Resep Es Kelapa Muda Untuk Jualan Maupun Konsumsi

resep es kelapa muda –  Usaha es kelapa muda, juga pendukung wisata kuliner yang diusahakan oleh pedagang baik oleh laki-laki maupun perempuan, Apalagi Indonesia sangat kaya dengan resep kuliner khas yang secara umum memiliki nama yang berbeda-beda walaupun beda bahan dan proses pembuatannya akan beda pula dalam penamaan tiap daerah.

Es kelapa muda juga yakni salah satu minuman yang menyegarkan yang selalu dicari oleh semua orang atau masyarakat luas untuk disediakan di meja makan untuk berbuka puasa. Es kelapa muda sangat enak dinikmati ketika siang hari atau nikmati ketika cuaca terik (panas). ketika bulan berkat atau bulan ramadhan,  selain kolak dan es campur tentunya.

Minuman es kelapa muda memang menjadi favorit banyak orang dan memilki banyak manfaat.Karena kelapa muda memiliki kadar gula lebih tinggi dibandingkan kelapa tua, sehingga dapat memberikan rasa manis dan khas kelapa lebih kuat pada es.

Manfaat kelapa digunakan sebagai minuman yang menyegarkan dan sebagai minyak rambut maupun bahan penting dalam pembuatan sabun. Untuk pengawetan dan pengolahan buah kelapa muda utuh dan yang sudah dikupas lalu dicelup dalam larutan antioksidan, bentuknya sangat menarik dengan warna sabut tetap putih dan dapat bertahan selama 3-4 hari.

Resep Es Kelapa Muda Untuk Jualan Maupun Konsumsi
resep es kelapa muda

Air kelapa muda, umumnya diminum segar atau bersama daging kelapanya dijadikan minuman es kelapa muda, Selain manis identik dengan lezat, kandungan buah kelapa mudanya juga mampu mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian berpuasa.

Penampilan produk dari air buah kelapa muda yang menarik, sehingga lebih sesuai apabila menjadi konsumsi pada perhotelan dan tempat-tempat kunjungan wisatawan atau pada acara-acara tertentu yang memerlukan hidangan minuman ringan.

Karena rasanya yang sudah manis, kelapa muda juga enak untuk langsung dihidangkan tanpa penambahan gula atau syrup. Buah kelapa yang setengah muda yang cocok untuk dimakan bisa dan bisa buat campuran es, manfaat kelapa muda dibagian air kelapa yang bisa menetrakan suhu tubuh.

Buah kelapa yang setengah muda yang cocok untuk dimakan dan bisa buat campuran es, manfaat kelapa muda dibagian air kelapa yang bisa menetrakan suhu tubuh. Sebuah penelitian mengatakan jika air kelapa muda menurunkan waktu reaksi terbesar dibandingkan air mineral dan minuman isotonis.Kalsium dan Magnesium mengurangi ketegangan otot dan Vitamin C merupakan zat-zat alami anti inflamasi yang membantu meringankan rasa sakit akibat kram mestruasi.

Menurut Food and Agricultural Organization (1998), ada minuman yang dikonsumsi sebagai sport drink alami atau minuman olahraga yaitu air kelapa muda, menyebutkan bahwa air buah kelapa mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak sedangkan kandungan mikronutriennya berupa mineral dan vitamin. Mineral yang terdapat dalam air kelapa antara lain kalium, kalsium, fosfor, zinc, natrium dan magnesium.

Untuk menikmati es kelapa muda, para wisatawan memerlukan tempat makan yaitu kelas kaki lima atau asongan, kelas warteg dan kelas restoran. Tempat makanan ini akan membuka pekerjaan baru untuk hasil pertanian, angkutan, gas, tukang masak, pelayan, sewa tempat dan lain-lain maupun untuk wisatawan yang sekedar mampir untuk menikmati es kelapa muda.

Es kelapa muda juga termasuk golongan minuman yang masih sangat populer. Kebanyakan orang hanya mengenal es kelapa muda dengan bahan tambahan buah-buahan. Jika selama ini hanya menikmati es kelapa muda murni, atau dengan tambahan sirup, gula putih, dan gula merah, mari coba variasi barunya. Adanya berbagai macam usaha es kelapa muda yang ditawarkan di pasaran.

