Resep Muffin Kelapa Parut Yang Manis Dan Lembut!!

Resep muffin kelapa parut ini adalah resep kue yang mirip dengan bolu dan khas dari Philipine. Yak kita kali ini akan membahas tentang muffin. Namun mufin kali ini sedikit berbeda karena akan kita tambah kan kelapa.

Muffin

Muffin adalah salah satu ragam kuliner yang cukup populer. Kita sering menemuinya di kedai cake and bakery. Nah, tapi tahukan Anda dari mana kue ini berasal ?

Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan roti yang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi.

Cara makannya pun unik, harus disobek dulu dan diberi olesan mentega kemudian dipanggang lagi. Agar citarasanya lebih bervariasi, permukaannya diolesi dengan selai buah buatan sendiri. Bahan utama dari muffin yaitu tepung akan tetapi dapat diganti dengan tepung jagung.

Sejarah Muffin

Muffin berasal dari kata ‘moufflet’ yang merupakan bahasa Perancis kuno. Moufflet berarti lembut, sesuai dengan dengan tekstur muffin yang lebih lunak dari pada roti pada umumnya. Kata ‘muffin’ diperkenalkan pada awal abad ke-18. Sedangkan resepnya mulai dikenal luas pada pertengahan abad tersebut. Sebenarnya, ada kebingungan membedakan antara muffin dan crumpets (kue tanpa pemanis). Muffin digunakan untuk mengacu pada produk turunan roti sedangkan crumpets mengarah pada pancake. Di Inggris nama muffin belum diketahui asal usulnya namun ada kemungkinan berasal dari kata low german muffe yang berarti kue. Kata tersebut dipublikasikan di Inggris pada tahun 1703.

Pada abad ke-19, muffin mulai populer dan menjadi hidangan saat minum teh. Di Inggris, tradisi ini sering disebut sebagai afternoon tea. Muffin disajikan sebagai kudapan utama pendamping teh hangat. Itu sebabnya kue ini pun dikenal dengan nama ‘tea cakes’. Makanan yang dibuat dengan menggunakan adonan ragi itu sangat nikmat jika disantap saat musim dingin. Saat era Victoria, muffin dijajakan oleh penjual kue jalanan. Muffin diletakkan ke dalam baki makanan yang berada di atas kepala mereka. Para penjual ini juga membunyikan bel tangan untuk memanggil calon pelanggan.

Saat berlibur ke Inggris Anda bisa merasakan lezatnya muffin di beberapa toko yang khusus menjual kue jenis ini. Kedai yang bisa Anda datangi adalah Ben’s Cookies, Brownie Box dan The Muffin Man Tea Shop. Ben’s Cookies berada di 12 Kensington Arcade, Kensington High Street, London. Sedangkan Brownie Box terletak di 247 Old Brompton Road, Earls Court, London. Sementara itu, The Muffin Man Tea Shop ada di 12 Wrights Lane London. Agar Anda lebih mudah menemukan tempat tersebut dibawah ini peta lokasinya

Bahan-bahan membuat resep muffin kelapa parut :

  • 1 btr telur uk besar
  • 1/2 sdt sp
  • 5 sdm munjung gula
  • 5 sdm munjung terigu
  • 1/2 sdt bp
  • 1/2 sachet skm putih
  • 1/4 sdt vanili
  • sedikit garam
  • 50 ml minyak
  • 1/4 btr kelapa parut

Cara membuat resep muffin kelapa parut :

  • Mixer telur,gula,garam,vanili dan sp hingga berjejak kaku,kemudian masukkan terigu,garam dan bp aduk2 dengan spatula.
  • Tambahkan kelapa parut,skm dan minyak,aduk2 rata,siapkan papercup atau cetakan muffin,isi adonan 1 sdm ratakan,lakukan hinhga adonan habis.
  • Oven selama 35 mnt dengan api sedang,hingga muffin berubah warna kuning keemasan,angkat dan sajikan bersama teh hangat,selamat mencoba.