Usaha Kue Rumahan Dengan Modal Kecil

Usaha Kue Rumahan Modal Kecil – bagi kalian yang bingung dengan usaha kalian yang kurang laku, mungkin tips-tips berikut bisa menjadi acuan bagi usaha kalian. Berikut ini tips-tipsnya simak terus ya.

Tips Usaha Kue Rumahan Bagi Pemula

usaha kue rumahan modal kecil

Usaha kue rumahan yang perlu diketahui bagi pemula. Dalam usaha ini ada 2 macam yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering merupakan kue yang cara pembuatannya dengan dioven atau di goreng. Sedangkan kue basah cara pembuatnnya dengan di kukus.

Beberapa macam kue kering yang bisa kita sajikan untuk hidangan cemilan keluarga. Banyak menyukai kue jenis ini dikarenakan daya tahan nya yang lebih lama daripada kue basah.

Rasanya yang renyah, pas sekali untuk teman di saat santai, acara lebaran, suguhan tamu dan yang lainnya. Pada umumnya memang lebih praktis membeli dari pada membuat.

Berbicara mengenai usaha kue rumahan, Sudah sangat familiar di kalangan rumah. Banyak kisah sukses dari para pengusaha kue rumahan, yang akhirnya malah membuka pabrik kue sendiri.

Kegiatan ini menjanjikan apabila memiliki banyak peminta. Bisnis kuliner seolah menjelma menjadi peluang usaha yang tidak akan pernah mati, seiring dengan pemenuhan kebutuhan pokok manusia.

Kue merupakan makanan yang hampir selalu ada pada saat perayaan-perayaan tertentu. Jika Anda seseorang yang mempunyai bakat dan hobi membuat kue. Tidak ada salahnya untuk menjadikan hobi tersebut sebagai peluang usaha bagi Anda.

Pada saat ini sudah mulai banyak pelaku usaha penjualan kue rumahan. Hal tersebut tentu akan memudahkan konsumen karena terdapat banyaknya pilihan. Namun akan menjadi tantangan bagi Anda yang akan memulai bisnis ini.

Agar bisnis kue rumahan Anda dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk bisnis Anda. Mulai dari pasca produksi, produksi, dan pra produksi.

   1. Pengetahuan dan Keahlian

Sebelum memulai usaha kue rumahan harus mempunyai pengetahuan dan keahlian dalam mengolah bahan-bahan hingga menjadi kue yang lezat. Karena keahlian ini sangat penting agar banyak konsumen yang tertarik dengan usaha Anda.

Persiapkan diri Anda dengan mempelajari berbagai seluk beluk mengenai pembuatan kue. Belajarlah dengan orang yang sudah ahli atau belajar sendiri (otodidaak).

Jika sekiranya Anda sudah mahir dan memiliki keyakinan yang mantap barulah dapat memulai usaha kue rumahan Anda.

   2. Mempersiapkan Dapur Produksi

Setelah menguasai program keahlian. Langkah selanjutnya yaitu mengenai masalah tempat produksi Anda.

Dalam usaha kue rumahan ini, pemilihan tempat yang strategis yaitu dari rumah anda sendiri. Karena anda tidak perlu memindah-mindah barang untuk produksi usaha anda.

Biasanya dapur rumah memiliki ukuran yang tidak terlalu besar tetapi kebersihannya selalu terjaga jika dibandingkan dengan dapur produksi dalam skala besar.

Anda harus bisa mempertimbangkan kondisi dapur Anda apabila ingin memproduksi kue dalam jumlah yang besar.

   3. Selalu Perhitungkan Harga Bahan

Penting bagi para pelaku usaha untuk selalu memperhitungkan harga bahan-bahan produksinya. Begitu juga pada usaha kue rumahan, bahan-bahan pembuatan kue biasanya terdiri dari berbagai macam komponen.

Perhitungan yang tepat tentunya akan semakin menekan biaya produksi Anda yang dapat terhindar dari kerugian.

    4. Bidik Pasar yang Tepat

Temukan dan bidik pasar yang paling tepat untuk bisnis yang akan dijalankan. Harus benar-benar yakin bahwa bisnis tersebut akan berkembang dengan baik.

Artinya, Anda harus pintar dalam melihat peluang dan berbagai risiko di pasar yang akan dimasuki nantinya. Jangan memilih pasar yang peluangnya kecil. Karena itu akan merugikan bagi usaha anda.

Pasar yang menjanjikan adalah pasar yang masih memiliki kemungkinan untuk selalu berkembang dan memiliki tingkat persaingan yang minim. Jadi, pastikan Anda menemukan pasar yang seperti itu.

   5. Pasarkan dengan Cerdas

Harus cerdas ilmu yang dimiliki seorang pebisnis, karena jika Anda pintar dalam pemasaran itu akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Hal ini mungkin akan terasa berbeda. Terlebih jika Anda baru pemula dalam merintis usaha kue. Jangan segan-segan dalam mempromosikan di pasar. Karena itu akan membuat usaha anda tidak dikenal di pasar.

