Resep Keripik Kulit Pisang Yang Enak dan Nikmat

Berikut rahasia kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resep keripik kulit pisang yang enak dan atau keripik kulit pisang goreng kriuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan usaha aneka keripik dan keripik serba kulit buah untuk oleh-oleh khas daerah.Maka admin menyarankan untuk membaca dengan lengkap dan detail  mengenai cara membuat keripik kulit pisang dan penjelasan detail tentang pemasaran produk dan bisnisnya.

  • Bahan :
  • Kulit pisang mentah
  • Air kapur sirih
  • Garam
  • Gula
  • Tepung
  • Minyak goreng

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang:

  1. Cuci bersih kulit pisang.
  2. Siapkan air kapur sirih dengan perbandingan 1 liter air dicampur 1/2 sdt kapur sirih.
  3. Rendam kulit pisang di dalam larutan air kapur + 20 menit, lalu angkat.
  4. Siapkan larutan garam dengan perbandingan 1 liter air dicampur 1 sdt garam.
  5. Rendam kulit pisang kedalam larutan garam + 20 menit, kemudian angkat.
  6. Siapkan larutan gula ,perbandingannya 3 sdm gula dilarutkan dalam 1 liter air.
  7. Rendam kulit pisang dalam larutan gula + 20 menit, kemudian angkat.
  8. Jemur kulit pisang sampai kering + 8 jam.
  9. Kulit pisang kering siap digoreng sampai kuning kecoklatan.
  10. Anda dapat menggunakan adonan tepung, caranya setelah langkah nomor 4-7 masukkan kulit pisang ke dalam adonan tepung.
  11. Setelah keripik kulit pisang berubah warna menjadi kuning, angkat dan tiriskan.
  12. Keripik kulit pisang siap dikemas dan disajikan dengan minuman hangat.

Proses Pembuatan Keripik Kulit Pisang

keripik kulitSetelah makan buah pisang, jangan buang kulitnya begitu saja. Kulit pisang yang banyak mengandung vitamin B dan C serta serat yang tinggi tersebut dapat kita olah menjadi camilan yang enak yaitu keripik kulit pisang. Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan: kulit pisang yang masih segar, larutan air kapur, larutan air garam (1sdt garam dengan 1 liter air), dan larutan air gula (5 sdt gula pasir dengan 1 liter air).

Potong rapi kulit pisang dan bersihkan dengan air. Rendam ke dalam larutan kapur lebih kurang 20 menit, selanjutnya direndam ke dalam larutan garam sekitar 10 menit, dan terakhir ke larutan gula sekitar 30 menit. Setelah proses perendaman rampung, potongan-potongan kulit pisang tersebut dijemur selama sehari. Langkah terakhir adalah menggorengnya hingga kering kuning kecokelatan.Baca artikel lainnya macam macam sayuran yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh .Cek artikel lainnya  yaitu resep keripik bonggol pisang yang enak dan nikmat.

Cara Membuat Keripik Kulit Pisang Khas Bantul

Banyak sekali cara untuk memanfaatkan kulit pisang ini, yang paling mudah dan sering adalah dengan cara di jus dengan buah-buahan lainnya. Langkah langkah pembuatan jus itu cukup easy yaitu dimulai dengan mencuci bersih kulit pisang, lalu dicincang kekcil-kecil sebelum dimasukkan dalam blender dengan buah-buahan lain.

Setelah diblender beberapa menit, jadilah jus yang siap minum Selain dikonsumsi dalam bentuk jus, masih banyak bentuk olahan kulit pisang lainnya lho… Misalnya dibuat selai kulit pisang, yogurt kulit pisang, tepung kulit pisang, Ice Cream kulit pisang, brownies kulit pisang, nugget kulit pisang, keripik kulit pisang dan kerupuk kulit pisang. Dalam pelatihan dari Kantor Ketahanan Pangan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bantul, yaitu pembuatan kerupuk kulit pisang dan berikut ini cara pembuatannya :

Bahan bahan yg dibutuhkan :

Kulit pisang

  • Air kapur sirih
  • Tepung tapioka
  • Bawang putih
  • Garam

Peralatan yg dibutuhkan :

  • Blender
  • Panci
  • Kukusan
  • Penggorengan
  • Tampah/ penampan

Cara pengolahan :

