Resep Mangut Lele Bumbu Kuning

Nah pada kali ini kita akan mengulas tentang sebuah Resep Mangut Lele Bumbu Kuning nih temen-temen.
Jadi mari cepat-cepat kita simak pembahasan kali ini tentang Resep Mangut Lele Bumbu Kuning.

Sebelum saya memulai pembahasan pada kali ini apakah teman-teman tau apa itu mangut lele?

Mangut lele adalah menu khas dari daerah “Mataraman”. Sangat sesuai dengan namanya, komposisi utamanya adalah lele goreng, yang diberi bumbu mangut.

Pada saat saya menyantap mangut lele atau lebih familiar disebut Urip-Urip di daerah asal saya, Cangkringan, Sleman pernah menjadi bahasa kasih sayang dari mbah putri kepada saya.

Masih lekat dalam ingatan, selepas pulang sekolah dari SD dulu, mbah putri terkadang menyediakan Mangut Lele untuk menemani nasi putih pulen nan hangat dan segarnya lalapan yang dipetik langsung dari pekarangan rumah sebagai santap siang saya.

Harus diakui kalau masakan ini sukses membius lidah saya. Hingga sekarang, pengalaman ini pun masih membekas di otak.

Ya jadi seperti itu temen-temen sedikit penjelasan tentang masakan mangut lele dan sedikit penjelasan pengalaman saya terhadap makanan mangut lele sebelum kita memulai pembahasan inti yaitu cara membuat mangut lele.

Kalo begitu saat ini kita tidak perlu berlama-lama lagi dan langsung kita mulai saja pembahasannya. Berikut ini resep lezat cara membuat mangut lele.

Resep Mangut Lele Bumbu Kuning

Bahan-bahan Mangut Lele

  1. 1 Kg Lele ukuran sedang
  2. 500 ml air
  3. 1/2 butir kelapa untuk santan

Bumbu Halus Mangut Lele

  1. 6 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 1 ruas jari kunyit
  4. jahe 1 ruas jari
  5. 5 butir kemiri
  6. cabai rawit 5 buah
  7. 5 buah cabai merah​ keriting

Bahan Pelengkap Mangut Lele

  1. 3 lembar daun jeruk
  2. 1 batang serai geprek
  3. jeruk nipis 1 buah
  4. secukupnya gula merah
  5. garam secukupnya
  6. secukupnya ketumbar
  7. penyedap secukupnya
  8. secukupnya merica

Cara Membuat Resep Mangut Lele Bumbu Kuning

  1. Cuci bersih ikan lele, dan sayat-sayat
  2. Marinasi dengan jeruk nipis merica garam. Tunggu 15 menit
  3. Lele bisa dibakar, atau diasap. Kalau saya digoreng hingga agak kering
  4. Tumis bumbu halus, tambahkan gula merah, garam, penyedap, ketumbar, serai, daun jeruk. Tumis hingga harum
  5. Tambahkan air, dan masukkan ikan lele goreng, masak hingga air agak menyusut
  6. Tambahkan santan, koreksi rasa. Masak sampai mendidih.
  7. Taburi bawang goreng

Resep Mangut Lele Bumbu Kuning Pedas

Bahan Dan Bumbu Mangut Lele Bumbu Kuning Pedas

  1. 1 kg ikan lele
  2. jeruk nipis 1 buah
  3. 2 buah serai digeprek
  4. 3 cm lengkuas digeprek
  5. jahe 3 cm
  6. 2 lembar daun salam
  7. daun jeruk 2 lembar
  8. 1 buah cabe merah besar dipotong-potong 2 cm
  9. gula merah 1 sendok makan
  10. 1 bungkus (65 ml) santan kara
  11. 500 ml air
  12. 1 sdt garam atau secukupnya
  13. kaldu bubuk atau penyedap 1/2 sendok teh
  14. minyak goreng
  15. Haluskan :
  16. 6 butir bawang merah
  17. 3 siung bawang putih
  18. 5 butir kemiri sangrai
  19. ketumbar 1 sendok makan
  20. 1 jari kunyit
  21. 2 cm kencur
  22. cabe merah keriting 2 buah
  23. 5 buah cabe rawit merah setan

Cara Membuat Mangut Lele Bumbu Kuning Pedas

  1. Bersihkan ikan termasuk bagian dalam ikan (isi perut), dan cuci bersih, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis, dan garam secukupmya sekitar 15 menit.
  2. Goreng ikan hingga matang, angkat dan tiriskan lalu sisihkan.
  3. Tumis bumbu-bumbu halus, jahe, cabe merah, serai, daun salam, lengkuas dan daun jeruk hingga harum.
  4. Tuang air serta masukkan garam, kaldu bubuk dan gula merah, aduk rata.
  5. Tambahkan santan dan aduk-aduk supaya santan tidak pecah, setelah mendidih masukkan ikan lele yang sudah digoreng tadi.
  6. Aduk-aduk terus dengan rata dan tunggu sampai matang sekitar 5 menit hingga bumbu menyerap, matikan api dan siap untuk disajikan.

