Resep Keripik Jamur Kuping

resep keripik jamur kuping
Resep Keripik Jamur Kuping – Hello guys, kali ini akan saya sajikan resep keripik jamur kuping yang sangat patut anda coba dirumah.

Kata jamur atau cendawan sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jamur biasanya digoreng krispy menggunakan tepung maupun dikeripik.

Macam macam keripik sayur sudah mendunia tidak terkecuali jamur, namun hanya beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi karena ada jamur yang beracun.

Jamur yang dapat dikonsumsi antara lain, jamur tiram, jamur kancing, jamur enoki, jamur shitake, jamur kuping, jamur merang, jamur kuping dan lain-lain.

Untuk membuat keripik jamur kuping, ikutilah langkah-langkah berikut ini!

Bahan-Basah:

  • 150 gram jamur kuping yang sudah dicuci bersih, kemudian diperas.
  • Minyak sayur yang cukup banyak untuk menggoreng.
  • Air es secukupnya sebagai bahan pelarut adonan tepung.

 Bahan Kering: 

  • 150 gram tepung beras.
  • 4 sendok makan tepung sagu.
  • 1,5 sendok teh bawang putih yang sudah dihaluskan.
  •  Garam dan lada putih bubuk secukupnya.
  •  Kaldu bubuk instan secukupnya.

Cara Membuat Keripik Jamur Kuping Renyah Tahan Lama:

  1. Larutkan bawang putih, garam, kaldu bubuk instan dan lada putih bubuk dengan menggunakan air es untuk membuat adonan tepung. Masukkan tepung beras dan tepung sagu, aduk rata, sisihkan.
  2. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  3. Celupkan jamur kuping ke dalam adonan tepung, angkat, goreng sambil dibolak-balik sampai berwarna cokelat keemasan, matang, dan kering, angkat, tiriskan.
  4. Setelah suhunya dingin, pindah ke wadah saji atau masukkan ke dalam toples kedap udara (supaya tekstur renyah lebih terjaga).

Manfaat Jamur Kuping Bagi Tubuh

1. Mencegah Iritasi dan Peradangan

Ekstrak polarisakarida yang terdapat dalam manfaat jamur kuping bagi kesehatan mampu menunjukkan sifat anti-inflamasi. Hal ini berguna untuk mengatasi atau mengobati iritasi dan peradangan yang terjadi pada selaput lendir.

2. Mencegah Anemia

Zat besi merupakan mineral yang sangat penting dalam proses produksi sel-sel darah yaitu untuk menghasilkan sejumlah protein dalam tubuh seperti hemoglobin dan mioglobin. Protein ini nantinya akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, yang biasanya ditandai dengan gejala seperti lelah, lemah dan pusing.

3. Penangkal Radikal Bebas

Tubuh seseorang juga memerlukan riboflavin untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang nantinya akan bertindak sebagai bahan bakar dalam tubuh. Senyawa ini juga sangat membantu menjaga kesehatan rambut, kulit, mata, dan fungsi hati.

Vitamin B2 (riboflavin) dalam jamur kuping juga berguna sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini atau meningkatkan resiko seseorang untuk terkena kanker dan penyakit jantung.

4. Mengobati Stroke dan Penyakit Jantung

Stroke dan penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena terjadinya penggumpalan darah yang akhirnya akan mengakibatkan tersumbatnya aliran darah yang menuju ke jantung maupun ke otak.

Jamur kuping yang telah direbus dapat membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit ini yaitu dengan membantu proses pengenceran darah serta dapat menyeimbangkan darah dalam tubuh

5. Sebagai Bahan Pangan bagi Tanaman Sekitarnya

Jamur kuping mampu menguraikan kayu mati dari pohon-pohon yang menjadi tempat hidupnya, ia akan meninggalkan nutrisi dalam tanah, sehingga tanaman yang lain dapat mengambil nutrisi tersebut untuk pertumbuhan dan keuntungan mereka.

Selain itu, selama proses membusuk, jamur akan melepaskan karbon dioksida yang digunakan oleh tanaman untuk memproduksi makanan mereka.

