Resep singkong rebus balado –¬†Bila kita kerap menyambangi rumah makan Padang, maka kita pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis masakan balado. Balado memiliki rasa khas yang sangat pedas dan berwarna merah. Telur, ikan, dan ayam adalah jenis bahan makanan yang paling sering dimasak balado.

Untuk urusan cemilan, singkong rebus balado adalah cemilan pedas yang sejak dahulu menjadi oleh-oleh khas dari Sumatera Barat.

Cemilan dari bahan dasar singkong ini selalu dicari para pelancong yang wilayah Padang / Sumatera Barat walaupun sebenarnya di Jawa juga keripik balado ini bisa dengan mudah kita temukan. cara membuat singkong rebus balado sebenarnya tidak terlalu rumit.

Ikuti saja panduan cara membuat keripik balado di bawah ini supaya kita bisa sukses resep singkong rebus balado yang super pedas.

Baca juga cara membuat keripik singkong balado

Resep singkong rebus balado

resep singkong rebus balado

Bahan-bahan :

  • 1 kgsingkong
  • 1 sdmketumbar
  • 2 lembardaun salam
  • secukupnyagaram
  • 90 mlsantan instant
  • 200 mlair

 

Bahan Bumbu Balado :

  1. 8 siung bawang putih.
  2. 150 gram cabai merah keriting.
  3. 2 sendok makan gula pasir.
  4. 1 1/2 sendok teh garam.
  5. Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

 

Cara Membuat Bumbu Balado :

  1. Kupas cabai merah, keluarkan bijinya
  2. Haluskan bawang putih dan cabai merah
  3. Tumis bawang putih dan cabai merah yang sudah dihaluskan tadi sampai harum dan sedikit mengering
  4. masukkan gula dan garam. Aduk terus sampai rata.

 

Cara membuat singkong rebus :

  1. Kupas Dahulu Singkongnya

Pertama kita siapkan singkong lalu kupas dahulu singkong yang akan direbus agar kulit singkong tidak ikutan di rebus:), alangkah baiknya jika kulit singkong tidak di buang dan bisa kita kelolah kulit singkong yang tebal bagian putih itu menjadi sayur atau keripik.

  1. Bersihkan Singkong Yang Telah Dikupas

Kedua kita Bersihkan Singkong sampai kinclong tujuannya yaitu agar tak ada tanah atau kotoran yang menempel pada singkong alias agar bersih, dan ingat jangan memotong terlebih dahulu singkong, melainkan kita harus mencuci dahulu baru dipotong agar kandungan baik di dalamnya tidak terbawa hanyut oleh air, begitu yang dikatakan saudara saya entah benar atau tidak tapi yang jelas belum diteliti lebih lanjut mengeni hal itu haha.

  1. Rebus Singkong

Sebelum kita rebus singkong siapkan dahulu bumbu halus yang terdiri dari garam, ketumbar, daun salam dan santan ingat yang dihaluskan hanyalah garam dan ketumbar setelah itu masukan singkong yang sudah dipotong menjadi ukuran sewajarnya kedalam panci berisi air yang sudah mendidih dan tercampur bumbu yang telah disiapkan dan tunggu singkong hingga matang

 

  1. mencampur Singkong denga bumbu balado

Singkong yang sudah direbus kemudian dicampur dengan bumbu balado secukupnya yang sudah dibuat tadi dan sajikan.

Baca juga cara membuat keripik usus pepaya blitar

Beberapa Manfaat Singkong:

Adapun beberapa manfaat dari makanan ini antara lain:

  • Sebagai sumber serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang membatu untuk memperlancar pencernaa tubuh dan menjaga kadar kolestrol.
  • Dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh yang berguna untuk sumber energi dimana berguna untuk melakukan aktifitans sehari-hari dan singkong juga bisa dijadikan alternatif pengganti nasi.
  • Membantu membatasi kerusakan saraf pada otak karena kandungan vitamin K dalam singkong.
  • Aman dikonsumsi bagi penderita kerusakan usus halus atau bisa disebut juga penyakit celiac karena makanan ini bebas gluten.

 

Mudah dan simple kan cara membuatnya. Selain itu resep kali ini bisa dibilang resep cemilan yang ekonimis dan akan semakin ekonimis jika singkongnya berasal dari kebun sendiri.

Oke, cukup sampai disini dulu yah resep singkong dari saya, lain kali di sambung resep yang lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.