Sate Klopo Surabaya yang Wajib Untuk Anda Coba

Sate Klopo Surabaya – Sate adalah makanan yang biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, kambing, domba, atau kelinci yang dipotong kecil-kecil lalu ditusuk menggunakan lidi yang terbuat dari tulang daun kelapa atau bambu kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Setelah dibakar, biasanya sate disajikan dengan sausĀ  yang berupa kecap dan bumbu kacang.

Sate sangat populer di asia tenggara, terutama di Indonesia. Bahkan, Sate juga terkenal di negeri Belanda. Di Indonesia, Sate yang terkenal adalah Sate Madura dan Sate Padang. Di antara sate yang ada di Indonesia, ada satu sate yang wajib anda coba. Sate itu adalah sate klopo Surabaya.

Seperti namanya, Sate Klopo Surabaya merupakan makanan yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya dari Kota Surabaya. Sama seperti sate pada umumnya, sate klopo Surabaya ini juga terbuat dari bahan dasar daging, yaitu daging sapi atau daging ayam. Yang membedakan sate klopo Surabaya ini dengan sate pada umumnya yaitu terletak pada saus atau bumbunya. Sate klopo Surabaya menggunakan kelapa sebagai bumbu tambahan.

Rasa dari sate ini yaitu gurih dan manis. Tekstur daging empuk juga lembut dilidah. Bumbu yang dipakai tidak terlalu jauh berbeda dengan sate pada umumnya, namun bumbu sate klopo ini lebih halus.

 

Baca Juga : Kegunaan Buah Kelapa

 

Warung atau kedai sate klopo Surabaya yang paling terkenal yaitu Warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang terletak di Jl. Walikota Mustajab No. 36 , Ketabang, Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Warung ini buka dari jam 07.00 ( jam tujuh pagi ) sampai pukul 23.00 ( sebelas malam ) WIB ( Waktu Indonesia Bagian Barat ). Warung ini buka dari hari Senin sampai hari Minggu. Bagi kamu yang berlibur atau melewati Kota surabaya melalui darat, kamu wajib mampir ke warung sate klopo ondomohen Bu Asih Ini untuk merasakan sendiri rasa gurih dari sate klopo ondomohen.

Untuk Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, yaitu Rp 20.000, 00 ( dua puluh ribu rupiah ) per porsi. Dengan harga Rp 20.000, 00 ( dua puluh ribu rupiah ), kamu bisa menikmati sepuluh tusuk sate klopo ini. Tersedia juga nasi putih atau lontong sebagai pendamping dan sumber karbohidrat, juga aneka minuman dingin ataupun hangat.

Bagi kamu yang ingin mencoba sate klopo ondomohen, tetapi tidak bisa ke Surabaya, kamu bisa membuat sate klopo ondomohen-mu sendiri dengan resep yang telah kami berikan. Berikut resep Sate klopo Surabaya yang telah kami siapkan.

Cara membuat sate klopo Surabaya ala warung sate klopo ondomohen.

Sate Klopo Surabaya

 

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan yang perlu disiapkan untuk membuat sate kelapa ondomohen, yaitu:

  • 300 ( tiga ratus ) gram daging sapi berlemak
  • 1/2 (setengah) butir kelapa muda
  • 17 (tujuh belas) buah Tusukan Sate
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • 4 (empat) siung bawang merah
  • 3 (tiga) siung bawang putih
  • 3 (tiga) sdm (sendok makan) ketumbar
  • 1 (satu) ruas jari Kunyit Bakar
  • Bumbu kacang untuk pelengkap
  • Kecap manis
  • Bawang goreng
  • Cabai seperlunya

 

Cara Membuat

Cara membuat sate klopo Surabaya ala warung sate klopo ondomohen yaitu:

  1. siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. cuci bersih daging sapi lalu potong dadu dengan ukuran besar atau kecilnya disesuaikan sesuai selera.
  3. siapkan kelapa muda. Parut kelapa muda tersebut lalu sisihkan.
  4. haluskan bumbu yaitu yang berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, serta kunyit bakar.
  5. Campur rata potongan daging yang berbentuk dadu, kelapa parut, dan bumbu halus lalu tambahkan gula dan garam lalu biarkan selama 30 (tiga puluh) menit agar bumbu meresap.
  6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan biarkan kembali selama kurang lebih 30 (tiga puluh) menit hingga bumbu meresap.
  7. Setelah itu, diamkan selama 30 (tiga puluh) menit lalu tiba saatnya untuk menusukkan daging ke tusukkan sate
  8. Setelah selesai penusukkan saat nya membakar sate. Siapkan alat pembakaran lalu masukkan arang ke dalam alat pembakaran. Disarankan menggunakan arang karena dapat mengeluarkan bau khas dari sate. Setelah itu, nyalakan api di alat pembakaran tersebut.
  9. Taruh sate diatas alat pembakaran tersebut. bakar hingga matang dan jangan lupa untuk membolak-balik sate agar pembakarannya merata.
  10. setelah selesai, angkat sate lalu taruh di piring saji.
  11. Tambahkan bumbu kacang ditambah kecap sesuai selera, juga irisan bawang merah serta bawang goreng dan cabai.
  12. Tambahkan juga nasi atau lontong sesuai selera masing-masing sebagai sumber karbohidrat.
  13. Jangan lupa siapkan minuman segar sebagai penutup setelah makan.

 

Demikian artikel tentang sate klopo surabaya. Semoga artikel tentang sate klopo surabaya ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel sate klopo surabaya ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

 

Sumber : tokomesinkelapa