Resep Klapertart Wilton Lembut dan Lumer

Kue klapertart adalah kue yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia, sehingga kali ini saya akan memberikan resep Klapertart Manado Wilton yang lezat dan wajib anda coba membuatnya dirumah. Namun sebelumnya mari kita ulas terlebih dahulu pengertian serta sejarah dari kue Klapertart ini.

 Image result for klapertart wilton

Pengertian Klapertart

 Klapertart Manado dibuat dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertart yaitu dengan dipanggang dan di oven atau dikukus.

Tetapi ada juga cara memasak klapertart Manado yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Kue ini sangat nikmat apabila dinikmati dalam keadaan dingin.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) dan juga sudah masuk dalam Makanan Khas Nusantara. Saat ini Klappertaart telah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa, antara lain rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original.

Klapertart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga terkadang resep klapertart Manado menggunakan bahan yang lebih rendah jumlah kalorinya. Menggunakan bahan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi, dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula. Memang sengaja dibuat agar orang yang sedang diet dapat menikmatinya.

Sejarah Kue Klapertart

Perjalanan mencari sejarah klapertart ini dimulai dengan wawancara kepada Bapak Andreas Marioto dan Ibu Dr. Jugiarie Soegiarto, M.Hum untuk mengetahui sejarah makanan ini lebih mendalam.

Klappertaart Manado berasal dari kata ‘klapper’ dan ‘tart’ merupakan nama kue yang diadopsi dari bahasa Indonesia dan Belanda. ‘Klapper’ sebenarnya diambil dari kata buah ‘kelapa’ yang disebutkan oleh lafal orang Belanda, sedangkan ‘tart’ berasal dari bahasa Belanda untuk melambangkan kue.

Penjajahan dari Belanda yang terjadi di Manado banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat setempat. Penyebab penduduk Manado terbuka dengan budaya yang masuk adalah karena penduduk Manado dikenal sebagai penduduk yang memiliki sikap toleransi yang tinggi seperti menerima keberagaman suku dan agama.

Identitas Minahasa dalam pengaruhnya dengan kolonial hingga akhirnya dikenal dengan Twapro, akronim dari Twalfde Provincie van Netherlandsch (provinsi kedua belas Belanda). Hal ini sempat menjadi persoalan identitas bagi orang Minahasa karena disebut sebagai masyarakat yang paling terpengaruh dengan Belanda dibandingkan wilayah lain di Indonesia.

Tips Membuat Klapertart

  1. Tambahkan Tepung Terigu

Adonan klapertart di luaran sungguh beragam.Ada yang menggunakan tepung maizena saja, ada juga yang menggunakan campuran tepung maizena dan terigu. Klapertart harus ditambahkan tepung terigu juga. Terigu membuat klapertart tidak berkulit. Maksudnya, tidak ada lapisan kering di permukaan klapertart. Jadinya, klapertart bisa lembut maksimal.

  1. Pilih Kelapa Muda yang Pas Matangnya

Kelapa yang digunakan dalam klapertart menjadi bahan yang penting. Pilih kelapa muda yang pas matangnya. Tidak terlalu muda karena dagingnya jadi sedikit. Tidak juga terlalu tua karena dagingnya akan keras. Minta penjual memilihkan kelapa muda berdaging tebal.

  1. Rendam Dulu Kismis

Saat membuat klapertart, dapat menaburkan kismis di atas permukaannya. Rendam kismis dalam air hangat selama 15 menit. Rasanya jadi segar karena tidak terlalu manis. Kismis tidak hangus atau keras karena terpanggang.

  1. Masukkan Kismis Setelah Setengah Matang

Kismis mempunyai kandungan gula yang tinggi sehingga lebih mudah kering dan gosong. Karena itu, kismis dan kenari sebagai taburan klapertart sebaiknya dimasukkan setelah klapertart setengah matang. Misalnya, panggang dulu klapertart selama  30 menit. Setelah itu baru taburkan kismis, kenari dan meringue (kalau dipakai). Panggang lagi selama 20 menit.

