Resep Kue Kering Kelapa Sangrai Yang Mudah Di Buat

Resep kue kering kelapa sangrai yang akan saya bahas di bawah merupakan resep kue yang cocok untuk camilan dan suguhan saat lebaran. Dan juga kue kering kelapa sangrai ini merupakan resep yang sangat mudah dipraktekan di dapur sendiri dan tidak begitu rumit membuatnya.

Pada artikel sebelumnya kita juga sudah membahas tentang resep kue kelapa sangrai. Dan kali ini kita akan membahas nya lagi lebih dalam.

resep ini juga bagus untuk camilan anak-anak karena rasanya yang tidak terlalu manis tapi tetap enak dan menggugah selerea. Rasa gurih dari kelapa pun menambah cita rasa dari kue ini. Bisa di jadikan alternatif suguhan saat acara tertentu. Dan bisa juga dijadikan suguhan tamu.

Dalam pembuatan kue kering kelapa sangrai ini bisa di tambahkan topping sesui selera kalian sendiri. Kue kering kelapa sangrai ini bisa kalian kreasikan dengan bermacam-macam makanan lain juga.

Mungkin makanan ini akan jadi makanan kegemaran anak-anak jika anda bisa mengkreasikan nya dan manfaat kue ini juga sangat baik untuk anak-anak karena mengandung kelapa. Tidak hanya untuk anak-anak untuk orang dewasa pun memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan.

Kelapa sangrai juga biasa di buat menjadi olahan makanan lain seperti serundeng dan biasa dibuat sambal kelapa untuk campuran sayur dalam pecel. Sambal kelapa biasanya dijadikan penyedap dan sebagai penambah rasa pedas dalam makanan biasanya.

Untuk serundeng sendiri kalian mungkin sendiri sudah pernah dengar ataupun mencicipi nya. Rasanya yang manis dan gurih dari kelapa membuat makanan menjadi terasa lebih sedap dan tambahan bumbu-bumbunya yang aneka ragam.

CARA MEMBUAT KUE KERING KELAPA SANGRAI :

BAHAN MEMBUAT KUE KERING KELAPA SANGRAI :

  1. 500 gram tepung terigu
  2. 250 gram mentega
  3. 250 gram gula bubuk
  4. 1/2 dari 1kelapa, parut lalu sangrai
  5. 2 kuning telur
  6. 1/4 sdt vanilla essence cair

LANGKAH MEMBUAT KUE KERING KELAPA SANGRAI :

  1. Campurkan semua bahan hingga teruleni.
  2. Siapkan loyang, olesi merata dgn mentega, bentuk bulat bulat adonan.
  3. Pipihkan dgn garpu.
  4. Panggang dgn temperature sedang hingga kering.
  5. Angkat, angin angin, simpan d toples yg tertutup rapat simpan buat lebaran.

TIPS MEMBUAT KELAPA SANGRAI :

Kelapa sangrai punya banyak manfaat untuk masakan. Diantaranya memberi rasa gurih dan harum aroma kelapa yang ​wangi​. Meski membuatnya tak sulit, namun ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar hasil kelapa sangrai ​renyah kering​.

Membuat olahan kelapa sangrai seperti serundeng terkadang rasanya kurang enak. Bisa jadi hasilnya terlalu kering atau justru gosong. Agar kelapa sangrai bercitarasa garing enak, perhatikan cara pembuatannya berikut ini.

1.KELAPA

Untuk kelapa sangrai, pilih kelapa yang sedang tuanya. Kelapa tidak terlalu lembek dan bertekstur agak sedikit keras. Lebih baik gunakan jenis kelapa yang merah supaya hasil kelapa sangrai lebih menarik.

2.MEMBERSIHKAN KELAPA

Kupas bersih kelapa, bilas dengan air sampai lendir bagian dalam larut. Tiriskan kelapa. Parut kelapa menggunakan parutan yang tajam dengan arah vertikal supaya seratnya memanjang.

3.PEMAKAIAN BUMBU

Untuk membuat olahan kelapa sangrai seperti serundeng, perlu ditambahkan berbagai bumbu agar rasanya enak. Buat bumbu halus dari bawang putih, cabai merah, ketumbar, garam dan gula merah sisir. Lalu tambahkan daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Campur kelapa parut dengan bumbu.

4.MENYANGRAI KELAPA

Untuk menyangrai kelapa, siapkan wajan besi di atas api sedang. Masukkan campuran kelapa parut dan bumbu ke dalam wajan. Aduk terus sampai kelapa mengering dan harum.

Sebaiknya pengadukan tidak berhenti dilakukan supaya warna kelapa kuning kecokelatan merata. Bila terlalu panas, kecilkan api. Namun jangan pernah memakai api besar yang bisa membuat kelapa mudah hangus.

Setelah kelapa sangrai untuk serundeng sudah kering, angkat dan dinginkan. Kelapa sangrai juga dapat ditumbuk hingga halus berminyak yang dikenal dengan poyah. Olahan ini memberi rasa gurih dan aroma harum pada masakan.