Resep Kue Jongkong Surabaya Mudah dan Nikmat

Resep Kue Jongkong Surabaya- kue ini sangat banyak kita temui di pasar tradisional sulit dicari di toko karena kue ini kebanyakan dijual di pasar tradisional saja. mudah kita jumpai pada saat bulan puasa sebagai hidangan berbuka.

Jenis kue jongkong ini terbuat dari bahan dasar yang mudah dicari, yaitu dari campuran tepung tapioka dan tepung beras,. Dan kue ini rata-rata memiliki tiga warna, yaitu putih pada bagian atas, hijau pada bagian tengah, dan coklat pada bagian bawah.

Kue jongkong ada beberapa jenis diantaranya jongkong yang dibuat seperti bubur sum sum, jongkong lapis dan jongkong ketan hitam. Bagi anda yang ingin membuat kue jongkong enak dan lezat Resep membuat jongkong cukup mudah. Cobain yuk pasti enak.

Resep Kue Jongkong Surabaya

resep kue jongkong

Bahan Bahan yang Dibutuhkan

  • Tepung beras sebanyak 500 gram.
  • 1.5 liter santan yang diambil dari perasan buah kelapa supaya rasanya lebih gurih dan tercium aroma khasnya. Kalau tidak ada bisa juga memakai santan instan yang banyak dijual di toko. Rebus santan terlebih dahulu sampai matang.
  • Air merang untuk memberikan warna gelapnya yang diambil dari 10 sendok merang yang sudah diayak sebelumnya dan 50 ml air bersih dicampur menjadi satu lalu diaduk dan disaring supaya tidak ada kotoran yang ikut terbawa.
  • 50 ml air suji yang berasal dari perasan 20 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan segar untuk memberikan warna hijau muda pada kue lapis jongkong.
  • Gula pasir putih kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200 gram saja.
  • Air kapur sirih kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  • Kelapa parut kasar sebanyak kurang lebih 200 gram untuk bahan taburan resep kue jongkong, kukus kelapa parutnya terlebih dahulu sampai matang sebelum digunakan.
  • Garam dapur beryodium secukupnya.

Cara Membuat Resep Kue Jongkong Enak Praktis

  1. Ambil satu wadah agak besar untuk adonan utamanya. Setelah itu masukkan 500 gram tepung beras, garam, dan gula pasir yang sudah dipersiapkansebelumnya, lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Setelah itu masukkan air kapur sirihnya lalu aduk aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Masukkan 1.5 liter santannya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk aduk supaya tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan. Ulangi sampai semua santan sudh dituangkan dan tercampur rata. Setelah itu bagi adonan menjadi 2 bagian dengan sama rata.
  4. Adonan yang pertama beri air suji untuk warna hijau. Aduk dengan adonannya sampai benar benar tercampur rata.
  5. Masukkan air merang ke dalam adonan yang kedua, lalu aduk hingga semua bagian dan warnanya tercampur rata.
  6. Siapkan kukusan dan loyang yang akan digunakan. Untuk ukuran loyangnya tergantung dengan dengan besar atau kecilnya kue yang akan dibuat, tetapi jangan lupa diolesi dengan sedikit minyak atau mentega agar tidak lengket.
  7. Ambil satu bagian adonan (secukupnya saja dan usahakan jangan terlalu tebal) dan tuang di atas loyang.
  8. Masukkan didalam kukusan dan masak kurang lebih 5-7 menit.
  9. Ambil satu bagian adonan yang lain dan tuang diatas lapisan pertama lalu masak lagi selama 5-7 menit.
  10. Tuang adonan lainnya lalu masak lagi. Ulangi sampai semua adonan habis lalu masak lagi sampai kue basahnya benar benar matang (kurang lebih sekitar 25-30 menit).
  11. Angkat dan dinginkan kue jongkongnya sampai benar benar dingin terlebih dahulu sebelum dipotong potong dan disajikan lalu taburi dengan parutan kelapa yang sudah dikukus terlebih dahulu

Manfaat Air Kelapa Tua

1. Menghilangkan Jerawat

Masalah kulit ini merupakan salah satu masalah kulit yang paling menyebalkan bagi setiap orang. Jerawat membuat wajah menjadi tidak enak dipandang serta timbul rasa sakit. Jerawat timbul karena pori-pori yang tersumbat sehingga menyebabkan kantung nanah.

Pori-pori tersebut tersumbat oleh debu dan minyak serta masalah hormonal. Untuk mencegah ataupun mengobati masalah jerawat, kita dapat menggunakan air kelapa tua. Dengan meminumnya, diharapkan masalah jerawat dapat hilang.

2. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Racun dalam tubuh dapat disebabkan oleh makanan dan minuman ataupun lingkungan. Meskipun racun-racun tersebut dapat dinetralisir oleh ginjal, bukan berarti kita tidak perlu peduli terhadap racun-racun tersebut. Semakin banyak  racun di dalam tubuh, maka tubuhpun tidak sanggup menanganinya.

Akibatnya bisa muncul berbagai masalah penyakit. Untuk membantu tubuh dalam menghilangkan racun, kita bisa meminum air kelapa tua. Dengan meminum air kelapa tua, diharapkan racun dalam tubuh dapat hilang.

