Resep Emping Jagung Pedas

Resep Emping Jagung Pedas – Pembuatan emping jagung memang tidaklah sulit, namun harus tetap memperhatikan beberapa hal agar kualitas dari emping jagung bisa maksimal. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan emping jagung yang harus anda ketahui.

1. Pemilihan Bahan

Untuk menghasilkan emping yang berkualitas, pilihlah jagung yang sudah tua dan memiliki kualitas yang baik dalam arti tidak berpenyakit dan memiliki butiran jagung yang bagus.

Selain itu untuk menghasilkan ukuran emping yang sedang atau agak besar, pilihlah biji jagung dengan ukuran yang lumayan besar. Selain itu pemilihan biji jagung yang besar memudahkan kita dalam membuat emping jagung agar tidak mudah hancur.

2. Proses Memipil Jagung

Memipil jagung yaitu memisahkan biji jagung dengan tongkolnya dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun untuk menghemat waktu dan tenaga, proses ini disarankan menggunakan mesin pemipil jagung.

3. Perebusan dengan Kapur

Jagung yang telah dicuci hingga bersih, selanjutnya adalah direbus dalam air yang sudah diberi campurn kapur. Jumlah kapur yang digunakan dalam perebusan ini adalah sekitar 2-4% dari total berat jagung yang direbus.

Tujuan dari perebusan inni adalah untuk menghilangkan kulit ari atau kulit tipis yang menyelimuti biji jagung. Jika kulit arinya sudah hancur maka jagung akan licin bila dipegang.

4. Proses Perendaman

Setelah direbus dengan kapur, biji jagung dicuci sampai bersih sampai bau kapur tidak ada lagi. Barulah jagung tersebut direndam semalaman dalam air bersih agar biji jagung lebih mudah diolah ketika proses pengukusan jagung.

5. Pengukusan Jagung

Setelah direndam, jagung akan dikukus selama satu jam yang akan membuat biji jagung mengalami gelatinisasi, namun pastikan agar jagung tida terlalu matang. Bila gelatinisasi ini berlebihan,maka biji jagung akan mudah sekali untuk hancur saat dipipihkan.

6. Proses Mengemping

Proses selanjutnya adalah mengemping atau memipihkan biji jagung yang telah dikukus. Agar mudah dipipihkan biji jagung haruslah dalam keadaan masih panas dan lunak.

Untuk proses memipihkan ini sebaiknya menggunakan mesin pemipih yan dilengkapi dengan roll yang terbuat dari bahan plastik. Jagung yang telah dipipihkan dan baru keluar dari mesin biasanya lunak dan mudah hancur.

7. Pengeringan dan Penyortiran

Jagung yang sudah dipipihkan, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur dibawah terik panas matahari.Biasanya proses penjemuran ini akan memakan waktu sekitar 1-2 hari.

Emping yang sudah kering lalu disortir dengan cara diayak untuk mendapatkan ukuran emping yang seragam.

8. Penggorengan

Emping yang sudah benar-benar kering bisa langsung digoreng. Saat menggoreng sebaiknya tidak terlalu sering diaduk agar tidak hancur. Proses penggorengan juga tidak membutuhkan waktu lama karena emping mudah mengembang dan cepat matang.

Untuk penirisan emping sebaiknya menggunakan mesin peniris atau sering disebut dengan spinner. Bila emping masih mengandung banyak minyak, maka akan mempegaruhi rasa, kualitas, sekaligus ketahanan dari emping tersebut.

9. Penambahan Bumbu

Bumbu biasanya digunakan untuk menambah cita rasa dari suatu makanan. Penambahan bumbu dalam emping jagung ini dilakukan ketika proses penggorengan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan cara menambahkan bumbu pada emping berikut.

  • Siapkan larutan bumbu yang terbuat dari campuran bawang putih dan garam.
  • Goreng emping mentah dalam minyak panas.
  • Saat emping mulai mengembang, tuang larutan bumbu pada emping yang sedang digoreng.
  • Goreng emping beberapa saat, kemudian angkat dan tiriskan.

*Penambahan bumbu saat digoreng tersebut hanya berlaku pada cara membuat emping jagung rasa gurih. untuk varian lain seperti balado, pedas, dan lain-lain tidak dianjurkan karena bumbu akan larut dalam minyak.


