Resep Mie Tek Tek Goreng Yang Sangat Menggugah Selera

Resep Mie Tek Tek Goreng Yang Sangat Menggugah Selera – Salah satu olahan yang sangat diminati oleh orang indonesia adalah mie apalagi mie tek tek.

Mie tek-tek atau mie dok-dok ini biasanya dijajakan pada saat malam hari oleh pedagang yang berkeliling daerah.

Dengan menggunakan wajan penggorengan yang dipukul sehingga menimbulkan bunyi “tek-tek” mereka memberitahu para pelanggannya jika mereka datang.

Rasanya yang gurih dan penuh dengan cita rasa menjadi hal yang dinanti para pecintanya.

Campuran dalam mie tek-tek goreng ini sangat mudah dan fleksibel untuk dimodifikasi sehinga sangat mungkin disesuaikan dengan selera anda masing-masing.

Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dan menyajikannya untuk keluarga anda atau orang-orang terdekat anda.

Maka berikut ini kami sajikan resep dan cara membuat mie tek-tek goreng yang mantap yang bisa anda aplikasikan dengan mudah di dapur anda masing-masing.

Tertarik untuk mencobanya? Simak resepnya berikut ini.

Resep Mie Tek Tek Goreng Yang Sangat Menggugah Selera

Waktu Memasak

  • Persiapan :20 menit
  • Memasak: 35 menit
  • Total: 55 menit
  • Jumlah Porsi 2 Porsi

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Resep Mie Tek Tek Goreng Yang Sangat Menggugah Selera

Bahan Utama :

  • 150 gram udang segar kupas bagian kulitnya
  • 3 lembar kol yang diiris kasar
  • 100 gram sawi hijau rajang kasar
  • 5 butir baso sapi ukuran sedang yang diiris tipis
  • 1 batang bawang daun polong rajang halus
  • 200 gram mie telur kering
  • 2 butir telur ayam
  • Kecap manis secukupnya
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 butir bawang merah
  • 2 butir kemiri yang telah disangrai

Bahan Pelengkap:

  • Bawang goreng secukupnya

Cara Mudah Membuat Mie Tek-Tek Goreng yang Mantap

  1. Haluskan bumbu yang berupa bawang putihnya, bawang merah, dan juga kemiri yang sebelumnya telah kita sangrai dengan blender atau juga ulekan (sesuaikan selera)
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak, kemudian masukan bumbu halus dan tumis hingga tercium aroma harum dari tumisan anda.
  3. Setelah tercium aroma harum dari masakan anda, masukan telur kemudian orak arik.
  4. Tambahkan udang dan baso sapi ke dalam tumisan, dan aduk kembali hingga semua bahan merata.
  5. Masukan kol dan sawi yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan anda, hingga sedikit layu.
  6. Tambahkan mienya yang telah anda rebus dahulu kemudian masukan garam dan juga penyedap rasanya, serta kecap manis.
  7. Aduk semua bahan tadi hingga tercampur merata dan juga matang dengan sempurna. Setelah dirasa benar-benar matang, kemudian matikan api.
  8. Siapkan piring sajinya, kemudian tuangkan mie tek-tek tadi ke atas piring sajinya.
  9. Berikan sedikit atau banyak(sesuai selera) taburan bawang goreng untuk menambah kelezatan dan mempercantik dari mie anda.
  10. Mie tek tek siap untuk dinikmati

Demikian resep dan cara membuat mie tek-tek goreng yang mantap.

Resep ini sangat mudah untuk anda aplikasikan di rumah masing-masing, isi dan bahan-bahan pelengkap bisa anda kreasikan kembali dengan menggunakan bahan lainnya sesuai dengan selera masing-masing.

Lezat dan gurihnya ras mie tek-tek ini bisa menjadi menu andalan baru bagi anda dan keluarga anda. selamat memcoba resep mie goreng tek-tek yang mantap ini.

Sejarah Mie

Sejarah dari Mie Doc, Makanan berbentuk adonan yang tipis panjang yang telah digulung, dikeringkan dan kemudian dimasak dalam air mendidih ini merupakan salah satu makanan yang popular di kawasan Asia.

Mie dapat diperkirakan telah ada sejak 4.000 tahun lalu. Namun sejarah asal usul mie ini masih simpang siur.  Bangsa Italia, Cina dan juga Arab masing-masing mengklaim sebagai pencipta dari mie ini.

Menurut sejarah, bahwa mie pertama dibuat di daratan Cina pada saat zaman Dinasti Han pada tahun 25-200 AD. Mie kemudian berkembang ke negara-negara Asia Tenggara terdekatnya seperti Jepang, Korea dan Taiwan.

Tak berhenti sampai di situ saja, setelah Marco Polo berkunjung ke dataran Cina, ia membawa mie pulang ke Eropa negaranya sebagai oleh-oleh.

Pada perkembangannya, mie yang dibawa oleh Marco Polo ke Eropa ini berubah menjadi pasta seperti yang kita ketahui saat ini.

Bagi bangsa Cina, mie adalah sebuah simbol dari kehidupan yang panjang. Bentuknya yang panjang dan tidak mudah putus adalah gambaran dari harapan umur panjang.

Karenanya mie sering dijadikan sajian yang wajib pada acara ulang tahun ataupun tahun baru, sebagai lambang umur yang panjang. Mie digunakan sebagai pengganti dari kue ulang tahun di negara China.

Lain halnya dengan China, Jepang menjadikan mie ini sebagai teman minum teh harian yang cocok. Tradisi minum teh di Jepang telah menjadi sebuah seni tersendiri bagi bangsa itu.

Upacara minum teh dan juga membuat mie sudah menjadi bagian dari budaya di Jepang. Mie bahkan menjadi hal penting di Jepang setelah Perang Dunia II berakhir.

Pasokan makanan yang sangat sedikit ini membuat mie jadi primadona sebagai pengganjal dari perut masyarakat Jepang pada saat itu. SEJARAH MIE.

Sekian informasi tentang : Resep Mie Tek Tek Goreng Yang Sangat Menggugah Selera. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : Resep Mie Tek Tek Kuah Jawa Yang Sederhana Dan Menyehatkan