Resep Klapertart Dingin Yang Lembut Dimakan Dan Manis

Resep klapertart dingin adalah memang resep klapertart yang sesungguhnya atau original nya. Karena sekarang semakin modern jadi banyak kreasi dari klpertart ini sendiri seperti ada yang di panggang dan ada yang di beri bahan tambahan lain.

Pada artikel sebelumnya kita juga telah membahas tentang klapertart. Sekarang kita akan membahas nya lebih jauh pada artikel kali ini

Pengertian Klapertart

Klappertaart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapatepung terigususumentega dan telurResep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado.

Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang.

Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulutKue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya.

Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susukalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya.

Klappertaart Rendah Kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmati kue lezat ini.

Klappertaart adalah ikon daerah Sulawesi Utara (Manado) juga telah masuk dalam Makanan Khas Nusantara bersama dengan 30 jenis makanan lainnya dari berbagai daerah.

Saat ini Klappertaart sudah dikembangkan menjadi berbagai macam rasa atau flavor, ada rasa Durian, Chocolate, Keju, Rum Raisin, Blueberry, dan tentunya original. Di Manado sendiri Klappertaart sangat mudah didapatkan.

Klapertart

Potongan daging kelapa muda dengan tekstur yang lunak menjadi ciri khas Klappertaart. Adonan custard manis nan lembut menggelitik lidah sesaat setelah masuk ke dalam mulut, membuat siapapun yang mencicipi kue khas Manado yang resepnya dibawa langsung dari negeri Belanda seolah membuat Anda menjadi “kecanduan”.

Jika mengulik sedikit sejarah penjajahan Belanda di Sulawesi Utara ratusan tahun yang lalu, banyak orang Belanda yang memilih menetap di Manado untuk mengincar rempah-rempahnya, oleh karena itu penyebaran resep Klappertaart tidak meluas ke daerah yang lain.

Sejak saat itu Klappeartaart dikenal sebagai makanan/kue khas Manado dengan cita rasa Belanda. Meskipun begitu terkadang mendengar namanya yang berbau asing tidak sedikit orang yang mengira Klappertaart sebagai makanan orang asing apa terlebih bagi mereka yang baru pertama kali mendengarnya.

Julukan kota Nyiur Melambai memang tepat disematkan kepada Provinsi Sulawesi Utara. Hamparan perkebunan kelapa dengan hasil panen yang melimpah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat serta mampu menopang perekonomian Sulawesi Utara dari sektor pertanian.

Selebihnya tentu memenuhi kebutuhan kelapa para pengusaha Klappertaart di Manado demi melancarkan bisnis oleh-oleh khas Manado Sulawesi Utara.

Bahan-Bahan Membuat Resep Klapertart Dingin :

  • 700 ml santan/susu cair/air kelapa (pilih salah satu)
  • 150 gr maisena
  • 150 gr gula pasir
  • 100 ml air
  • 3 butir kuning telur
  • 50 gr margarin
  • 1 butir kulit kelapa muda
  • 1 sdm vanilla/rum ekstrak (pilih salah satu)
  • sejumput garam

Bahan Tambahan :

  • kenari secukupnya.
  • kismis secukupnya.
  • secukupnya keju (optional).

Cara Membuat Resep Klapertart Dingin :

  • Panaskan susu dalam keadaan api sedang, sisihkan dulu
    – campur gula + kuning telur, aduk merata
    – masukan tepung maisena + garam sejuput secara perlahan kedalam adonan gula dan telur, aduk rata
    – masukan susu yang udah dipanaskan sebanyak 3 sendok kedalam adonan.
  • Gula telur dan maisena yang sudah mengental tadi, aduk ratakan
    – tuang kembali adonan kedalam susu, aduk sampai mengental juga sampai terasa berat dan adonan meletup letup, matikan apinya.
    – masukan margarin dan vanilla, aduk merata.
    – masukan kelapa muda juga kismis, aduk merata.
  • Cara penyajian :
    – siapkan wadah alumuniumfoi(?) atau wadah seadanya kita
    – tuang adonan yang tadi olah, ratakan atasnya
    – tabur bubuk kayu manis secara menyeluruh dibagian toppingnya
    – tabur kenari atau keju setelahnya
    – masukan kedalam kulkas agar adonan semakin padat.
  • Kira-kira 2 sampai 3 jam sebelum dimakan baru dikeluarkan dan sajikan.