Melakukan pemasaran jangan yang biasa-biasa saja, tampilkan hal yang beda dari usaha yang lainnya. Mungkin saja jenis pemasaran yang sudah biasa akan membuat pelanggan merasa bosan.

Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa langkah pemasaran yang umum dan sering dilakukan para pebisnis dalam meraih angka penjualan, antara lain:

  • Penawaran secara langsung kepada konsumen. Memperkenalkan produk dengan tetangga di dekat tempat tinggal, rekan kerja di kantor, keluarga, dan teman-teman dekat lainnya.
  • Melakukan penawaran dan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang dapat menjual produk dan memperluas pasar penjualan. Misalnya, kerja sama dengan toko-toko roti dan kue, supermarket, katering, pembuat parsel, atau agen pemasaran kue.

   6. Pilih Nama dan Promosikan dengan Tepat

Pemilihan nama yang tepat akan berpengaruh pada kesuksesan bisnis kue Anda. Hal itu akan menambah keuntungan usaha kue anda. Jangan memilih dan menggunakan nama yang terlalu pasaran.

Karena akan membuat produk sulit dikenal dan terlihat cenderung sama dengan produk sejenis lainnya. Para konsumen juga akan merasa bosan karena mereka pikir usaha itu akan sama saja dengan yang lainnya.

Hindari memilih nama yang aneh dan sulit untuk diucapkan. Sebab nama yang sulit justru  akan membuat orang tidak akrab dengan produk yang Anda tawarkan. Gunakanlah nama yang unik, mudah diingat dan ditanggapi banyak orang.

Berbagai upaya promosi juga perlu dilakukan untuk menambah angka penjualan, terutama saat baru merintis produk ke pasaran.

Lakukan beberapa kegiatan seperti membagikan brosur berisi produk, melakukan promosi lewat internet, atau membuat iklan di berbagai media yang mudah ditemukan para konsumen.

Baca juga : Tips Usaha Kue Rumahan Bagi Pemula

   7. Selalu Berinovasi

Inovasi adalah salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. Meskipun bisnis tersebut telah berjalan dengan sangat baik dan lancar, bukan berarti Anda berhenti untuk berinovasi.

Inovasi sangatlah penting dalam bidang usaha. Sebuah inovasi akan menambah banyaknya pelanggan. Karena merupakan pengembangan dari produksi usaha Anda. Dan jika bisnis anda tidak adanya inovasi itu akan memperburuk usaha anda bahkan bisa bangkrut.

Selalu lahirkan inovasi produk yang membuat pasar tetap bergairah dan setia dengan kue buatan Anda. Ingat, dunia bisnis penuh persaingan dan yang berbisnis kue bukan hanya Anda seorang.

   8. Memuaskan Konsumen

Pembeli adalah raja. Jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Tanyakan tentang testimoni mengenai produk usaha anda, ataupun  menginfomasikan produk yang baru Anda keluarkan, dan promo yang sedang berjalan.

Nah, itulah cara-cara pebisnis usaha makanan yang harus Anda lakukan jika ingin melakukan sebuah usaha makanan. Jika Anda sudah mempelajarinya selanjutnya anda harus tau cara memasak kue itu.

Kali ini saya akan menambahkan beberapa jenis resep makanan rumahan, yang sekiranya sesuai bagi orang yang ingin membuka usaha makanan rumahan.

9. Membuka Warung Bakso di Tempat Strategis

Usaha Kue Rumahan Dengan Modal Kecil

Makanan bakso memang sangat digemari di masyarakat Indonesia. Tidak hanya dari kalangan dewasa yang menyukai makanan, anak-anak pun juga menyukainya. Dengan ini Anda bisa menfaaatkan peluang usaha bakso ini untuk membuka warung.

Ide peluang usaha untuk membuka warung bakso di tempat strategis akan meningkatkan peluang warung Anda ramai dan banyak diketahui masyarakat sekitar. Dengan menambah beberapa keunikan pada dagangan Anda, seperti warung bakso Mercon, warung bakso Keju, warung bakso Arang, warung bakso Jamur, dan sebagainya. Anda dapat menarik perhatian masyarakat sekitar.

Apalagi jika bakso yang Anda jual rasanya lezat dan gurih. Dijamin, warung Anda nanti akan memiliki banyak pelanggan. Membuka warung bakso tak membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu menyiapkan tempat (bisa di halaman rumah). Jika usaha ini mulai berkembang Anda dapat mengalihkannya pada tempat yang lebih luas.

Untuk resep usaha makanan yang ingin kalian buat bisa kunjungi Resep Kue Kelapa Basah Yang Bikin Ketagihan. Semoga bermanfaat.