Jenis Usaha Sampingan Di Pedesaan

Usaha Sampingan di Pedesaan – Semakin berkembangnya wilayah pedesaan saat ini semakin membuat masyarakatnya memilih berbagai macam cara untuk mencari uang.

Salah satunya dengan usaha sampingan sembari menjalankan usaha atau pekerjaannya yang lain. Usaha sampingan berarti usaha tambahan yang dikerjakan seseorang untuk mendapatkan penghasilan.

Walaupun hanya di desa beberapa bisnis sampingan bisa menjadi usaha yang sukses bahka bisa menjadi bisnis yang menggiurkan.

Sebagai referensimu untuk memulai usaha sampingan di desa kami akan memberikan beberapa contoh bisnis sampingan di pedesaan.

usaha sampingan di pedesaan

Contoh Usaha Sampingan di Pedesaaan

Bagi kamu yang baru mau mulai bisnis sampingan di desa mungkin masih kebingungan untuk menentukan bisnis apa yang cocok. Berikut ini ada beberapa contoh usaha sampingan di pedesaan yang bisa kamu coba di desamu.

 

1. Usaha Ternak Ayam / Bebek

Sudah pasti masyarakat pedesaan sudah tidak asing lagi dengan kegiatan yang satu ini. Beternak ayam juga bisa menjadi usaha sampingan yang mudah dijalankan sendiri.

Tidak perlu banyak tempat juga modal yang diperlukan cukup murah, apalagi pembuatan kandang juga bisa dibuat sendiri. Kita bisa memanfaatkan telur dan dagingnya untuk dijual dirumah saja maupun secara onllie, karena bisnis ini termasuk Usaha Rumahan di Desa Yang Menguntungkan.

Banyak juga pilihan jenis ayam yang bisa dibudidayakan mulai ayam kampung, ayam petelur, hingga ayam yang harganya mahal yaitu cemani.

2. Usaha Ternak Lele

Usaha satu ini juga cocok dijadikan sebagai usaha sampingan. Bahkan kamu yang mungkin kekurangan lahan bisa menjalakannya dengan metode kolam terpal.

Ikan lele merupakan ikan yang banyak digemari di Indonesia, jadi untuk pemasarannya jangan khawatir. Kamu bisa menjualnya sendiri atau menyetor ke beberapa restoran/warung makan terdekat.

3. Usaha Berjualan Pakan Ternak

Usaha sampingan satu ini cukup menguntungkan bagaimana tidak, banyaknya masyarakat yang beternak membuat bisnis mudah mendatangkan rupiah.

Sediakan berbagai macam pakan ternak seperti pelet ikan,konsentrat ayam/sapi, aneka pakan burung, dan lain lain. Untuk menambah keuntungan bisa juga sediakan aksesoris ternak seperti kandang ayam, kandang burung serta keperluan untuk berternak lainnya.

4. Usaha Sayur Hidroponik

Berkebun dengan metode hidroponik sangat cocok sekali untuk usaha sampingan karena kita bisa memanfaatkan sedikit lahan kosong di sekitar rumah.

Selain itu metode berkebun ini juga mudah dan tidak ribet jadi semua bisa melakukannya terutama ibu rumah tangga yang mempunyai banyak  waktu luang.

Coba juga Usaha Jahe Instan ini yang juga sangat cocok untuk bisnis sampingan di pedesaan.

5. Usaha Laundry

Banyak yang mengangap bahwa bisnis jasa laundrry akan lebih sukses di tempat ramai seperti kota. Namun sekarang di desa pun tak kalah menguntungkannya jika membuka usaha laundry

Masyarakat desa pun kini banyak yang memiliki berbagai kegiatan sehingga kehilangan waktu untuk sekedar mencuci baju. Nah laundry menjadi solusi yang cukup bijak bagi masyarakat desa di tengah permasalahan ini.

Selain itu bisnis ini bisa dijalankan sebagai sampingan karena cukup mudah dikerjaan sendiri maupun anggota keluarga lain. Yang lebihnya lagi membuka laundry juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Itu tadi beberapa contoh usaha sampingan di pedesaan yang bisa kamu terapkan di desamu, semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat Berbisnis!