Resep Keripik Jagung Keju

Resep Keripik Jagung KejuKeripik jagung memang sudah tidak asing ditelinga kalian, terutama para pecinta cemilan. Berikut ini saya sajikan resep keripik jagung keju.

Jagung ini seringnya dibuat menjadi olahan makanan ringan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu olahan makanan ringan yang banyak disediakan adalah keripik jagung.

Olahan keripik jagung ini sangat digemari oleh semua kalangan, baik anak kecil maupun dewasa bahkan orang tua. Varian dari keripik jagung sangat banyak, mulai dari emping jagung, marning jagung, keripik jagung, dan sebagainya.

Cemilan keripik jagung ini sangat cocok untuk menemani waktu santai, harganya yang sangat terjangkau ini membuat makanan ringan yang gurih ini laris dipasaran. Saat ini sudah ada banyak pabrik dan pengusaha makanan ringan yang memproduksi keripik jagung karena banyaknya minat dari kalangan masyarakat.

Sebetulnya jenis olahan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku jagung ini memang tak terbatas. Untuk olahan makanan ringan yang banyak digemari masyarakat dan bahkan sudah tidak asing lagi adalah olahan makanan ringan seperti keripik jagung ini.

Varian rasa dari keripik jagung banyak sekali, seperti balado, keju, dan aneka varian rasa lainnya sesuai dengan kreatifitas si pembuatnya. Saat ini keripik jagung sangat mudah didapatkan karena sudah banyak tersedia di berbagai pasar tradisional maupun di swalayan dan supermarket.

Harga dari olahan keripik jagung ini pun juga sangat terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat bisa menikmati olahan keripik jagung.

Tidak hanya dijadikan sebagai cemilan saja, keripik jagung juga sering dijadikan jajanan pada saat lebaran atau acara-acara tertentu lainnya. Cita rasa dari olahan keripik jagung sangat renyah sehingga banyak masyarakat yang ketagihan dengan cita rasa yang dihasilkan dari keripik jagung ini.

Keripik jagung sangat populer sehingga mudah ditemukan dimana saja, seperti minimarket, supermarket, toko makanan, dan warung sekitar. Keripiik jagung dijual dengan harga terjangkau sehingga siapapun bisa membelinya.


1. Resep Keripik Jagung Keju

Bahan-bahan Keripik Jagung Keju Renyah :

  • Tepung terigu protein sedang 200 gram
  • Tepung maizena 30 gram
  • Keju cheddar parut 30 gram
  • Jagung manis pipil rebus 75 gram ( dihaluskan )
  • Kaldu ayam bubuk 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Telur 1 butir ( dikocok lepas )
  • Margarine 30 gram

Cara Membuat Keripik Jagung Keju Renyah :

  1. Pertama-tama aduk semua bahan hingga menggumpal .
  2. Kemudian giling adonan di gilingan mie, mulai dari gilingan yang paling tebal ( nomor satu ). Setelah kedua hingga ketingga kali giling.  Lalu masukkan ke nomor dua. Giling lagi dua hingga tiga kali. Masukkan ke nomor tiga, begitu seterusnya hingga gilingan ke nomor delapan .
  3. Selanjutnya potong-potong adonan bergerigi ukuran 10 x 1 1/2 centi meter atau menurut selera anda.
  4. Terakhir goreng adonan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga berwarna kecoklatan atau matang.

2. Tawar

Berikut ini kami sajikan resep keripik jagung tanpa rasa atau tawar yang dapat dikreasikan menjadi beberapa varian varian lain

Bahan :

  1. 2 buah jagung manis ( diparut halus )
  2. 250 gr tepung terigu
  3. margarine 30 gr
  4. telur ayam 1 butir ( kocok lepas )
  5. tepung sagu 35 gr
  6. garam 3/4 sendok makan
  7. minyak goreng secukupnya
  8. 1 sendok teh baking powder

Langkah-langkah:

  1. Campurkan semua bahan menjadi satu dalam satu wadah ukuran sedang
  2. Aduk atau uleni dengan tangan sampai adonan menggumpal
  3. Giling adonan dengan gilingan dari mulai ukuran besar sampai menjadi adonan yang kalis
  4. Pipihkan adonan lalu bentuk menjadi bentuk segitiga atau jajar genjang
  5. Panaskan minyak lalu goreng adonan diatas api sedang sampai matang, angkat tiriskan
  6. Taburi dengan bubuk balado kemudian siap disajikan.

3. Dimakan dengan Saus Keju

Berikut adalah resep keripik jagung yang disajikan dengan saus keju yang nikmat.