Jajanan ini sangat penting untuk memberi pelayanan pengunjung yang haus, lapar dan lelah. Pengunjung dapat membeli jajanan di warung mereka baik di kawasan objek wisata maupun kawasan pesisir pantai seperti bakso, soto, nasi pecel, camilan, kelapa muda, jus buah, dawet, minuman kemasan dan masih banyak lagi. Para pengunjung dapat duduk dan menggelar tikar sambil rebahan sehingga kelelahan berkurang. Jajanan yang laris akan menumbuh-suburkan industri rumahan (home – industry).

Es kelapa muda merupakan salah satu minuman yang mengunakan pemanis buatan yaitu sakarin.Penggunaan sakarin yang melebihi nilai ambang batas dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada konsumen misalnya dalam jangka pendek dapat mengakibatkan batuk. Perlu diperhatikan betul cara memilih kelapa muda segar yaitu bagian tangkai buah kelapanya masih segar dan tidak layu. Kocak-kocaklah tempurung kelapa dan coba pukul pukul atau tepuk bagian luar buahnya, kalau suranya terdengar seperti berat berarti masih muda.

Perlu diketahui pedagang dijalanan biasanya menggunakan es watu glondongan (mentah) yang harganya sangat murah yang terbuat dari air mentah tidak direbus dahulu. segarnya air kelapa aslinya juga kebanyakan sudah tercampur dengan air. Pastinya rasanya sudah berbeda dan merubah manfaat es kelapa muda dengan penyakit kan. Cara yang paling aman yakni dengan membuat sendiri secara langsung supaya terjamin lebih hiegenis dalam pemilihan bahan dan proses pembuatan.

Salah satu yang biasanya ditunggu di bulan suci Ramadhan ini adalah saatnya berbuka puasa. Biasanya ditawarkan dengan sajian, cincau, kolang-kaling, manisan tape oven, yangghun, kelapa muda, santan, kacang dll.

Resep es kelapa muda ini terbuat dari daging dan air kelapa. banyak manfaat yang kita dapat peroleh  dari minuman yang menyegarkan ini. Biasanya es kelapa muda mampu dikonsumsi dengan hanya menambahkan sedikit es batu, itu juga rasanya sudah sangat segar. Dan biasanya kalau kita temui pedagang es kelapa muda dijalan atau diwarung-warung terdekat hanya ditambahkan dengan gula merah atau sirup saja. Sekarang banyak pedagang yang mencoba mengkreasikan resep dengan tambahan gula jawa, rumput laut dll.

Produk minuman andalan yang khas dijual di rumah makan ini adalah es kelapa muda, Selain rasanya yang segar, resep es kelapa juga mudah untuk dibuatnya. Selain itu kandungan airnya di es kelapa muda yang banyak mengandung sumber elektrolit dan isotonik alami dan bagus sekali untuk mengatasi dehidrasi tubuh yang mungkin timbul setelah hampir seharian kita menjakankan berpuasa.

Resep Es Kelapa Muda Untuk Jualan Maupun Konsumsi
resep es kelapa muda

– Bahan-bahan

  • 200 gram kelapa muda, serut memanjang
  • Gula pasir 100 g
  • 400 ml air kelapa muda
  • Gula aren 1/4 bagian
  • 500 gram es serut
  • 5 sdm syrup
  • 200 g cincau hitam,  serut memanjang
  • 3 batang serai, memarkan
  • 1 bungkus nutrijel

Cara membuat

  1. Bekukan 500 ml air kelapa, lalu sisihkan.
  2. Masak agar agar,air,gula,santan aduk-aduk pelan terus sampai mendidih lalu matikan api. Angkat. Saring. Sisihkan.
  3. Keruk daging buah kelapa
  4. Masukkan cendol dan kopyor ke dalam tiap gelas saji.
  5. Letakkan dan taruh kelapa muda ke dalam gelas saji. Beri air kelapa, es serut, dan syrup.
  6. isi dengan es batu balok di tengahnya lalu tuang sesendok sesendok
  7. Sajikan segera dalam gelas saji.

Salah satu variasi dari es kelapa muda adalah es Marem yang rasanya enak , yang memadukan bahan – bahan yang tepat seperti kelapa muda dan berbagai buah lain, santan, dan sirup yang akhirnya mampu menciptakan rasa segar dan nikmat ketika dikonsumsi.

Ada juga info menarik lainnya, Cek aja cara membuat serundeng