Resep Kue Tepung Kelapa Keto

Resep Kue Tepung Kelapa Keto adalah resep asli Indonesia yang sampai saat ini masih terjaga keasliannya, dan rasanya juga dari dulu sampai sekarang tetap nikmat.

Resep Kue Tepung Kelapa Keto Rumahan

Tentu-nya untuk membuat sebuah kue kelapa di perlukan bahan-bahan yang pas takaran agar rasa yang di hasilkan tetap nikmat, dan berikut ini adalah bahan-bahan yang di perlukan sesuai Resep Kue Tepung Kelapa Keto.

Bahan-bahan Resep Kue Tepung Kelapa Keto:

  1. 100 gram kelapa parut kering,kira kira 2 cup
  2. 227 gram unsalted butter
  3. 125 gram all purpose flour
  4. 25 gram maizena
  5. 25 gram susu bubuk
  6. 1 sendok vanila
  7. 125 gula halus

Setelah bahan-bahan diatas sudah di siapkan mari kita masuk pada tahap selanjut-nya, berikut inilah langkah-langkah membuat kue kelapa.

Langkah-langkah Resep Kue Tepung Kelapa Keto Rumahan

  1. Aduk butter dan gula di dalam mangkut menggunakan spatula hingga rata.
  2. Masukan vanila lalu aduk kembali dan masukan kelapa parut kering.
  3. Masukkan campuran tepung, maizena dan susu lalu aduk perlahan lahan dengan spatula. Bentuk adonan menyerupai nastar tetapi lebih lengket. Selama membuatnya hindari menggunakan tangan untuk menyentuh adonan.
  4. Setelah itu bagi dua adonan lalu pindahkan ke meja yang dialasi plastik wrap, bentuk bulat memanjang seperti lontong, lalu bungkus dengan plastik wrap karena adonan akan menjadi sangat lembek.
  5. Lakukan hal sama dengan adonan yang lain, kemudian simpan dalam freezer selama 40 menit.
  6. Setelah 40 menit, keluarkan salah satu adonan dari freezer, lalu potong dengan ketebalan 1 cm, tata di loyang yang sudah dilapisi baking paper, lalu panggang sampai matang.
  7. Jika batch kue pertama matang, keluarkan batch kedua dan ulangi proses mengiris adonan. Jangan biarkan adonan menunggu di luar loyang karena mentega akan meleleh dan kue menjadi keras.
  8. Biarkan dingin,lalu hias dengan white coklat cair.
  9. Jika kalian tidak suka white coco. Bisa kalian ganti dengan yang lain ya atau dibiarkan plain juga enak.

Ada yang tidak kalah penting selain langkah-langkah di atas dalam Resep Kue Tepung Kelapa Keto yaitu tips-tips nya agar kue yang kalian buat bisa seenak yang di harapkan, dan berikut ini adalah tips-tips yang harus kalian ikuti.

Tips Resep Kue Tepung Kelapa Keto Rumahan

  1. Dari pada kalian membeli kelapa kering dalam kemasan, lebih baik kalian buat sendiri karena bahan bakunya mudah di dapatkan dan mudah untuk di buat.
  2. Untuk membuatnya saya menaburkan kelapa pada loyang kue kering, lalu oven hingga kering dengan suhu 160 derajat, dan aduk sesekali agar matang-nya merata.
  3. Meski dengan susah payah, tapi semua itu terbayar dengan rasanya yang sangat gurih dan nikmat.
  4. Tepung terigu yang saya gunakan adalah all purpose flour atau tepung protein sedang seperti segitiga biru.
  5. Jika kalian menggunakan tepung protein rendah misalnya terigu kunci, maka penggunaan maizena bisa kalian hilangkan, dan ganti seluruh tepung dengan terigu kunci.
  6. Pemakaian butter sebaiknya jangan diganti atau di campur dengan margarin agar tekstur kue sama seperti yang saya buat kali ini.

Syarat-syarat Kue Bermutu.

  1. Air maks 5%,
  2. Protein min 9%,
  3. Karbohidrat min 70%,
  4. Abu maks 1,6 %,
  5. Serat maks 0,5 %,
  6. Kalori min 40 kkl/ 100 gr,
  7. Logam berbahaya tidak ada,
  8. Bau, rasa, warna normal,
  9. Bahan – persyaratan-nya adalah seperti aromannya sedap, mampu menghasilkan tekstur yang baik serta tidak menghasilkan reaksi pencoklatan yang tidak diinginkan.

Kue adalah salah satu jenis produk pangan hasil pemanggangan yang dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, dengan kadar air kurang dari 5%.

Biasanya formulasi biscuit diperkaya dengan bahan-bahan tambahan seperti lemak, gula (ataupun garam) serta bahan pengembang.

Kue terdapat berbagai macam jenis-nya, terutama dapat dibedakan atas keseimbangan yang ada antara bahan utama tepung, gula, lemak, dan telur. Kemudian juga bahan tambahan seperti coklat, buah-buahan, dan rempah-rempah yang memiliki pengaruh besar terhadap cita rasa-nya.

