Resep Keripik Daun Kelor

Hallo guys, pernah dengar tentang resep keripik daun kelor? Ya kali ini saya akan membahas tentang resep keripik daun kelor yang renyah, gurih, dan mudah.

Kelor adalah sejenis tumbuhan yang bisa tumbuh dengan cepat, berumur panjang, berbunga sepanjang tahun, dan tahan kondisi panas ekstrim. Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis di Asia Selatan.

Tanaman kelor biasanya digunakan untuk bahan pangan dan obat untuk beberapa macam penyakit tertentu. Biji kelor biasanya digunakan untuk menjernihkan air dalam skala kecil.

Resep Keripik Daun Kelor

Bahan yang anda butuhkan:

  • 250 gr tepung beras
  • 1 butir telur ayam
  • 1 genggam daun kelor yg sudah disiangi dan seduh dg air panas lalu tiriskan
  • 3 bh bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • secukupnya fish flake (Maldives fish) (ini optional ya, nggak pakai jg nggak apa)
  • secukupnya tepung berbumbu
  • garam
Resep Keripik Daun Kelor:

  1. Haluskan bawang puttih, ketumbar, dan garam.
  2. Campur tepung beras, bumbu diatas, telur dan sisa daun kelor nya. Campur merata. Beri fish flake bila suka.
  3. Ambil selembar daun pisang dan tuang adonan, bungkus spt membuat lontong atau arem arem. Kukus selama 25″ sampai tanak. Dinginkan.
  4. Iris tipis adonan yg sudah padat, dan tanak dg pisau tajam.  Semakin tipis semakin crunchy tentunya, kalau tebal agak chewy tapi berasa daging. Jemur sebentar dibawah terik matahari.
  5. Buat adonan cair dari tepung bumbu siap pakai. Celupkan keripik ke dalam adonan tepung, goreng dalam minyak yg panas dan cukup banyak.
  6. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan.
  7. Keripik daun kelor siap disajikan.

Manfaat Daun Kelor yang Tidak Bisa Disepelekan

Daun kelor sangat banyak manfaatnya yang sangat sayang apabila anda abaikan. Berikut adalah manfaat daun kelor yang patu ada ketahui

1. Menjaga Berat Badan Ideal

Hal penting yang jangan dilupakan yaitu untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, yang bekerja sebagi antioksidan. Manfaat lainnya adalah untuk mendetoksifikasi racun didalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Menghilangkan Flek Wajah

Daun kelor mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, seng (zinc), magnesium, silika dan mangan. Daun kelor juga bisa menjadi pelembab alami, memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit.

Pada daun kelor, terdapat lebih dari 30 zat antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Daun kelor kaya akan mineral dan asam amino yang bisa membantu produksi kolagen dan protein keratin, yang penting bagi kesehatan seluruh jaringan kulit di tubuh.

Manfaat tanaman kelor ini sangat diperlukan untuk kesehatan dan keindahan kulit, dimulai dari daun kelor, minyak kelor hingga bunga Kelor.

Bunga kelor sering digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan parfum, cologne, minyak rambut, dan minyak aromaterapi. Bunga kelor mengandung asam oleat tinggi, sangat baik disuling menjadi minyak. Minyak bunga kelor dapat diandalkan untuk menyerap dan mempertahankan aroma.

3. Sebagai Produk Kecantikan

Hal ini bisa menjadi alternatif perawatan kecantikan alami. Selain menggunakan minyak atsirinya dan bubuk kelor yang dijual di pasaran, Anda bisa memanfaatkan daunnya secara langsung.

4. Sebagai Sumber Gizi Bagi Ibu Menyusui dan Ibu Hamil

Kandungan zat besi tinggi, yang 25 kali lebih tinggi dibanding bayam, disarankan dikonsumsi ibu usai melahirkan, dimana wanita menstruasi umumnya kehilangan banyak zat besi. Untuk anak-anak, dapat dikonsumsi sejak sang bayi, yaitu bayi di atas enam bulan.

5. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A dalam daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu mengurangi resiko mata plus, minus, silinder dan katarak. Daun kelor juga baik apabila dikonsumsi oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan matanya.

6. Antioksidan dan Senyawa Anti-Infalamasi

Daun kelor memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta karoten, quercetin, dan asam klorogenat.

Senyawa tersebut terkait dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Mengonsumsi makanan haruslah yang sehat sehingga kinerja ginjal menjadi optimal. Namun jika kita mengonsumsi makanan yang kurang sehat, otomatis akan menumpuk di ginjal. Konsumsi daun  kelor sangat baik untuk mengembalikan keadaan ginjal menjadi lebh baik.

8. Memperlambat Efek Penuaan

Antioksidan yang terkandung dalam kelor sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

9.  Mengobati Rematik

Penggunaan daun kelor untuk mengobati rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi. Manfaat kelor ini bisa dimanfaatkan untuk rematik, pegal linu, nyeri, dan sebagainya.

10. Anti Kanker

Antioksidan di dalam daun kelor ini sangat tinggi, selain itu kandungan potasiumnya juga sangat tinggi. Potasium dalam daun kelor sangat baik untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.

11. Mengatasi Diabetes

Daun kelor memiliki sifat anti diabetes. Sifat ini membuat daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal. Daun kelor dapat dijadikan insulin alami untuk mengatasi diabetes.

Senyawa Chlorogenic dalam daun kelor terbukti membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa yang diperlukan.

12. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sifat Anti Inflamasi daun kelor juga bermanfaat untuk mengobati penyakit maag, penyakit hati, kerusakan ginjal, keluhan pencernaan, dan infeksi. Hal itu karena manfaat untuk detoksifikasi racun dan zat berbahaya didalam tubuh. Kemungkinan juga bisa mengatasi penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, sembelit, retensi cairan dan diare.

13. Sebagai Bantuan Arthrithris

Daun kelor mengurangi peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthrithis. Kombinasi antara ekstrak akar dan daun memiliki efek sinergis untuk mengurangi rasa sakit.

14. Melindungi Tubuh dari Bakteri

Ekstrak daun kelor mampu menghalangi perkembangan mikroorganisme berbahaya seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas aemenyesalnosa, Enterobacter aerogenes dan Escherichia coli.

15. Menyehatkan Kulit

Daun kelor mengandung vitamin c dan antioksidan yang sangat tinggi, yang manfaatnya sangat penting bagi kesehatan kulit. Daun kelor bisa dijadikan sayur, jika rutin dikonsumsi memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Daun kelor yang ditumbuk juga bisa dijadikan sebagai masker wajah, yang bisa membuat kulit wajah semakin halus dan sehat.

16. Menurunkan Tekanan Darah

Daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard, yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

17. Menstabilkan Mood dan Melindungi Kesehatan Otak

Sebagai makanan protein tinggi dan sumber yang kaya asam amino triptofan, daun kelor memiliki manfaat sebagai neurotransmitter, termasuk membantu tubuh dan mood akan “merasa baik”.

Adapun Kandungan antioksidan dan senyawa tiroid, bermanfaat untuk menjaga tingkat energi tubuh, agar mencegah kelelahan yang sangat, depresi, suasana hati buruk dan insomnia.

 

Demikian pembahasan tentang resep keripik daun kelor semoga bermanfaat.