Manfaat Ikan Lele Bangi Kesehaan

Berikut ini adalah manfaaat ikan lele bagi kesehatan tubuh.

1. Rendah Kalori Dan Lemak

Dalam 100 gram porsi ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak.

Meski rendah kalori dan lemak, penting bagi kalian untuk memperhatikan porsi makan sekaligus cara mengolahnya. Agar kadar kalori, kolestrol, dan lemak dalam ikan lele tidak meningkat.

Kalian bisa mencegah hal tersebut dengan menghindari cara mengolah ikan lele dengan cara digoreng. Sebagai cara memasak alternatif cobalah memasak dengan cara dikukus, direbus (dijadikan sup), dipanggangn atau dibakar. Selain itu, ada baiknya kalian memvariasikan pilihan lauk pauk kalian setiap hari. Semakin bervariasi, semakin kaya dan seimbang pula asupan nutrisi bagi tubuh keluarga kalian.

2. Sumber Protein-nya Lengkap

Ikan lele mengandung protein sebanyak 15,6 gram dalam setiap satu ekor ikan lele sehingga dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh kalian. Protein berkualitas tinggi tersebut membantu tubuh kalian membangun massa otot tanpa lemak. Tidak hanya itu, kandungan protein dalam ikan lele juga membantu meningkatkan efektivitas fungsi kekebalan tubuh kalian.

Jika kalian ingin mencoba makanan yang berprotein tinggi contoh nya seperti sayur brongkossayur tahu santansayur santan, dan sebagainya untuk meningkatkan masa otot agar lebih cepat berkembang.

3. Sumber Vitamin B-12

Ikan lele memiliki kadar vitamin B-12 yang sangat tinggi. Satu ekor ikan lele sudah diketahui memiliki 40% asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan setiap hari. Sebagai bagian dari vitamin B, vitamin B-12 pada ikan lele sangat penting untuk membantu memecah makanan yang kalian konsumsi sebagai energi. Bukan hanya itu vitamin yang ikut larut dalam air juga berperan penting untuk fungsi otak, sistem saraf, dan pembentukan darah.

4. Rendah Merkuri

Hampir semua ikan mengandung merkuri. Merkuri ialah sejenis logam berat hasil buangan dari limbah rumah tanggga dan pabrik. Di dalam air, merkuri berubah menjadi zat yang disebut dengan metilmerkuri yang berikatan dengan protein dalam otot ikan.

Jika kalian mengonsumsi ikan atau makanan laut lainnya yang mengandung merkuri, maka kandungan merkuri dalam daging ikan akan masuk ke dalam tubuh kalian. Merkuri yang menumpuk dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti keracunan merkuri sampai kerusakan saraf, terutama pada bayi dan anak-anak.

Untung ada kabar baiknya Environmental Protection Agency menetapkan ikan lele sebagai salah satu ikan yang paling banyak dikonsumsi dan rendah merkuri.

Meski demikian, membatasi konsumsi ikan lele dianjurkan untuk mengurangi risiko kalian terkena paparan merkuri. Terutama apabila kalian sedang hamil, karena kadar merkuri yang tinggi dapat membahayakan janin kalian. Biasa-nya, ikan lele aman untuk dikonsumsi sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Mengandung Asam Lemak Sehat

Rutin makan ikan lele bisa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam tubuh. Hal ini terjaadi karena satu ekor ikan lele memiliki 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 mg asam lemak omega-6. Kedua nutrisi ini sangat berperan dalamfungsi kognitif dan kesehatan jantung.

Meski demikian, penelitian mengungkap, asam omega 6 dapat memengaruhi proses pembekuan darah dan rentan terhadap proses oksidasi. Karena hal tersebut asam omega 6 dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah.

Oleh karena itu untuk mengambil manfaat ikan lele sekaligus menekan risikonya, sebaik-nya batasi mengkonsumsi ikan lele dengan sewajarnya saja.

Resep serupa juga telah kita buat pada postingan sebelumnya yaitu mengenai resep lontong sayur pakis padang.

Sekian informasi yang bisa infopeluangusaharumahan bagikan pada kalian tentang Resep Lele Mangut, semoga bermanfaat bagi kita semua.