Resep Serundeng Daging Basah yang Perlu Anda Coba

Resep Serundeng Daging Basah – Kelapa atau yang bisa disebut Cocos nucifera adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren – arenan atau Arecaceae. Pohon kelapa banyak ditemukan di daerah tropis. Pohon kelapa ini sering ditemukan di daerah pantai dan dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

 

Hampir seluruh bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Akarnya dapat dimanfaatkan untuk obat gatal, obat demam, obat diare, obat wasir, melancarkan peredaran darah, hingga mengatasi gangguan perut.

 

Batangnya dapat digunakkan untuk bahan bangunan, aneka perabotan rumah tangga, dan juga kayu bakar. Daunnya dapat digunakkan untuk kerajinan, atap rumah tradisional, dan sapu lidi.

 

Buahnya dapat digunakkan untuk bermacam – macam. Batok kelapa dapat digunakkan untuk mangkok, hiasan, alat permainan , dan juga arang. Sabutnya juga dapat dijadikan arang dan juga spons pencuci piring alami. Sementara isi buahnya digunakkan untuk kebutuhan pangan.

 

Berbicara soal kebutuhan pangan, buah kelapa dapat dijadikkan berbagai jenis dan olahan masakkan atau minuman. Dari banyak jenis masakkan yang dapat dibuat dengan bahan buah kelapa, terdapat beberapa masakkan yang sering kita jumpai, salah satunya adalah serundeng ayam.

 

Serundeng adalah makanan khas Indonesia yang biasanya atau sering digunakkan sabagai lauk – pauk untuk nasi. Seundeng terbuat dari parutan kelapa yang digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan dengan bumbu – bumbu seperti bawang bombay, bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, ketumbar, gula, daun salam, asam jawa, lengkuas, dan daun jeruk.

 

Baca Juga : Resep Kue Akar Kelapa Tepung Beras

 

Serundeng biasanya dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, yaitu hidangan serundeng daging, atau ditaburkan di atas ketan, soto, atau burasa ( makanan Makasssar ) untuk menambah rasa gurih dari masakan tersebut.

 

Di Indonesia serundeng jelas merujuk pada kelapa parut goreng, kecuali di Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Di Sumatera Barat, Istilah Serundeng bukan merujuk pada makanan dengan bahan dasar kelapa. Serundeng di Sumatera Barat terdiri dari kentang dan ubi yang dipotong kecil – kecil serta kacang lalu diberi rempah -rempah dan digoreng dengan rasa yang gurih dan tentu saja nikmat.

 

Sementara di Kepulauan Riau serundeng merujuk pada abon daging sapi atau abon daging ayam, bahkan abon mangrove. Di Malaysia, istilah serunding atau serundeng merujuk kepada abon daging sapi atau abon daging ayam, abon Malaysia ini dapat dicampur kelapa parut sepreti serunding di Indonesia atau tidak.

 

Terdapat beberapa variasi dari serundeng yaitu serundeng kering dan serundeng basah. Serundeng kering dapat disimpan lebih lama daripada serundeng basah. Sementara serundeng basah lebih mudah dibuat.

 

Nah, di artikel kali ini, kami akan memberikan resep serundeng daging basah. Sesuai namanya, bahan dasar dari serundeng ini yaitu daging sapi dan juga kelapa parut. Bagaimana isi resepnya?. Berikut resep serundeng daging basah.

 

Resep Serundeng Daging Basah

Resep Serundeng Daging Basah

 

Alat dan bahan

  • 1/2 kg (setengah kilogram) Daging sapi
  • 1 (satu) butir kelapa muda parut
  • Air kelapa dari 1 buah kelapa

Bumbu:

  • 1 sdt (satu sendok teh) Ketumbar bubuk
  • 1/2 (setengah) buah Gula merah
  • 5 (lima) siung Bawang putih yang dihaluskan
  • 1 (satu) lembar Daun salam
  • 4 (empat) siung Bawang merah yang dihaluskan
  • 1 (satu) iris Lengkuas
  • 1  (satu) gram asam jawa

 

Cara membuat

  1. Siapkan alat serta bahan yang diperlukan untuk membuat serundeng daging basah
  2. Pertama – tama lumuri daging dengan bumbu (selain gula dan asam) selama kurang lebih 15 menit.
  3. Kemudian rebus daging dengan air kelapa. Tambahkan sedikit air sampai agak terendam dan rebus dengan api kecil selama kurang lebih dua jam.
  4. Setelah itu, masukkan gula merah dan asam jawa lalu rebus kembali sekitar 1 jam atau sampai daging terasa empuk.
  5. Sisihkan daging dan air rebusan yang tinggal sedikit yang akan digunakan untuk kelapa.
  6. Kemudian campurkan kelapa dengan bumbu sisa rebusan daging. Jika dirasa kurang, anda bisa menambahkan lagi sedikit bumbu halus yaitu ketumbar, bawang putih dan bawang merah.
  7. Masak dalam wajan sampai kelapa terasa kering dengan api kecil. Jika masih basah tapi kelapa mulai gosong, tambahkan sedikit minyak goreng.
  8. Jika kelapa sudah mulai kering, campurkan dengan daging. Aduk daging dengan kelapa sebentar saja.
  9. Setelah matang, angkat kemudian dinginkan. Serundeng kelapa siap disajikan
  10. Apabila ingin disimpan, simpan serundeng di dalam toples lalu masukkan ke dalam kulkas. Serundeng basah tidak akan bertahan lama, jadi usahakan jangan menyimpan serundengnya terlalu lama.

 

 

Demikian artikel tentang resep serundeng daging basah. Semoga artikel tentang resep serundeng daging basah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kesalahan dan kekurangan pada artikel ini, kami mohon maaf. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga : Cara Membuat Serundeng Kelapa