Set Box TV Digital, Bagaimana Cara Pasangnya?

Saat ini pemerintah sedang melakukan program migrasi dari siaran televisi analog ke siaran televisi digital. Migrasi ini diharapkan selesai paling lambat 2 November 2022. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas siaran televisi menjadi lebih baik. Salah satunya adalah tayangan pada siaran digital akan lebih bersih dan tajam (selamat tinggal semut).

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital

Lalu apa yang harus dilakukan masyarakat untuk dapat terus menerima siaran televisi digital ini? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain: Mengganti televisi lama (yang hanya dapat menangkap siaran analog saja) menjadi televisi yang dapat menangkap siaran digital. Menambahkan perangkat yang dapat menangkap siaran digital. Perangkat ini disebut STB (set box tv digital).

  1. Mengganti TV Lama dengan TV Baru

Opsi satu dapat menjadi opsi bagi orang-orang yang memiliki rencana untuk mengganti TV lama mereka dengan TV baru dengan lebih banyak fitur. Tentu saja, mengganti TV baru membutuhkan banyak uang. Sebagai perbandingan, televisi panel berteknologi LCD/LED 32” dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan.

  1. Menggunakan Set Top Box

Jika Anda sudah memiliki TV lama yang hanya bisa menerima siaran televisi analog dan belum ada rencana untuk menggantinya, maka opsi kedua bisa menjadi opsi. Harganya masih terjangkau sekitar 200-400 ribu rupiah di pasaran tergantung merk, tipe dan fitur yang dimilikinya.

Cara Memasang Set Top Box

Pemasangan STB sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit (perlu diperhatikan untuk keamanan TV dan perangkat yang terhubung harus dicabut dari sumber listrik PLN terlebih dahulu). STB dipasang di antara antena dan TV. Antenanya sendiri juga bisa menggunakan antena TV analog yang sudah terpasang.

Cara Menghubungkan Antena ke Set Top Box

Jadi yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah mencabut kabel antena yang dicolokkan ke TV dan dicolokkan ke STB. Konektor atau port biasanya terletak di bagian belakang STB. Konektor antena terpasang ke port berlabel ANT IN (biasanya) pada STB.

Cara Memasang Set Top Box ke TV

Setelah kabel antena terhubung ke Set Top Box tv digital Anda, langkah selanjutnya adalah menghubungkan STB Anda ke TV. Ada beberapa cara atau konektor untuk menyambungkan STB ke TV Anda tergantung pada fitur yang dimiliki TV Anda. STB sendiri biasanya memiliki port standar HDMI, LOOP (ANT) dan AV (Audio Video).

Jika TV Anda sudah mendukung atau memiliki port HDMI, maka Set Top Box tv digital dapat dihubungkan melalui port HDMI, tetapi jika tidak ada, Anda dapat menghubungkan STB Anda dengan kabel AV yang biasanya berwarna merah, kuning, dan putih. Port AV ini hampir dimiliki oleh semua TV, bahkan TV tabung.

Konektor Loop pada STB digunakan jika Anda masih ingin dapat menonton siaran televisi analog (hingga 2 November 2022). Jenis kabel yang digunakan sama dengan kabel yang digunakan untuk antena dengan sepasang konektor di ujungnya.

Setelah semua sambungan tersambung, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan STB dan TV ke sumber listrik PLN (ada yang menggunakan adaptor, ada juga yang langsung tersambung ke listrik PLN).

Kemudian Anda hanya perlu mengubah sumber input di TV Anda (HDMI atau AV) dan mengatur STB melalui remote. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pencarian saluran televisi agar semua saluran ditemukan dan setelah itu untuk mengganti saluran dapat dilakukan dengan remote STB.