Usaha Pupuk Organik Cair Dan Raup Hasil Ratusan Juta

Usaha Pupuk Organik Cair Dan Raup Hasil Ratusan Juta – Berbisnis atau membuka usaha memang menjadi salah satu solusi untuk menjadi sukses. Tentunya dengan usaha yang keras dan kemauan yang tinggi untuk bisa sukses.

Salah satu bisnis menguntungkan itu datang dari usaha pupuk yang dilakoni petani asal jawa tengah, tepatnya di desa Amongronggo, kecamatan Limpung, kabupaten Batang.

Beliau bernama bapak Turjangun, Dimana kisah nya ini cukup menginspiratif untuk di jadikan refrensi untuk memulai bisnis hingga akhirnya sukses dan meraup hasil yang besar. Berikut Kisah inspiratifnya.

Usaha Pupuk Organik Cair Dan Raup Hasil Ratusan Juta

Usaha Pupuk Organik Cair Dan Raup Hasil Ratusan Juta

1. Awal Mula Bisnis Pupuk

Usaha pupuk organik pak Turjangun di mulai dari kelangkaan pupuk di daerahnya, saat masuknya musim bercocok tanam.

Dari kebingungan akan hal itu, bapak Turjangun melihat menumpuknya  kotoran di desanya tanpa pengolahan tertentu.

Tercetuslah ide untuk membuat pupuk organik dari kotoran sapi tersebut. Usaha membuat pupuk organik ini dimulai pada tahun 2000.

Tentunya pengolahan pupuk organik pak Turjangun di awal-awal bisnisnya belum langsung berhasil. Banyak kendala yang di hadapi dalam membuat pupuk organik tersebut.

Oleh karena itu ia berinisiatif membuat laboratorium sederhana, untuk menguji pupuk hasil olahannya sudah memenuhi komposisi yang benar atau belum.

Setelah berhasil menemukan takaran yang tepat, pupuk hasil olahan tersebut di coba pada lahan pertanian.

Dan ternyata hasilnya memuaskan, mulai saat itulah pak Turjangun mulai memproduk pupuk organik tersebut secara masal.

2. Suksesnya Bisnis Pupuk Organik

Pupuk organik pak Turjangun mulai terkenal, tidak hanya masyarakat sekitar desa yang menggunakan pupuk tersebut, petani dari luar daerah pun mulai banyak membeli pupuk organik pak Turjangun.

Sampai-sampai penjualan pupuknya menyebar hingga antar pulau seperti Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Bahkan Papua.

Berkat Kerja keras dan usahanya pak Turjangun memperoleh penghargaan dari Menteri ESDM sebagai suksesor yang memajukan petani.

Pak Turjangun juga mendapat penghargaan sebagai petani berprestasi di tingkat nasional. Dan di undang di dalam sidang paripurna MPR di istana negara.

Begitulah kisah inspiratif pak Turjangun yang berbisnis pupuk organik, semoga dapat menginspirasi kita semua dalam berbisnis dan berusaha.

Baca Juga 3 Cara Buat Usaha Di Desa Sukses Besar di sini

Terima Kasih.