Menurut pendapat Wallington (1993), sifat masing-masing kue berbeda dan ditentukan oleh jenis tepung yang digunakan, proporsi gula dan lemak, kondisi dari bahan-bahan tersebut pada saat ditambahkan dalam campuran (missal ukuran kristal), metode pencampuran (batch, kontinyu, kriming, pencampuran satu tahap), penanganan adonan dan metode pemanggangan.

Kualitas kue bermutu dan tidak-nya selain ditentukan oleh nilai gizinya tetapi di tentukan juga dari warna, aroma, cita rasa, dan kerenyahannya.

Kerenyahan merupakan karakteristik mutu yang sangat diprioritaskan untuk diterimanya produk kering. Faktor kerenyahan salah satu-nya ditentukan oleh kandungan protein dalam bentuk gluten tepung yang digunakan.

Setelah ulasan-ulasan diatas kalian baca selanjut-nya kalian harus mengetahui manfaat kelapa, kenapa kalian harus mengetahui-nya?, karena agar kalian paham begitu penting-nya kesehatan bagi tubuh kita. Dan berikut ini adalah ulasan manfaat kelapa.

Manfaat Kelapa

Para konsumen di Indonesia banyak yang menyukai kelapa, hal tersebut dapat di lihat dimana sebagian besar restoran dan rumah makan banyak yang menyediakan minuman yang dibuat dari kelapa.

Mengkonsumsi buah kelapa akan semakin meningkat selama bulan puasa dan hari Raya. Banyak konsumen dari Indonesia menyukai minuman buah kelapa saat berbuka atau setelah makan malam.

Buah kelapa tidak hanya di konsumsi dalam bentuk buah segar, tapi banya juga dalam bentuklain seperti santan dan kelapa parutan.

Santan pada umum-nya dikonsumsi secara tidak langsung, karena santan menjadi bahan baku dalam beragam masakan, tetapi santan juga sering dikonsumsi langsung dengan makanan atau minumal lain seperti minuman cendol dan dawet.

Parutan kelapa sertidak dikonsumsi semata wayang, tetapi dikonsumsi bersama makanan lain seperti dalam bentuk isian sebuah kudapan, taburan kudapan, atau campuran adonan sebuah kudapan misanya ongol-ongol atau kue putu.

Parutan kelapa juga sering digunakan sebagai isian dari produk bakery seperti roti isi kelapa. Beberapa produk kue juga menambahkan kelapa sebagai bahan bakunya sehingga menyebutnya sebagai kue rasa kelapa.

Untuk manfaat air kelapa sudah di bahas di artikel sebelum-nya jika kalian belum membaca-nya silahkan baca terbidahulu.

Pohon ini adalah tanaman ajaib bagi manusia karena semua bagian dari tanaman kelapa dapat dimanfaatkan oleh manusia. Tumbuhan ini adalah salah satu jenis tanaman yang banyak dimanfaatkan semua bagian-nya oleh manusia.

Manfaat Dari Pohon Kelapa

  1. Manfaat Daun Kelapa

Daun kelapa dapat dibuat berbagai macam kerajinan tangan dan pembungkus makanan, misalnya kerajinan bingkai lemari, hiasan janur pada saat pernikahan, keranjang sampah, sapu lidi, sarang ketupat, tatakan, dan tempat buah.

Sementara pucuk daun-nya dapat kita buat makanan, contohnya asinan. Lalu manggar atau pangkal pelepah-nya dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula kelapa.

Sedangkan pelepah kering-nya dapat kita jadikan kipas, sandal, tas tangan, dan topi.

  1. Batang Pohon Kelapa

Batang pohon kelapa dapat kita jadikan sebagai perabotan rumah tangga. Misalnya meja, kursi, bingkai lukisan, dan lain-lain. selain itu batang pohon kelapa sering dijadikan bahan dasar bangunan rumah, seperti genteng, papan, dan lain-lain.

  1. Buah Kelapa

Buah kelapa mempunyai beberapa bagian yaitu mulai dari kulit luar, sabut kelapa, tempurung kelapa, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan bakal buah.

Bagian-bagian itu semuanya dapat kita manfaatkan, contoh-nya saja pada ulasan kali ini kita membahas Resep Kue Tepung Kelapa Keto, tentu-nya masih banyak manfaat yang lainnya seperti dibuat klapertart dan lain-lain.

  1. Akar Kelapa

Akar kelapa pun mempunyai banyak manfaat, seperti dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. Dan bahkan bisa dijadikan obat-obatan (dalam ukuran atau dosis tertentu).

Tepung ini juga dapat kita gunakan sebagai bahan kue kelapa basah yang bikin ketagihan.

Demikian dari infopeluangusaharumahan semoga apa yang di sampaikan dapat bermanfaat bagi Anda.