3. Mengobati Demam

Demam merupakan salah satu penyakit yang umum dijumpai. Demam dapat terjadi karena virus, bakteri, kelelahan, cuaca yang tidak menentu,  dan masalah lain dalam tubuh. Penyakit Demam tersebut dapat diatasi dengan meminum air kelapa tua. Dengan meminum air kelapa tua, diharapkan sakit demam yang dialami dapa segera sembuh

4. Mengobati Masalah Usus

Usus merupakan bagian tubuh yang paling penting, terutama dalam proses mencerna makanan. Usus bertugas menyerap zat dan sari-sari makanan  apabila usus mengalami masalah, maka tubuh juga akan mengalami masalah. Untuk mengatasi masalah usus, kita dapat meminum air kelapa tua untuk mengobati masalah usus.

5. Menghilangkan Dehidrasi

Salah satu manfaat yang paling menonjol dari meminum air kelapa tua adalah menghilangkan dehidrasi. Kebanyakan orang mengkonsumsi kelapa untuk menghilangkan dehidrasi terutama saat cuaca panas.

Dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh karena banyaknya kegiatan atau aktivitas yang menguras tenaga. Dehidrasi juga bisa terjadi karena berada di tempat panas sehingga mengeluarkan cukup banyak keringat.

6. Mengobati Luka Pada Wajah

Luka pada wajah dapat memengaruhi penampilan. Bahkan setelah kering-pun, bekas luka pada wajah juga sulit hilang. Luka pada wajah yang membekas dapat dihilangkan dengan air kelapa tua. Cukup dengan membilas wajah dengan menggunakan air kelapa tua dan tempelkan daging pada bekas luka secara teratur, maka bekas luka akan hilang.

7. Mengobati Luka Bakar

Luka bakar dapat terjadi karena sinar matahari, terkena percikan api, maupun benda yang memiliki suhu permukaan yang tinggi. Luka akibat terkena benda panas dapat diobati menggunakan air kelapa tua.

Dengan membilas luka bakar dengan menggunakan air kelapa tua lalu tempelkan daging pada bekas luka secara teratur, maka bekas luka bakar akan segera hilang.

8. Membantu Diet

Air kelapa tua tidak memiliki senyawa kimia buatan. Air kelapa bersifat mengenyangkan, sehingga walaupun kita hanya mengonsumsinya sedikit, tetapi bisa membuat kita kenyang. Dengan begitu diet

9. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan asam laurat dan sitokin menyeimbangkan tingkat ph, dan menjaga jaringan kulit. Kandungan tersebut juga meminimalakan penuaan kulit dan menjaga jaringan kulit sehingga kulit menjadi tampak lebih muda.

10. Membeningkan Kulit

Kulit belang dan gelap dapat diatasi dengan air kelapa tua. Air kelapa tua mampu membuat wajah menjadi bersinar serta mengganti sel kulit mati sehingga membuat kulit sehat.

11. Mencegah Penyakit Gagal Jantung

Salah satu penyebab gagal jantung adalah kolesterol yang tinggi dan obesitas. Kolesterol yang tinggi dan obesitas disebabkan oleh kadar gula yang tinggi karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Penyakit tersebut membuat banyak orang ragu-ragu dalam mengkonsumsi makanan atau minuman manis karena mengandung gula.

Untuk dapat mengonsumsi makanan atau minuman manis tanpa perlu takut risiko obesitas, air kelapa bisa menjadi solusinya. Itu karena air kelapa bersifat mengenyangkan walaupun dikonsumsi sedikit.

12. Mengatasi Panas Dalam

Salah satu efek dari kurangnya cairan tubuh adalah panas dalam. Panas dalam membuat rasa panas ditenggorokan, sariawan, serta masalah lainnya. Panas dalam dapat dihilangkan dengan meminum air kelapa tua karena memiliki dua energi yaitu panas dan dingin yang seimbang.

13. Mengatasi Penyakit Kolera

Manfaat air kelapa tua yang lain yaitu menyembuhkan kolera. Kolera merupakan penyakit menular di saluran pencernaan yang disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae.  Bakteri vibrio cholerae ini biasanya masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi atau ikan yang tidak dimasak dengan benar terutama kerang.

Penyakit ini dapat berisiko kematian yang diakibatkan  oleh dehidrasi. Untuk mengatasi dan mencegah penyakit ini semakin besar, air kelapa tua dapat anda gunakan. Dengan mengkonsumsi secara rutin air kelapa tua, diharapkan penyakit kolera ini dapat disembuhkan.

Manfaat Air Kelapa Tua Untuk Konsumsi

1. Dikonsumsi Langsung

Walaupun kelapa muda lebih banyak dipakai dan memiliki rasa lebih manis dan segar, bukan berarti kelapa tua tidak layak konsumsi. Air kelapa tua memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dari air kelapa tua sehingga tidak ada salahnya mencoba meminum es kelapa tua.

2. Nata De Coco

Nata de coco merupakan hasil dari fermentasi air kelapa tua. Hidangan ini bertekstur kenyal seperti jeli berwarna putih. Nata de coco banyak digunakan dalam minuman seperti es buah. Terdapat banyak manfaaat dari mengkonsumsi nata de coco, antara lain: Memperlancar bab dan meningkatkan imunitas tubuh pada anak.