah tua sudah berkurang kadar gula dan memiliki rasa yang hambar.

kalium dan magnesium yang tinggi pada air kelapa muda menguntungkan bagi kesehatan. Sekitar 98% jumlah kalium dalam tubuh yang berada di dalam cairan intrasel, berpengaruh terhadap aktifitas otot hal ini makin mamperkecil kemungkinan terjadinya penyakit jantung dan hipertensi. Manfaat lain dari kalium pada kelapa untuk menjaga dinding pembuluh darah tetap elastis, mengurangi penyempitan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Air kelapa muda boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui , bahkan dianjurkan karena khasiatnya yang sangat bagus karena diantaranya dapat untuk : meningkatkan produksi asi dan mengganti cairan tubuh alami

Bahkan bagi bayi pun bisa mengaplikasikan air kelapa untuk mengatasi diare dan dalam keadaan gawat darurat dapat digunakan sebagai larutan intravena garam. Air kelapa muda dapat dikonsumsi langsung tanpa proses pengolahan karena   komposisi kimia dan sifat fisik daging dan air kelapa.

Mutu buah kelapa muda dapat dipertahankan dengan upaya sebagai berikut:

  • sebagian sabutnya dikupas menggunakan pisau lalu dibentuk sesuai keinginan kemudian direndam dalam larutan antioksidan (sodium metabisulfit) dan anti jamur (thiobendazole), dikering-anginkan lalu dibungkus plastik dan disimpan pada suhu 10oC, buah kelapa muda dapat disimpan selama 4 minggu.
  • Kandungan gula maksima bagi tubuhl, yaitu 3 gram per 100 ml air kelapa yang akan terpenuhi pada bulan keenam umur buah, kemudian menurun dengan semakin tuanya kelapa. Jenis gula yang terkandung glukosa, fruktosa, sukrosa, dan subitol. Gula-gula ini yang menyebabkan air kelapa muda terasa lebih manis di banding air kelapa tua
  • Air kelapa merupakan salah satu produk tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan tanaman. Air kelapa adalah salah satu diantara beberapa persenyawaan kompleks alamiah yang digunakan dalam kultur jaringan. Selama ini air kelapa banyak digunakan dilaboratorium sebagai nutrisi tambahan di dalam media kultur jaringan.
  • Air kelapa mengandung mineral yang baik untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan tanaman saat disiramkan karena mengandung hormon sitokinin, fosfor dan kinetin yang berfungsi mempergiat pembelahan sel dan mempunyai pengaruh terhadap perkecambahan dan pertumbuhan diantaranya pertumbuhan tunas dan akar.

Manfaat air kelapa muda :

  1. Dalam air kelapa mengandung enzim bioaktif alami, seperti asam fotalase, katalase yang digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, diare cacingan
  2. Air kelapa memiliki khasiat penetral racun dan efek penyegar
  3. Memperlambat penuaan karena adanya kandungan Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat
  4. Air kelapa dapat digunakan untuk membantu penyakit dehidrasi yang disebabkan oleh disentri, kolera, diare dan flu perut. Keseimbangan elektrolit dan plasma di air kelapa dalam beberapa penelitian digambarkan hampir sama dengan darah.
  5. Kandung kemih menjadi lebih bersih karena lancarnya pembuangan urin
  6. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik)
  7. Air kelapa, bila dikonsumsi secara teratur memiliki kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil dan juga membantu untuk mengontrol diabetes
  8. Membantu membuang racun di dalam tubuh melalui urin dan mencegah saluran kemih terkena infeksi
  9. Senyawa tanin dalam air kelapa telah diketahui mempunyai khasiat untuk mengobati disentri, infeksi mikroba,diare
Yang Harus Anda Tahu Tentang Manfaat Air Kelapa Muda
Khasiat air kelapa muda

Selain buat diminum air kelapa muda dapat digunakan langsung diantaranya untuk :

  • Untuk mengatasi rambut rontok hanya dengan menambahkan gel lidah buaya lalau campurkan, kemudian usapkan pada rambut dan pijat-pijat lalu bilas dengan air
  • Bila mengalami masalah pada kulit misalnya jerawatan dapat ditasi dengan menggunakan air kelapa, caranya merendam bola kapas di air kelapa, lalu tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah.
  • Pada usia lansia rambut yang beruban dapat ditanggulangi dengan air kelapa muda ini, caranya yakni dengan menggunakan air kelapa hijau dengan garam halus. Cara yang dilakukan sama seperti menghilangkan ketombe. Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu perawatan.
  • Infeksi pada kulit seperti munculnya iritasi yang disebabkan oleh bakteri dapat dicegah dan diobati dengan air kelapa muda karena sifat anti bakteri dan anti parasit didalamnya. Tinggal oleskan air kelapa pada area yang terinfeksi untuk mengurangi gejala dan mengobati infeksinya.
  • Air kelapa muda ini dapat membantu mengurangi pigmentasi secara alami, selain itu karena dari bahan alami akan tersebut terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Caranya dengan basuh-basuh wajah dengan air kelapa muda secara langsung
  • Masalah kebotakan juga dapat diatasi oleh air kelapa muda ini, anda dapat melakukannya yakni gunakan air kelapa setiap kali keramas. Diamkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan air.
  • Kalau anda mengalami masalah pada rambut yaitu kerontokan caranya mudah, siapkan 1 buah kelapa tua, ambil airnya saja. Dalam keadaan rambut kering, siramkan air kelapa hingga mengenai kulit kepala. Pijat-pijat kulit kepala dengan lembut selama 15 menit agar air kelapa meresap dengan sempurna. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk dan diamkan 15 menit sebelum dibilas dengan air.Air kelapa muda bermanfaat untuk menguatkan akar rambut
  • Buah kelapa yang setengah muda yang cocok untuk dimakan bisa dan bisa buat campuran es, manfaat kelapa muda dibagian air kelapa yang bisa menetrakan suhu tubuh. Air kelapa muda umumnya dimanfaatkan sebagai minuman penyegar, baik melalui proses pengawetan maupun tanpa pengawetan.

Sebaiknya air kelapa yang dipakai adalah berasal dari kelapa yang telah tua karena hormon-hormon yang terkandung di dalamnya telah terbentuk sempurna.

Baca juga : Menu sajian berbahan dasar kelapa untuk Ta’jilan