Resep Keripik Daun Kelor Yang Enak dan Nikmat

Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran yang kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat.

Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau. Bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang sering disebut kelentang, juga bisa disayur.Admin menyarankan untuk membaca lebih lengap cara membuat keripik daun kelor yang enak dan bisnisnya lebih lengkap.

Keripik Daun Kelor
Bahan-Bahan:

  • 250 gr tepung beras
  • Satu butir telur ayam
  • 1 genggam daun kelor yg sudah disiangi dan seduh dg air panas lalu tiriskan
  • 3 buah bawang putih
  • Satu Sdt ketumbar secukupnya
  • fish flake (Maldives fish) (ini optional ya, nggak pakai jg nggak apa) secukupnya
  • Tepung berbumbu
  • Garam

Langkah-Langkah:

  1. Haluskan baput,ketumbar dan garam. Saya blender setengah bagian daun dgn bumbu diatas.
  2. Dalam baskom campur tepung beras, bumbu diatas, telur dan sisa daun kelor nya. Campur merata. Beri fish flake bila
  3. suka. Test rasa.
  4. Ambil selembar daun pisang dan tuang adonan, bungkus spt membuat lontong atau arem arem. Kukus selama 25″ sampai tanak. Dinginkan.
  5. Saya inapkan semalam krn buatnya sdh kesorean. Iris tipis adonan yg sdh padat, dan tanak dg pisau tajam.
  6. Punya saya gendut gendut krn pisau tumpul. Semakin tipis semakin crunchy tentunya, kalau tebal agak chewy tapi berasa
  7. daging. Jemur sebentar.di terik matahari.
  8. Buat adonan cair dari tepung bumbu siap pakai. Celupkan keripik ke dalam adonan tepung, goreng dalam
  9. minyak yg panas dan cukup banyak.
  10. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  11. Sajikan,,makanan sudah sia.

Nah keripik daun kelor sudah siap disajikan untuk keluarga tercinta.Jika Anda sudah membaca cara membuat keripik daun kelor dan gagal, silahkan Anda coba terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani gagal dulu.Cek juga resep keripik daun kelor.

Mungkin Sobat pernah mendengar peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”, hal itu karena daun kelor mempunyai ukuran yang kecil.Mungkin Anda pernah mendengar peribahasa “dunia tak selebar daun kelor, hal itu karena daun kelor memiliki ukuran yang kecil.

Walau ukurannya kecil , daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, Ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Daun kelor berbentuk bulat lonjong, dan ukurannya yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai, biasanya dimasak sebagai sayur untuk pengobatan.Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai sejak 1980, pada bagian daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya.

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anakanak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, karena manfaat yang terkandung dalam daun kelor yang besar, yaitu mengandung:

Manfaat Yang Terkandung Dalam Daun Kelor

  1. Potasium tiga kali lipat dari pada pisang.
  2. Kalsium empat kali lipat daripada susu.
  3. Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk.
  4. Terkandung Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel.
  5. Dua kali lipat protein dari pada susu.

Organisasi WHO yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor. Id.wikipedia.orgLebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat kelor dan kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yang penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi.

Penelitian menunjukkan setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat dan manfaat penting, yang dapat dimanfaatkan dengan beberapa cara.Baca beberapa macam macam keripik unik yang tidak banyak diketahui orang yang hanya ada di Indonesia.

Manfaat Keripik Daun Kelor Bagi Tubuh

1. Menjaga Berat Badan
Hal penting yang jangan dilupakan yaitu untuk menjaga tubuh agar tetap seimbang berat badannya. Studi yang dilakukan oleh para ahli menemukan bahwa teh daun kelor membantu untuk menangani masalah tentang pencernaan. Ada berbagai manfaat lainnya untuk merangsang metabolisme tubuh agar tubuh optimal dalam membakar kalori.

Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, yang dapat bekerja sebagai antioksidan.

Manfaat dari antioksidan adalah untuk mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh, dan berguna unutk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menghilangkan Flek Pada Wajah
Ramuan sederhananya, ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak (atau juga bisa dicampur dengan bedak).

Beberapa negara ekstrak daun kelor sudah digunakan sebagai bahanbaku pembuatan kosmetik untuk kulit. Bagian tanaman kelor yang banyak digunakan untuk kulit yaitu pada bagian kulitbatang, daun, bunga dan biji.

Daun kelor banyak terkandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Tanaman ini bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit. Baca Artikel lainnya cara membuat keripik bayam

Pada daun kelor, terdapat lebih dari 30 zat antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kelor kaya akan mineral dan asam amino yang dapat membantu produksi kolagen dan protein keratin, yang penting bagi kesehatan jaringan kulit dalam tubuh.

Terdapat beberapa merek terkenal produk kosmetika yang menggunakan minyak kelor sebagai bahan baku produknya. Terutama produk perawatan kulit seperti krim antiaging, krim antikerut, minyak aromaterapi, facialfoam, lotion, krim pencerah dan deodoran.

Manfaat tanaman kelor ini sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan dan kecantikan kulit, dimulai dari daun kelor sampai minyak kelor hingga bunga Kelor.

Bunga kelor sering digunakan sebagai bahan baku untuk kosmetik dan parfum, cologne, minyak rambut, dan minyak aromaterapi.

DI dalam Bunga Kelor terkandung asam oleat tinggi, sangat baik disuling menjadi minyak Wangi. Minyak bunga kelor bisa diandalkan sebagai penyerap dan mempertahankan aroma.

3. Memanfaatkan Daun Kelor Untuk Kecantikan
Hal ini bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami. Selain menggunakan minyak atsirinya dan bubuk kelor yang dijual di pasaran, Anda bisa memanfaatkan daunnya secara langsung.

Caranya, pertama-tama buatlah pasta daun kelor. Pilih daun kelor yang masih hijau dan segar, pisahkan dari rantingnya.
Haluskan daun kelor dan tambahkan sedikit air saja (agar daun kelor menjadi bentuk pasta).
Kemudian dijadikan sebagai masker, pasta daun kelor tersebut bisa disimpan sampai 3 hari di dalam lemari es.

4. Daun Kelor Cukupi Gizi Ibu Menyusui Dan Anak
Dosen Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, Yosi Bayu Murti menjelaskan bahwa pengembangan manfaat tanaman kelor di Indonesia terbilang terlambat dibanding luar negeri.
Namun, masih ada kesempatan mengembangkannya untuk pangsa pasar dalam negeri, sebelum nantinya diambil alih produsen luar negeri.

Yosi melihat potensi besar untuk mengembangkan pasar dari manfaat tanaman kelor dalam perbaikan gizi pada ibu menyusui dan anak.

“Daun kelor mengandung protein, zat besi, dan Vitamin C. Selain itu ada ada juga unsur flavonoid yang manfaatnya membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak. Kandungan protein membuat ASI berkualitas,” kata Yosi di di Jakarta (12/8/2015).

Kandungan zat besi tinggi, yang 25 kali lebih tinggi dibanding bayam, disarankan dikonsumsi ibu usai melahirkan, dimana wanita menstruasi umumnya kehilangan banyak zat besi.

Untuk anak-anak, dapat dikonsumsi sejak sang bayi, yaitu bayi di atas enam bulan.
Namun, Yosi mengingatkan bahwa ibu hamil perlu menghindari konsumsi daun kelor saat hamil, terutama trisemester pertama.