Resep Keripik Semangka Nan Manis

resep keripik semangka

Keripik semangka mungkin aneh ditelinga kalian karena teksturnya yang basah dan lembek bahkan 70-80% semangka adalah air. Tapi memang ada keripik semangka yang renyah dengan pengolahan yang tepat. Lalu bagaimana resep keripik semangka?

Selain daging dan kulit buah semangka, ternyata biji buah semangka juga bisa dimakan, lho. Biji buah semangka mengandung jumlah kalori yang sedikit.

Satu ons biji semangka yang kering atau sekitar 400 butir mengandung sekitar 158 kalori. Kenyatanya kalori tersebut tidak jauh lebih rendah dari pada kalori satu ons keripik kentang (15 keping) yang memiliki jumlah 160 kalori.

Satu cangkir biji semangka kering mengandung 30,6 gram protein, sama halnya dengan memenuhi jumlah kebutuhan protein harian yaitu sebanyak 61% dari jumlah yang dibutuhkan perharinya.

Protein yang ada dalam biji buah ini terdiri dari beberapa asam amino, salah satunya adalah arginin.

Biji buah semangka tidak hanya akan vitamin dan protein saja, manfaat biji buah semangka ini lainnya yaitu biji buah semangka mengandung mineral magnesium yang berlimpah.

Magnesium yang terdapat dalam biji buah semangka ini sebanyak 556 mg, atau ditotal sekitar 139 persen lebih banyakdari kebutuhan magnesium tubuh sehari-hari kita

RESEP KERIPIK SEMANGKA

Berikut ini saya sajikan bagaimana sih cara membuat keripik semangka. Silakhan ikuti resep keripik semangka berikut.

BAHAN :

  • 1 buah semangka yang berukuran besar dan tanpa biji

CARA MEMBUAT KERIPIK SEMANGKA :

  1. Kupas kulit buah semangka, lalu potong buah semangka sesuai dengan selera. Kulit bagian dalam jangan dibuang karena nanti bisa dibuat keripik kulit semangka.
  2. Masukkan daging semangka yang sudah di potong ke dalam freezer kurang lebih selama 15 menit.
  3. Goreng dengan menggunakan alat penggoreng hampa atau vacum fryer dengan suhu 50-60 derajat celcius hingga matang dan busa nya habis, itulah tanda bahwa keripik semangka sudah matang.
  4. Angkatlah keripik semangka tersebut dan setelah itu masukkan kedalam mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada pada keripik semangka dan tunggu hingga benar-benar tuntas dan tidak ada minyak yang tersisa.
  5. Sajikan kripik semangka yang sudah jadi atau anda bisa menyimpanya dalam toples atau plastic yang tertutup rapat agar tahan lama alias tetap renyah siap untuk dijual.

RESEP KERIPIK KULIT SEMANGKA

Bahan:

  • Kulit semangka segar diambil daging putih buah semangka dari resep keripik semangka di atas, secukupnya
  • Minyak Nabati

Resep Keripik Kulit Semangka:

  1. Pilihlah terlebih dahulu kulit buah semangka yang masih segar, lalu Kemudian potong potong kulit buah semangka tadi sesuai dengan selera anda.
  2. Setelah itu Kemudian masukkan kulit semangka yang sudah di potong tadi ke dalam freezer dan tunggu hingga kurang lebih selama 15 menit.
  3. Kemudian Gorenglah keripik dengan menggunakan alat penggoreng hampa atau juga mesin vacum fryer dengan suhu mulai dari 50 – 60 derajat celcius sampai benar-benat matang dan busa nya habis, itu tandanya bahwa keripik semangka anda sudah matang.
  4. Kemudian Angkatlah keripik kulit semangka tersebut dan setelah itu masukkan keripik  kedalam mesin spinner untuk meniriskan minyak yang ada pada keripik kulit semangka dan tunggu hingga benar – benar tuntas dan tidak ada minyak yang tersisa.
  5. Setelah itu Sajikan kripik kulit semangka yang sudah jadi atau anda juga bisa menyimpanya dalam toples atau juga didalam plastic yang tertutup rapat agar tahan lama alias tetap renyah.

