Resep Engkak Ketan Legit Mantap

Resep Engkak Ketan- Halo sahabat, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana langkah-langkah serta manfaat dan khasiatnya dari engkak ketan ini. Engkak ketan merupakan jenis kue yang berlapis lapis, kue ini jenis kue tradisional dari provinsi lampung.

Resep engkak ini sangat mudah untuk proses pembuatannya juga tidak terlalu rumit untuk dicoba sendiri di rumah. Wajar jika kue ini sekarang sudah mulai di kenal orang banyak. Kue ini juga tremasuk golongan kue yang tahan lama. Itupun harus di simpan dengan benar. Karena jika di biarkan saja akan menjadi buruk, jamuran dan sudah layak juga untuk di konsumsi.

Untuk menyajikanya anda bisa saja membuat kue engkak ketan ini dengan versi anda sendiri.  Karena itu akan memberikan variasi yang berbeda dengan kue engkak yang langsung di dapatkan di toko kue atau toko lainya. Maka dari itu, simak cara membuat kue engkak ketan lembut dan lezat dari kami.

Resep Engkak Ketan Pangang Spesial

Bahan :

  • 7 butir telur bebek
  • 1 ltr santan
  • 500 gram tepung ketan, mampu pakai tepung ketan putih dan tepung ketan hitam
  • 8 butir telur ayam
  • 500 gram gula pasir
  • 1 kg susu kental manis
  • 100 gram mentega cair

Cara Membuat Engkak Ketan Panggang Spesial

  1. Siapkan loyang berbentuk persegi 24 cm jika tidak mempunyai loyang yang berbentuk persegi, bisa juga loyang yang lainnya, alasi kertas roti dan olesi sedikit mentega. Panaskan oven 180 derajat Celsius. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan lembut, masukkan susu kental manis, santan dan tepung ketan, aduk rata. Tambahkan mentega cair, aduk rata.
  3. Tuang 200 ml adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, panggang selama 5 menit atau hingga permukaan kecokelatan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
  4. Setelah adonan habis, panggang kudapan manis selama 35 menit atau hingga semuanya matang. Angkat dan dinginkan. Potong-potong.
  5. Sajikan untuk 20 Potong.

Resep Kue Engkak Ketan Lapis Rasa Jempol

Bahan-bahan

  • Gula pasir 1 kg
  • Tepung ketan 1 kg
  • Santan kelapa 1.5 liter, didihkan
  • Susu kental manis 1 kaleng
  • Mentega 250 gr, lelehkan
  • Telur ayam 10 butir
  • Vanili sesuai kebutuhan

Cara Membuat Resep Engkak Ketan Lapis Rasa Mantap

  1. Larutkan tepung beras ketan ke dalam santan kelapa, aduk merata kemudian sisihkan.
  2. Sementara itu pecahkan telur dalam wadah kemudian taburi dengan gula lalu kocok lepas dengan menggunakan whisk atau menggunakan mixer untuk lebih mudah.
  3. Setelah itu, campurkan kocokan telur ke dalam campuran tepung beras ketan dan santan kemudian saring sampai tak tersisa.
  4. Selanjutnya tuangkan sebagian campuran bahan ini ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan taburan tepung sebelumnya juga bentangan kertas roti pada bagian bawahnya.
  5. Masukkan adonan ke dalam pemanggangan, tunggu sampai setengah matang kemudian tumpuk lagi dengan sebagian adonan yang masih ada, lalu panggang kembali sampai setengah matang dan lakukan hal yang sama sampai menjadi kue engkak yang berlapis-lapis dan matang.
  6. Selesai sudah pembuatan resep engkak ketan dengan beberapa lapisan adonan yang disajikan. Sekarang saatnya bagi anda untuk mencobanya di rumah.

11 Manfaat Tepung Ketan Untuk Kesehatan dan kecantikan

  1. Mencegah Sembelit

Dalam tepung ketan sebagian besar kandungannya adalah jenis serat tidak larut yang sangat berguna untuk mencegah sembelit. Dalam 1 gelas tepung ketan setidaknya mengandung 1.7 gram serat sangat sekali dibutuhkan tubuh setiap harinya.