Resep Emping Jagung Pedas

Bahan-bahan :

  1. 900 gram cornflakes
  2. 300 gram kacang tanah tanpa kulitnya
  3. 150 gram teri jengki yang sudah diseduh dan digoreng hingga kering
  4. 9 lembar daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya dan letah diiris halus
  5. 150 gram gula merah yang sudah disisr halus
  6. 300 gram gula pasir
  7. 1½  sendok makan garam
  8. 450 ml air
  9. 2 lt minyak untuk menggoreng

Bumbu-bumbu

  1. 30 buah cabai merah keriting
  2. 48 siung bawang putih
  3. 60 butir bawang merah

Cara membuatnya :

  1. Pertama, tumis bumbu-bumbu sampai halus dan harum. Lalu tambahkan daun jeruk untuk penyedap rasa, aduk hingga rata. Setelah itu tambahkan gula merah, gula pasir, garam, dan air. Lalu aduk hingga mengental dan berambut.
  2. Kedua, masukan corn flakes, kacang tanah, dan teri kedalam tumisan bumbu-bumbu tersebut. Aduk hingga semua bahan terbalut bumbu dengan dua sendok kayu sampai kering.
  3. Setelah emping jagung manis pedas selesai di tumis, angkat emping tersebut dan diamkan hingga sampai dingin. Setelah emping jagung menjadi dingin, taruh di dalam toples bening dan emping jagung siap disajikan.

Resep Emping Jagung Pedas Manis

Bahan-bahan:

  1. 1 kg emping jagung yang sudah dijemur
  2. 1 lt minyak goreng
  3. Bumbu:
  4. 1/2 kg gula jawa
  5. 1 ons cabe rawit
  6. Asam jawa
  7. Garam
  8. Air putih secukupnya

Langkah:

  1. Pertama siapkan wajan tuangkan minyak goreng,jika sudah panas goreng emping sampai habis.
  2. Selanjutnya siapkan bahan bumbu:gula jawa,asam jawa,cabe rawit.
  3. Lalu ulek cabe rawitnya.
  4. Tumis bumbu tadi,lalu masukan gula yang sudah di haluskan,tambahkan asam jawa yg sudah dihancurkan dengan air.
  5. Jika dirasa sudah agak mengental masukan emping yang sudah digoreng tadi dikit demi dikit sambil diaduk pelan sampai bumbu merata.
  6. Matikan kompor sambil diaduk lagi,jadi dech buat cemilan disegala musim emping jagung manis pedasnya.

Jenis-Jenis Jagung

Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal jagung manis yang biasa mereka gunakan untuk bahan makanan. Tapi tahukah anda jika ada banyak jenis jagung di dunia ini, diantaranya:

1. Dent Corn (Jagung Gigi Kuda)

Jagung ini memiliki ciri khas berupa lekukan dibagian tengah atau bagian atas biji. Bijinya berukuran besar dan terbagi dalam beberapa baris dan warna kuning, putih, kadang berwarna lain dan cocok untuk dibuat tepung jagung.

Di Indonesia, jenis jagung ini jarang ditanam karena tidak tahan terhadap hama bubuk. Sedangkan di Amerika, jenis jagung ini sering dijadikan sebagai makanan ternak.

2. Flint Corn (Jagung Mutiara)

Jenis jagung ini memiliki bentuk biji agak bulat dan ukurannya lebih kecil dari pada biji jagung gigi kuda. Warna biji bervariasi, yakni putih, kuning, dan ada juga yang merah.

Di Amerika Serikat dan Argentina sebagian besar jagung mutiara digunakan untuk keperluan pakan ternak. Di Indonesia jagung ini dimanfaatkan untuk pakan ternak.

3. Sweet Corn (Jagung Manis)

Di Indonesia jagung ini biasanya dibuat sirup atau pemanis buatan. Ciri jagung ini, yaitu biji-biji yang masih muda dan berwarna cerah, sedangkan biji yang telah tua akan berkerut.

Sweet corn biasanya diolah menjadi campuran masakan sayur asem, sayur sop, sayur bayam, bakwan jagung, jagung bakar, bahkan jenang jagung

4. Pop Corn (Jagung Berondong)

Ciri jagung berondong adalah bijinya kecil dan hampir seluruh endosperm merupakan bagian yang keras. Jagung ini akan mengembang 30X lipat jika terkena panas dari volume awal.

Jenis jagung ini dibedakan menjadi 2, yaiu ripe popcorn yang bijinya pipih, meruncing, dan pear popcorn yang bijinya bulat.

5. Pod Corn (Jagung Pod)

Jagung ini pertama kali ditemukan di Amerika Selatan. Ciri khas jagung ini, yaitu bijinya diselubungi oleh kelobot sehingga biji pod cornnya seakan tidak nampak.

6. Waxy Corn (Jagung Ketan)

Jagung ketan biasanya disebut dengan jagung pulen karena kadar amilo peptinnya yang tinggi. Bijinya kecil berwarna mengkilap seperti lilin dan zat patinya menyerupai tepung tapioka.

Waxy Corn berasal dari Asia dan memiliki ekonomis tinggi karena dapat menggantikan kedudukan tepung tapioka dan bahan pengganti pakan ternak.

7. Flour Corn (Jagung Tepung)

Banyak dikembangkan di Amerika Selatan, dan berchiri khas, yaitu hampir seluruh bijinya terdiri atas pati yang menyerupai tepung dan lunak. Jenis jagung ini sangat cocok diolah menjadi tepung maizena.