Stik Kentang Keju tanpa Maizena

stik kentang keju tanpa maizena

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Salah satunya adalah stik kentang. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat atau resep stik kentang keju crispy yang enak dan sehat.

Mari kita simak resep stik kentang keju crispy yang super renyah berikut ini. Tetapi sebelum membahas resep kita akan membahas kandungan apa saja terdapat dalam kentang.

Kandungan Gizi pada Kentang

Serat

Serat pada kentang banyak terletak pada bagian kulit. Kentang mengandung pati dan serat yang menjadi makanan bagi bakteri baik di usus besar dan berfungsi untuk memelihara kesehatan saluran pencernaan. Pati pada kulit kentang juga bermanfaat dalam mengontrol gula darah.

Karbohidrat

Karbohidrat sering dianggap sebagai biang keladi kenaikan berat badan. Hal ini tidak sepenuhnya salah, terutama jika dikonsumsi berlebihan. Meskipun begitu, tubuh tetap memerlukan karbohidrat, karena merupakan sumber tenaga bagi tubuh.

Protein

Protein berfungsi untuk produksi zat kimiawi tubuh seperti enzim dan hormon.Zat protein juga dibutuhkan dalam pembentukan otot, tulang, sel darah, rambut dan kulit. Kandungan protein pada kentang memang tidak terlalu banyak, yakni hanya 1-1,5% dalam kondisi segar, dan 8-9% saat kering.

Kalium

Kalium (potasium) merupakan mineral yang mendominasi kandungan gizi kentang. Mineral ini dapat menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Kadar kalium terbanyak terdapat pada kulit kentang.

Folat

Zat asam folat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Asam folat adalah bentuk sintetik dari folat. Keduanya memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan kehamilan. Kandungan folat atau asam folat dapat mencegah risiko keguguran dan cacat pada bayi.

Vitamin B6

Salah satu kandungan gizi kentang adalah vitamin B6, vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah, memelihara kesehatan saraf, membantu produksi antibodi atau zat kekebalan tubuh dan menunjang pencernaan protein.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat menurunkan berbagai risiko penyakit. Fungsi vitamin C yang paling penting di antaranya memperbaiki jaringan tubuh, membantu penyerapan zat besi, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Kadar vitamin C terbanyak pada kentang terdapat di bagian kulitnya.

Resep Stik Kentang Keju tanpa Tepung Maizena

Bahan:

  • Kentang
  • Keju
  • Saus
  • Mayones
  • garam, lada bubuk, dan penyedap rasa
  • saus dan mayones sebagai pelengkap

Cara Membuat :

  1. Cuci kentang sampai bersih
  2. Rebus kentang sampai matang
  3. Kupas kulit kentang yg sudah direbus tadi
  4. Haluskan kentang sampai halus kemudian campur parutan keju
  5. Campur keduanya hingga rata kemudian tambahkan sedikit garam, lada bubuk, dan penyedap rasa
  6. Bentuk campuran kentang tadi seperti stick kentang pada umunya (panjang”)
  7. Siapkan minyak deep frying
  8. Goreng kentang yang sudah dibentuk ke dalam minyak yang sudah panas
  9. Setelang matang dan wangi, tiriskan stick kentangnya
  10. Stick potato cheese sudah siap, jangan lupa siapkan saus dan mayones sebagai pelengkapnya