Roti Isi Kelapa Muda Si Cemilan Yang Bikin Kenyang!

Roti isi kelapa muda atau roti isi kelapa ini merupakan salah satu jenis cemilan namun dapat mengenyangkan saat di konsumsi.

Pada artikel sebelumnya kita juga membahas tentang roti kelapa, jadi resepnya juga hampir sama

Karena resep ini menggunakan bahan utama kelapa jadi sebelum kita ke resep akan saya bahas terlebih dahulu tentang kelapa. Baiklah sekaran kita simak penjelasan nya.

Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.

Endosperma buah kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok (“daging buah kelapa”) adalah sumber penyegar populer. Daging buah muda berwarna putih dan lunak serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan.

Cairan ini mengandung beraneka enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang. Beberapa kelapa bermutasi sehingga endapannya tidak melekat pada dinding batok melainkan tercampur dengan cairan endosperma.

Mutasi ini disebut (kelapa) kopyor. Daging buah tua kelapa berwarna putih dan mengeras. Sarinya diperas dan cairannya dinamakan santan. Daging buah tua ini juga dapat diambil dan dikeringkan serta menjadi komoditi perdagangan bernilai ekonomis, yang disebut kopra.

Kopra adalah bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra.

Namun, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco dan merupakan bahan campuran minuman penyegar.

Daging buah kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma pada masakan daging serta dapat dimanfaatkan sebagai obat rambut yang rontok dan mudah patah.

Manfaat Daging Kelapa Muda :

Berikut adalah manfaat mengonsumsi daging kelapa untuk kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui.

Kaya akan serat
Daging buah kelapa kaya akan serat yang baik untuk program penurunan berat badan Anda. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya mampu membantu pemecahan lemak dan juga menyehatkan sistem pencernaan.

Mengandung zat anti oksidan
Terkadang racun yang ada di dalam tubuh dapat menyebabkan perut kembung, kenaikan berat badan, hingga penurunan kesehatan. Oleh karena itu untuk membersihkannya, ada baiknya Anda mengonsumsi daging buah kelapa.

Menurunkan kolesterol
Ternyata daging buah kelapa tidak hanya bermanfaat untuk penurunan berat badan, sebab daging buah kelapa juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Selain itu daging buah kelapa juga mampu melindungi kesehatan jantung Anda.

Memperbaiki metabolisme tubuh
Daging kelapa dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh Anda. Ketika sistem metabolisme tubuh Anda berjalan dengan baik, maka seluruh kesehatan organ tubuh Anda akan berfungsi dengan baik.

Pembangkit energi
Daging kelapa merupakan pembangkit energi yang baik. Apabila cadangan energi Anda cukup baik, maka kinerja organ-organ tubuh Anda juga akan berjalan dengan baik pula.

Daging buah kelapa memiliki rasa yang enak dan tentunya juga sehat. Jadi tidak ada salahnya apabila Anda memasukkan daging buah kelapa sebagai menu makanan sehat Anda.

Bahan-bahan Membuat Roti Isi Kelapa Muda :

Bahan Biang :

300 gram tepung terigu protein tinggi
3 gram ragi instan
15 gram gula pasir
200 gram air es

Bahan Roti Isi Kelapa Muda :

150 gram tepung terigu protein sedang
6 gram ragi instan
30 gram susu bubuk
75 gram gula pasir
1 butir telur
1 kuning telur
50 ml air
75 gram margarin
1 sendok teh garam

Bahan Isi :

200 gram kelapa parut kasar
2 lembar daun pandan
50 gram gula pasir
200 ml air
1/4 sendok teh garam

Bahan Olesan, Aduk Rata :

1 butir telur
25 ml susu cair

Cara membuat Roti Isi Kelapa Muda :

  1. Isi: Campur kelapa parut, daun pandan, gula, air dan garam. Masak sampai kalis. Angkat. Dinginkan.
  2. Biang, campur tepung terigu, ragi instan, dan gula. Masukkan air sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan 1 jam di suhu ruang. Simpan 30 menit dalam lemari es.
  3. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk, gula, dan biang. Uleni rata.
  4. Masukkan telur dan air sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  5. Timbang adonan masing-masing 40 gram. Diamkan 10 menit.
  6. Giling adonan. Beri isi.  Bentuk lonjong. Letakkan di loyang yang dioles tipis margarin. Diamkan 60 menit sampai mengembang.
  7. Oles dengan bahan olesan.  Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 12 menit sampai matang.