PENGEMASAN YANG COCOK UNTUK SELAI STRAWBERRY KILOAN

Selai strawberry kiloan harus dikemas dalam wadah yang tertutup rapat, tidak dipengaruhi dan mempengaruhi isi, aman selama penyimpanan dan pengangkutam karena selai harus dijaga aroma, warna dan rasa agar tetap normal, serat buah positif,  padatan terlarut min 65%, tidak tercemar logam dan mikroba.

Pengemasan Selai Strawberry Kiloan

1. Kemasan Gelas ( jar )

Gelas adalah benda yang transparan, lumayan kuat, biasanya tidak bereaksi dengan barang kimia, dan tidak aktif secara biologi yang bisa dibentuk dengan permukaan yang sangat halus, kedap air, bisa dimodifikasi dan bahkan bisa diubah seluruhnya dengan proses kimia atau dengan pemanasan.  Jar adalah kemasan gelas yang berleher pendek dan mulut lebar.

Selai strawberry dikemas dengan kemasan jar karena selai merupakan produk yang tidak bisa mengalir dan butuh bantuan alat untuk mengambilnya, sehingga dengan menggunakan kemasan jar mempermudah produk keluar atau dikeluakan dari dalam kemasan dan kemudahan untuk dihabiskan (easy of resealing). Sedangkan untuk penutup, bahan yang cocok digunakan adalah logam dengan dilapisi karet agar produk tidak terkena langsung langsung dengan logam dan tidak terjadi kontaminasi (IGLAS, 2011)

Cara pengemasan selai menggunakan jar :

  1. Jar dibentuk melalui proses pembuatan gelas dengan teknik tekan-hembus.
  2. Pengisian Strawberry Jam  ke dalam jar
  3. Penutupan selai dan sterilisasi

2. Kemasan Pouch

Pouch adalah kemasan yang terbuat dari plastik nylon .

Cara pengemasan selai menggunakan pouch:

  1. Plastik nylon yang akan digunakan, dibentuk sesuai dengan desain yang telah ditentukan
  2. Pada ujung kemasan di tambahkan sejenis tutup ulir seperti tutup botol dengan menggunakan bahan PE(Polyethylene)(IGLAS, 2011).

3. KemasanPlastik (Cup )

Terdiri dari dua bagian, yaitu:

  • Badan cup : berbahan dasar plastik PP (polypropylene)

Tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP.Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah.

Jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi (IGLAS, 2011)

  •  Tutup cup : berbahan dasar plastik LDPE (Low Density Polyethylene)

Tertera logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE . LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek. Plastik ini dapat didaur ulang, baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat, dan memiliki resistensi yang baik terhadap reaksi kimia.

Cara pengemasan selai menggunakan cup :

  1. Pembuatan cup dengan metodeBlow Molding
  2. Pengisian produk Strawberry Jam yang siap dikemas
  3. Kemasan gelas yang telah diisi nata ditutup dengan tutup dari bahan plastik LDPE(Low Density Polyethylene)menggunakan mesin cup sealer.

Tips lainya :

Tahan berapa lama sosis didalam kulkas