Semangka Tahan Berapa Lama? Ini Dia

Pasti Anda sering menyimpan buah-buahan yang Anda beli ke dalam kulkas bukan agar buah tersebut dapat bertahan lebih lama. Salah satunya semangka, ini termasuk ke dalam golongan buah yang mengandung banyak air danĀ  mempunyai banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Apakah Anda mengetahui buah semangka tahan berapa lama?

Disini kita akan membahas berapa lama semangka dapat bertahan dan bagaimana cara penyimpanannya. Walaupun kita menyimpannya agar bertahan lebih lama, namun buah semangka juga mempunyai masa tahannya sendiri. Setelah di panen buah semangka biasanya dapat bertahan tiga hingga empat minggu (itu dalam keadaan normal dimana semangka belum di potong).

Nah untuk buah semangka yang sudah di potong Anda bisa menyimpannya ke dalam kulkas bila tidak habis, namun sebaiknya setelah di potong langsung dihabiskan saja. Untuk penyimpanan buah yang sudah di potong ini pun tidak boleh terlalu lama dalam kulkas karena akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tips Menyimpan Semangka Tahan Berapa Lama

semangka tahan berapa lama

Menyimpan semangka utuh

Buah semangka yang masih dalam keadaan utuh Anda boleh menyimpannya dalam kulkas. Walaupun mungkin jarang ada orang yang mau menyimpan semangka utuh dalam kulkas karena akan memakan banyak tempat dan kurang efektif. Namun, hal ini lebih baik daripada Anda menyimpan buah semangka yang telah di potong dalam kulkas.

Selain buahnya akan semakin segar dan nikmat saat disantap, buah semangka ini juga dapat bertahan hingga 2 minggu. Bila Anda repot menyimpannya dalam kulkas, Anda bisa mneyimpannya dalam suhu ruang, dan buah semangka ini akan bertahan hinggan 10 hari. Dan jangan lupa, pastikan tempat itu teduh dengan suhu ruangan yang sejuk.

Menyimpan semangka yang sudah dibelah

  • Jika Anda telat memotong semangka dan tidak habis dalam sekali makan simpan saja dalam kulkas. Oh ya usahakan jangan memotong semangka hingga daging buahnya terlihat.
  • Sebaiknya potong semangka menjadi dua bagian saja setelah itu tempatkan setengah bagiannya ke piring datar dan kemudian simpan dalam kulkas. Setelah di potong semangka tidak dapat bertahan lama, sebaiknya konsumsi semangka ini dalam tiga sampai lima hari ke depan saja.
  • Namun, jika Anda terlanjur memotong semangka menjadi beberapa bagian, disarankan simpan dalam wadah tertutup ya. Mengapa? Karena agar tidak terkena udara kulkas yang akan mengurangi tekstur dan rasa dari semangka itu sendiri.

Nah, suda tahukan sekarang semangka tahan berapa lama dan bagaimana cara penyimpanan semangka yang baik. Mulai sekarang jangan sampai salah lagi memilih dan menyimpan buah semangka dengan baik ya.