 

Jenis-Jenis Buah Semangka

resep keripik semangka

Ada beberapa jenis buah Semangka yang cocok untuk diolah menjadi resep keripik semangka, serta beberapa aneka jenis makanan dan camilan yang enak dan menyehatkan. Berikut ini ada beberapa jenis buah semangka yang perlu anda ketahui.

Semangka Sengkaling

Jenis ini berasal dari daerah Sengkaling, Malang, Jawa Timur. Semangka ini Berbentuk oval dan memiliki garis yang  tipis serta memanjang dan  berwarna hijau tua.

Daging buah semangka ini memiliki warna merah cerah, memiliki rasa yang manis, dan memiliki biji yang banyak. Sengkaling merupakan semangka jenis open polineted (semangka yang tidak akan pernah berubah kualitasnya bila bijinya ditanam kembali).

Semangka Bojonegoro

Buah semangka yang satu ini berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur. Kulit buah semangka ini berwarna hijau tua dan memilik garis, semangka ini memiliki daging berwarna merah jingga, dan memilik rasa yang kurang manis.

Semangka ini memiliki Biji yang banyak, dan berkulit tipis, serta berdaging tebal, sehingga banyak digunakan dalam pembuatan kuaci.

Sweet Beauty

Semangka yang satu ini memiliki Berat sekitar 3-4 kg. Kulitnya berwarna hijau muda, dengan memiliki belang hijau tua yang memanjang dari pangkal hingga sampai pada ujung buah. Semangka yang satu ini merupakan jenis unggulan.

Serta Kulit buah semangka satu ini tebal, sehingga akan tahan dalam pengangkutan dan juga dalam penyimpanan.Semangka ini diproduksi oleh Know You Seed

Daging buah semangka ini berwarna merah, dengan kandungan gula sekitar 12-14%. Semangka Sweet Beauty dapat dipanen pada umur 80-85 hari sejak awal ditanam di lahan.

Golden Crown

Semangka ini Diproduksi oleh Know You Seed. Dengan Berbentuk bulat memanjang, serta kulitnya berwarna kuning cerah dan juga daging buahnya berwarna merah, dengan memiliki kandungan gula sekitar 12%, dan juga memliki biji yang kecil.

New Dragon

Semangka ini berasal dari Taiwan. Semangka ini memiliki bentuk yang bulat serta memanjang ini memiliki ukuran yang besar.

Beratnya semangka bisa mencapai 9 kg. Kulit buah semangka ini tebal dan juga tahan terhadap kerusakan. Daging buah semangka jenis ini renyah, berair banyak dan juga memiliki rasa yang sangat manis.

Varietas semangka ini mudah untuk beradaptasi dengan berbagai jenis tanah dan juga tahan terhadap serangan CMV (cucumber mosaic virus).

Farmer Giant

Semangka ini memang sesuai dengan namanya, semangka ini memiliki besaryang bisa sampai mencapai 12 kg. Kulit buah semangka ini tebal dan uga keras.

Daging semangka ini merah menyala, rasa yang manis, serta tekstur yang renyah. semangka Farmer Giant relatif tahan terhadap CMV.

Yellow Baby

Semangka satu ini berbentuk oval dan juga memiliki diameter buah sekitar 15 cm dan memiliki berat sekitar 4 kg. Kulit buah semangka ini berwarna hijau muda menyala dengan memiliki corak memanjang dan berwarna hijau gelap.

Sesuai dengan warnanya, daging buah semangka ini memiliki warna kuning. Serta Rasanya sangat manis dan juga renyah.

Quality Quality

Semangka satu ini Merupakan salah satu jenis semangka unggul tanpa biji. Beratnya bisa mencapai 7,5 kg. Semangka yang satu ini berbentuk bulat, memiliki warna kulit hijau agak kebiruan dengan memiliki corak berwarna hijau tua. Daging buah semangka ini berwarna merah, rasanya sangat manis dan renyah.

Kulit buah semangka Quality ini tebal sehingga dapat memungkinkan untuk tahan pengiriman jarak jauh dan juga dalam tahap penyimpanan.


Sekian pembahasan tentang resep keripik semangka manis dan renyah semoga dapat membantu anda dan silahkan dicoba. Semoga Berhasil…..