Bahan:

  1. 200 gram tepung terigu protein sedang
  2. 25 gram tepung sagu
  3. 50 gram jagung manis parut
  4. 1 butir telur
  5. 1/2 sendok teh baking powder
  6. 25 gram minyak goreng
  7. 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  8. 1 sendok makan seledri cincang, diperas
  9. 1/2 sendok teh garam
  10. minyak untuk menggoreng

Bahan saus:

  1. 1 sendok makan margarin
  2. 1/4 buah bawang bombay, dicincang halus
  3. 25 gram keju cheddar parut
  4. 1 1/2 sendok makan tepung terigu protein sedang
  5. 300 ml susu cair
  6. 1/4 sendok teh garam
  7. 50 gram cheese spread
  8. 1/4 sendok teh merica bubuk
  9. 1/4 sendok teh gula pasir

Cara Pengolahan :

  1. Aduk bahan sampai bergumpal.
  2. Giling tipis di gilingan mi. Mulailah dengan ukuran gilingan paling besar. Giling 2 sampai 3 kali sampai licin. Kurangi ketebalan adonan. Giling lagi 2 – 3 kali. Kurangi lagi ketebalan adonan, giling kembali . Begitu seteusnya sampai dengan ketebalan no. 1 (paling tebal no.7)
  3. Potong segitiga sama kaki.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang dan kering.
  5. Saus: panaskan margarin. Tumis bawang bombay sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir.
  6. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan cheese spread, garam, merica bubuk, gula pasir, dan keju cheddar parut. Aduk rata.
  7. Sajikan keripik dengan sausnya.

Manfaat Jagung Bagi Tubuh

Kandungan gizi jagung banyak sekali dan sangat bermanfaat bagi tubuh, sehingga jangan sepelekan jagung. Beberapa diantara manfaat jagung adalah

Melancarkan Pencernaan

Serat dalam jagung membantu proses pencernaan. Menurut penelitian, satu porsi jagung sudah memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari.

Baik Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil perlu mengonsumsi jagung. Sebab makanan ini kaya akan asam folat. Sementara asam folat sendiri adalah nutrisi yang diperlukan untuk menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Menyehatkan Mata

Mengonsumsi jagung setiap hari juga mampu menyehatkan mata. Pasalnya jagung mengandung carotenoid yang menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja.

Menyehatkan Jantung

Organ lain yang diuntungkan jika mengonsumsi jagung adalah jantung. Sama seperti kegunaannya pada mata, carotenoid pada jagung berperan dalam menurunkan risiko penggumpalan arteri.

Kaya Kalori dan Vitamin

Setiap 100 gram sajian jagung, ada 342 kalori yang terkandung di dalamnya. Jagung juga kaya akan vitamin B kompleks yang menjaga kesehatan saraf.

Kaya Mineral

Beberapa mineral yang terkandung dalam jagung adalah magnesium, mangan, zat besi, tembaga, seng, dan selenium. Seluruh mineral tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah Anemia

Jika terserang anemia, mungkin konsumsi jagung perlu ditingkatkan. Sebab anemia biasanya disebabkan oleh kondisi kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi.

Mengontrol Diabetes

Manfaat mengejutkan dari jagung bagi kesehatan berikutnya adalah mengontrol diabetes. Sebab ada senyawa tertentu dalam jagung yang mampu menurunkan risiko serangan penyakit ini.

Melawan Kanker

Jagung kaya akan antioksidan yang ampuh melawan beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara dan kanker hati. Jagung punya peran dalam membunuh sel kanker tanpa menyakiti sel sehat dalam tubuh.

Menyehatkan Kulit

Produk jagung dalam bentuk minyak adalah produk kecantikan yang mulai banyak ditemukan di pasaran. Minyak jagung memang punya kemampuan dalam menyehatkan kulit secara alami.

Dari manfaat-manfaat tersebut dapat disimpulkan bahwa kandungan dalam jagung memiliki fungsi yang sangat baik bagi tubuh dan mengonsumsi jagung sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dari tubuh.


Gimana penjelasan tentang seputar Resep Keripik Jagung Keju diatas. Resep diatas sangat mudah iikuti oleh sahabat cooker semua. Keripik jagung juga dapat dimakan bersama makanan seperti bakso dan lain-lain.

Masih banyak lagi varian yang dapat dikreasikan, dan sekarang mana yang ingin anda coba?? Semoga artikel ini dapat membantu sahabat cooker semua untuk mengisi waktu luang.

GOOD LUCK 👌 👌!!