  1. Pilih kulit pisang yang bagus, cuci bersih lalu rendam dalam air kapur sirih untuk menghilangkan nodanoda hitam dan getahnya.
  2. Blender buah kulit pisang yang telah direndam air kapur beberapa menit.
  3. Haluskan bumbu (bawang putih dan garam) lalu campurkan dengan hasil blenderan kulit pisang dan
  4. tambahkan tepung tapioka. (Dalam praktek kemarin, hasil blenderan 5 kulit pisang dicampurkan dengan
  5. seperempat kg tepung tapioka, dan garam + bawang putih secukupnya).
  6. Uleni adonan tersebut sampai tercampur rata, kemudian masukkan ke dalam plastik silinder, selanjutnya kukus hingga matang.
  7. Setelah matang, iris tipis-tipis lalu ditata diatas tampah/ penampan untuk dijemur.
  8. Setelah kering kerupuk siap digoreng/ dikemas

Kerupuk kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastik PP (atau Poliprophilen ). Pilih plastik PP dengan volume ketebalan yang cukup untuk produk tetap renyah. Kemasan harus menggunakan sealer (penyegelan), tidak menggunakan lilin. Masukan label pada kemasan plastik. Tidak harus disertakan dalam paket label sehingga kontak langsung dengan produk.
Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi dan kebersihan produk.
Keripik+Kulit+Pisang

Nah.. itu dia cara pembuatan keripik kulit pisang khas Kabupaten Bantul yang renyah dan gurihnya tak kalah dengan jenis-jenis kerupuk lainnya. Dengan rasa cukup enak dan harga murah, mereka mengaku sering kewalahan menerima pesanan

Cara Membuat Dodol kulit pisang yang enak dan Nikmat

Dodol Kulit Pisang adalah salah satu inovasi panganan semi basah dengan kadar gula tinggi sehingga dapat awet 2-3 bulanan. Keunikan bahan dan rasanya menjadikan kegiatan pembuatan camilan dodol berbahan kulit pisang sebagai salah satu alternatif usaha yang cukup potensial mendatangkan penghasilan yang lumayan. Mengapa dikatakan potensial?

Hal ini didasari oleh banyaknya orang yang suka dengan kue ini, sementara proses pembuatannya agak lama dan melelahkan sehingga jarang yang mau membuatnya sendiri di rumah, dan pada akhirnya mereka lebih memilih membeli di toko atau warung agar lebih praktis, apa lagi bahan yang unik tentu bikin para konsumen menjadi lebih penasaran untuk membelinya. Bagaimanakah resep cara membuat kue dodol kulit pisang? Silahkan dibaca uraian berikut!

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kulit buah pisang 1 kg
  • Buah pisang 1/4 kg
  • Gula merah 1/4 kg
  • Gula pasir 1/2 kg
  • Tepung ketan 1/4 kg
  • Tepung beras atau tepung terigu 1/8 kg
  • Santan kelapa 1000 ml (sekitar 5 gelas)
  • Vanili 1/2 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Air putih secukupnya

Alat-alat yang disiapkan:

  • Panci untuk Merebus pisau, blender, wajan besar, sodokan (pengaduk dodol), wadah, kompor dan plastik kemasannya.

Proses pembuatan kue Dodol Kulit Pisang

Buat dodol unikCuci bersih buah pisang yang telah matang, kemudian dikupas untuk mendapatkan kulit dan daging buahnya. Setelah itu, kulit pisang direbus hingga menjadi empuk.

Langkah berikutnya adalah menghancurkan atau menghaluskan kulit pisang dan buahnya dengan mesin blender sampai menjadi seperti bubur. Tuangkan adonan bubur tersebut kedalam wajan dan ditambahkan airputih dengan perbandingan 1:1. Aduk merata.

Nyalakan terlebih dahulu kompor, lalu tuangkan santan kelapa ke dalam adonan, kemudian aduk hingga mendidih dan berminyak. Jangan lupa tambahkan pula gula dan garam yang telah disiapkan.

Buat adonan tepung ketan dan tepung terigu dengan campuran air putih pada wadah lain. Setelah itu dituangkan kedalam adonan santan yang telah mendidih. Aduk pelanpelan selama 5 jam dengan sodokan agarkue dodol menjadi matang dan legit sempurna.

Untuk pengemasan, sebaiknya dodol lebih enak didinginkan terlebih dahulu, kemudian dipotong-potong sesuai selera dan dibungkus plastik atau kertas kemasan.

Demikian Resep keripik kulit pisang yang dapat kami sampaikan .semoga dapat bermafaat bagi teman teman semuanya .wassalam.