Resep Klapertart Wilton Bakar

Bahan Yang Digunakan:

  • 1000 cc Susu Cair Full Cream
  • 250 gram gula pasir
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung custard
  • 50 gram maizena
  • 150 gram mentega atau margarin
  • 6 butir kuning telur
  • 2 buah kelapa muda, kerok isinya saja, hati-hati jangan terbawa bagian kulit yang keras
  • 100 gram kenari panggang cincang
  • Kayu manis bubuk secukupnya

Topping :

  • 6 butir putih telur
  • 4 sdm gula pasir
  • 2 sdm tepung terigu
  • Kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum dan kayu manis bubuk

Cara Membuat :

  1. Didihkan 800 cc fresh milk dan gula pasir.
  2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc susu cair.
  3. Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup.
  4. Angkat dari api, masukkan mentega atau margarin, aduk rata.
  5. Masukkan kenari, kayu manis bubuk, dan kuning telur satu persatu.
  6. Tambahkan daging kelapa muda, lalu aduk rata.
  7. Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi.
  8. Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang.
  9. Sambil menunggu, siapkan adonan topping: kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku.
  10. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula.
  11. Berikan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, dan tambahkan taburan kismis dan kayu manis bubuk.
  12. Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.
  13. Setelah itu angkat dan hidangkan.
  14. Klapertart siap dinikmati.
  15. Selamat mencoba!

Resep Klapertart Wilton Panggang

Bahan Yang Digunakan:

  • 4 butir kuning telur
  • 1 butir telur
  • 60 gram tepung maizena
  • 150 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 400 ml susu cair
  • 200 ml heavy cream (krim kental), dapat diganti dengan susu cair jika bahan ini tidak ada sehingga total susu cair menjadi 600 ml
  • 70 gram mentega atau margarine
  • 150 gram kelapa muda serut (1 buah kelapa)
  • 80 gram kismis hitam
  • 20 gram irisan kacang almond atau kenari
  • bubuk kayu manis untuk taburan
  • beberapa butiran kismis untuk taburan
  • beberapa lembar daging kelapa untuk hiasan

Cara Membuat:

  1. Siapkan Loyang berukuran 20 cm. Olesi permukaan loyang dengan margarine, lalu
  2. Siapkan semua bahan, pastikan kelapa muda yang digunakan pas tingkat kematangannya. Daging kelapa haruslah masih lembut namun cukup firm ketika digigit.
  3. Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur dan telur, aduk hingga tercampur rata.
  4. Tambahkan tepung maizena, gula pasir, dan vanili bubuk, lalu aduk rata dengan kocokan balon. Sisihkan.
  5. Masukkan susu cair dan krim kental ke dalam panci, panaskan dengan api kecil hingga hangat dan jangan samapi mendidih. Aduk selama proses perebusan agar susu tidak pecah.
  6. Masukkan mentega, aduk hingga mentega leleh dan bercampur sempurna dengan susu. Matikan api kompor. Biarkan sebentar agar susu tidak terlalu panas.
  7. Ambil sekitar 1 sendok sayur susu cair, tuangkan susu ke adonan telur, aduk hingga rata.
  8. Tambahkan 1 sendok sayur lagi susu cair ke adonan telur, aduk rata. Tuangkan adonan telur ke sisa susu di panci, aduk rata.
  9. Masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk dengan pengaduk balon, hingga perlahan adonan mulai mengental. Ketika mulai mengental aduk adonan dengan kuat dan cepat untuk mencegahnya bergerindil. Masak hingga mulai muncul letupan pertama di permukaan adonan.
  10. Matikan api kompor. Jangan memasak secara berlebihan karena akan membuat custard terlalu keras ketika dipanggang.
  11. Masukkan daging kelapa muda, dan kismis, aduk rata.
  12. Tuangkan custard ke dalam loyang, lalu ratakan permukaannya dengan spatula hingga smooth.
  13. Hias permukaannya dengan irisan daging kelapa muda, kismis dan irisan almond atau
  14. Panggang di oven suhu 175’C gunakan api atas jika oven anda memiliki pengapian atas dan bawah. Jika tidak maka panggang seperti biasa.
  15. Panggang hingga kue tampak sedikit kecoklatan di permukaannya dan almond matang, sekitar 20 menit.
  16. Keluarkan dari oven dan biarkan uap panasnya hilang.
  17. Taburi permukaan klapertart dengan kayu manis bubuk. Jangan memanggang terlalu lama karena akan membuat klapertart keras.
  18. Klapertart siap disajikan.
  19. Selamat mencoba!

Kunjungi juga Resep Klapertart Dingin Yang Lembut Dimakan Dan Manis