Resep Kroket Dari Tepung Terigu Yang Mudah Dibuat Dirumah

Kroket merupakan salah satu makanan kegemaran semua orang termasuk saya sendiri. Setiap kali main ke rumah yang dicari pasti kroket. Resep kroket dari tepung terigu saya memang enak sekali, tidak ada tandingannya.

Walau ternyata resep kroket dari tepung terigu sangatlah mudah namun jika suasana hati untuk memasak belum kunjung tiba maka resep kroket dari tepung terigu pun hanya terbengkalai begitu saja, padahal sudah beberapa kali saya merencanakannya.

Sering kali saya membeli tepung terigu dan berjanji untuk mempermaknya menjadi kroket namun si tepung terigu akhirnya justru berubah menjadi makanan lain. Nah akhir pekan lalu dalam rangka membuat camilan berbuka puasa maka tepung terigu sisa membuat kalio ayam pun akhirnya saya goreng dan tumbuk menjadi adonan kroket.

Ukurannya yang jumbo serta isi tumisan ayam yang banyak membuat mulut ini terasa puas di saat menyantapnya.

Kroket atau croquette, merupakan makanan berbentuk bulat lonjong yang diselimuti dengan breadcrumbs atau tepung roti dan digoreng. Biasanya jika di luar negeri maka bahan utamanya adalah kentang tumbuk, daging cincang (sapi, ayam atau kalkun), seafood, ikan, keju, sayuran, dan roti tawar yang direndam susu cair dan dilumatkan.

Semua bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan saus putih (bechamel) bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, merica, daun rempah kering, dan pala. Adonan ini kemudian dibentuk bulat lonjong atau piringan bulat pipih dan digoreng dalam minyak yang banyak (deep fried).

Kroket terkadang hadir begitu saja alias tidak menggunakan isi di dalamnya, namun jika diisi maka bahan pengisi kroket umumnya adalah tumisan bawang putih, jamur, dan telur rebus.

Berbeda dengan kroket pada umumnya yang berbahan dasar kentang, resep kroket kali ini berbahan dasar tepung terigu. Teman teman banyak yang salah kira, dipikirnya kroket saya pakai kentang. Salah satu keuntungan membuat kroket tepung terigu adalah harganya. Jelas, tepung terigu lebih murah dari pada kentang. .

Selain murah yang pasti rasanya super enak . Sekali makan bisa 4 sampai 6 butir kroket. Hehe, entah itu doyan apa kelaparan. Tapi itulah kenyataannya, kroket yang masih panas memang selalu menggiurkan. Garing di luar, lembut di dalam.

langsung ke resepnya aja.

Lihat juga! Resep Mie Pangsit Solo yang Lezat Dan Pengertian Mie

Resep Kroket

  • 1/2 kg gandum segitiga biru
  • 1/2 kg ayam
  • 5 butir telor
  • 1/4 kg mentega
  • 1/2 kaleng susu
  • 1 sendok teh merica
  • 1/2 bj pala
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • tepung panir secukupnya

Cara membuat:

  1. rebus ayam dengan air secukupnya sampe matang, tiriskan dan potong kecil2. sisihkan dulu
  2. haluskan bumbu2: bawang merah, bawang putih, merica, pala, garam
  3. panaskan mentega, kemudian goreng mumbu yang sudah dihaluskan
  4. setelah tcium bau harum, masukkan potongan ayam, air kaldu rebusan ayam, dan susu.
  5. setelah mendidih masukkan gandum, aduk sampai menjadi adonan yang bisa diuleni. angkat dan dinginkan. (saranku: air kaldunya jangan terlalu banyak, soalnya kalo kebanyakan kaldu, kroketnya bisa terlalu lembek, dan gak bisa diapa2kan, tapi kalo kurang kaldu, adonan jadi keras, tapi masih bisa diencerkan dengan menambah kaldu)
  6. setelah dingin masukkan kuning telor, aduk2 sampai tercampur. (sebelumnya pisahkan dulu antara kuning telor dan putih telor. putih telornya dipakai buat ngelapisi tepung panir)
  7. tinggal bentuk kroket sesuai selera. masukkan ke tepung panir, putih telur, tepung panir lagi.
  8. goreng sampai kuining keemasan
  9. selamat mencoba

Baca Juga : Cara Membuat Resep Kroket Mie Banyak Variasi Yang Pastinya Enak