6. Mengobati Hipertensi

Beberapa bukti ilmiah telah dapat menunjukkan bahwa manfaat jamur kuping memiliki kekuatan obat yang sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dan kadar glukosa dalam darah. Efek hiperkolesterolemia jamur ini bisa menjadi alasan mengapa tanaman ini dikatakan mampu mengobati obstruksi pada arteri dan vena, sclerosis pembuluh darah dan hipertensi.

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam aliran darahnya dapat menyebabkan kelebihan kolesterol di arteri dan vena dan dapat menyebabkan aterosklerosis dan obstruksi pembuluh darah dan arteri.


Tips Membuat Keripik Sayur yang Gurih dan Renyah

Untuk menghasilkan kualitas kripik sayur yang baik, maka kita harus pintar dalam mengolah maupun packing. Berikut ini cara agar keripik sayur berkualitas baik

A. Pilih Sayuran yang Paling Baik.

Kualitas sayuran akan mempengaruhi keripik sayur dari segi kualitas maupun rasa. Sebaiknya anda memilih sayur yang tidak terlalu lembek dan berasa menyengat.

Jika anda akan menggunakan sayur dengan ciri tersebut, sebaiknya setelah diiris sayur dikeringkan.

B. Metode Memasak

Metode memasak biasanya sangat mempengaruhi kualitas, karena jika menggunakan metode yang salah maka akan menurunkan kualitas dari kripik sayur yang anda buat.

Seandaiya tidak ingin menggoreng ada cara lain, yaitu yaitu dengan cara memanggang atau dengan menggunakan microwave.

C. Dengan Kulit atau Tidak.

Jika anda menyukai keripik sayur yang berkulit, anda harus mencuci terebih dahulu bahan utama agar mengurangi resiko penyakit dan bakteri yang menyerang anda.

Selain itu jika anda lebih menyukai keripik sayur tanpa kulit, maka anda harus mengupas terlebih dahulu kulit nya baru mengirisnya.

D. Iris Tipis

Ketebalan dari bahan utama akan memengaruhi kualitas dari keripik sayur. Jika anda mengiris terlalu tebal, maka keripik tidak akan krispi melainkan menjadi lunak.

Untuk itu bahan utama harus diiris tipis agar menjadi krispi seperti yang anda harapkan.

E. Penggunaan Air Garam

Penggunaan air garam pada pembuatan keripik sayur sebelum digoreng akan mengurangi jumlah kadar air dalam bahan.

Cara menggunakan air garam adalah dengan melarutkan garam pada air lalu bahan utama yang telah diiris direndam dalam air garam selama kurang lebih 20-30 menit lalu ditiriskan dan dikeringkan.

F. Packing atau Finishing

Pada proses finishing yaitu harus memperhatikan cara penyimpanan dari keripik sayur. Untuk mempertahankan kualitasnya, keripik disimpan pada toples yang rapat dan kedap udara agar keripik tetap krispi.


Tips Agar Keripik Tetap Renyah

1. Disimpan dalam Wadah atau Toples yang Tertutup Rapat

Jika kamu ingin kerupuk yang setelah digoreng tetap renyah, maka kamu perlu menyimpannya di wadah atau toples yang tertutup rapat. Pilih toples yang kualitasnya baik pada bagian tutupnya, makin rapat makin baik.

2. Jangan Terlalu Sering Membuka dan Menutup Wadah

Jika kamu terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka udara akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat keripik anda menjadi cepat melempem.

3. Akali Dengan Tisu atau Kertas Makanan

Letakkan kertas tisu pada bagian tutup toples, kemudian tutup toples. Hal ini dapat mencegah udara masuk ke dalam yang menyebabkan kerupuk dan keripik cepat melempem.

4. Menyimpannya di Lemari Es

Dengan menyimpan keripik dalam lemari pendingin juga akan membuat keripik lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

 


Demikian pembahasan seputar tentang resep keripik jamur kuping dan semoga bermanfaat bagi anda.

Selamat Mencoba, dan Semoga Berhasil 👍👍👍👍👍