  1. Mencegah Keringat Berlebih

Organ paru paru memiliki peranan penting dalam membuka dan menutup pori pori pada kulit. Apabila paru paru menurun dan tidak mencukupi, maka paru paru akan kehilangan kontrol pori kulit sehingga menyebabkan seseorang berkeringat lebih banyak meskipun hanya beraktivitas ringan.

Mengonsumsi tepung ketan bisa menjadi solusi tepat untuk menguatkan organ paru paru sehingga dapat mengontrol pori kulit untuk mencegah produksi keringat yang berlebihan.

  1. Menjaga Kesehatan Limpa

Tepung ketan mengandung sifat pemanasan sehingga bisa membantu organ limpa, perut dan juga pencernaan serta sirkulasi pernafasan.

Apabila organ limpa kekurangan, maka akan terjadi gagal limpa dan tubuh lebih rentan terhadap flu, tangan dan kaki sering terasa dingin, sesak nafas, kembung, memperlambat kerja usus, sering lelah dan juga iritasi usus besar. Mengonsumsi tepung ketan lebih akan membantu dalam penguatkan organ limpa dan juga baik dikonsumsi untuk pemulihan sakit lebih cepat.

  1. Mengatasi Insomnia

Salah satu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition disebutkan bahwa jika mengonsumsi makanan yang mengandung glikemiks tinggi, maka akan membantu anda lebih cepat tidur.

Semakin tinggi kandungan karbohidrat dalam penganan seperti tepung ketan ini, maka akan semakin banyak serotonin yang diproduksi sehingga bisa memberikan efek menenangkan dan mengatasi insomnia lebih baik.

  1. Menyembuhkan Flu

Kandungan seng yang tinggi dalam tepung ketan juga memiliki peran yang penting dalam mempersingkat durasi flu yang menyerang seseorang. Seng berperan penting dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit seperti flu dan pilek bisa disembuhkan lebih cepat.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam satu gelas tepung ketan setidaknya mengandung 4% kebutuhan asupan tiamin harian dalam tubuh, niasin dan juga vitamin B6. Tiamin dan niacin ini akan menjadi sumber energi tubuh sehingga bisa membantu proses metabolisme asupan makanan menjadi bahan bakar.

  1. Mengandung Vitamin B6 tinggi

Vitamin B6 tinggi yang terkandung dalam tepung ketan berguna untuk mencegah anemia dengan cara lebih banyak memproduksi sel darah merah sekaligus menghasilkan serotonin neurotransmitter yang akan mengatur mood serta selera seseorang.

Dalam dosis banyak, vitamin B6 ampuh untuk meredakan gejala sindrom pramenstruasi dan juga morning sickness sehingga baik dikonsumsi oleh para wanita.

  1. Mendukung Program Diet Tinggi Serat

Serat tinggi yang terkandung di dalam tepung ketan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut, usus dan organ pencernaan saja, namun juga berguna untuk mendukung diet tinggi serat yang sedang anda jalankan dengan cara mengkonsumsi penganan yang terbuat dari tepung beras lebih sering.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak, Otot dan Hati

Dalam setiap gelas tepung beras mengandung 170 kalori atau 8% dari kebutuhan kalori harian berdasarkan diet 2.000 kalori. lalu digunakan untuk meningkatkan fungsi otak, otot dan juga hati.

  1. Sumber Antioksidan Tinggi

Kandungan selenium serta mineral dalam tepung beras juga lumayan tinggi yang akan memberikan perlindungan antioksidan untuk jaringan tubuh sekaligus melindungi sel dari kerusakan bebas.

  1. Memutihkan dan Mencerahkan Wajah

Wanita Asia khususnya Indonesia sangat menginginkan tampilan wajah yang terlihat putih, cerah sekaligus bebas dari jerawat. Maka, bisa manfaatkan tepung ketan ini sebagai masker wajah yang alami. Campurkan 6 sendok teh tepung ketan dengan 1 sendok teh susu kambing dan sedikit madu.

Campur rata bahan tersebut, lalu oleskan pada bagian wajah serta leher yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 30 menit. Bilas bersih dengan air hangat dan lakukan secara teratur setidaknya 1 minggu 3 kali.