Resep Bakso Urat Sapi Spesial – Pada artikel kali ini saya masih akan membagikan resep bakso tapi kali ini saya akan membagikan resep bakso urat sapi spesial, bakso? siapa sih yang tidak mengenal makanan satu ini hampir di setiap daerah pasti ada yang menjualnya.
Apalagi dengan harga yang bisa di bilang pas sama kantong membuat banyak orang ingin mencobanya di tambah lagi kuahnya sang sangat gurih segar, walaupun di makan saat cuaca hujan ataupun membuat panas tetap terasa segar.
Bakso biasanya di lengkapi dengan kuah segar yang panas dengan tambahan isi mie kuning, mie sohun, bawang goreng, seledri dan di lengkapi dengan saus, kecap dan sambal.
Cita rasa yang khas dari bakso memang patut kita acungi jempol, karena rasanya yang sedap dan gurih serta baksonya sendiri sangat kenyal sehingga tidak heran apabila hampir semua orang dari segala usia menyukainya..
Kebanyakan orang biasanya lebih menggemari Bakso Urat yang memiliki cita rasa yang khas, karena apabila dimakan tidak hanya kenyal biasa namun juga ada rasa keras dan terasa ada seratnya.
Bakso Urat dapat anda nikmati kapan saja entah itu pagi, siang atau malam. Rasa segar dari kuahnya sangat menambah selera makan anda, rasa rempah-rempah dari kuah dan Bakso Urat pasti terasa nikmat.
Kali ini resep yang akan saya bagikan khusus untuk Anda pecinta masak, silahkan simak Resep Bakso Urat Sapi Spesial yang segar. Berikut ini artikel “Resep Bakso Urat Sapi Spesial” dari saya.

Resep Bakso Urat Sapi Spesial Paling Enak dan Lezat

Resep Bakso Urat Sapi Spesial

Bahan Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. 200 gram daging sapi berurat, potong kasar
  2. 50 gram tepung tapioka
  3. 50 gram es batu, pecahkan kasar

Bumbu Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. 1 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
  2. 1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
  3. Garam halus 1/2 sendok teh
  4. 1/4 sendok teh penyedap rasa, jika suka
  5. 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu Kuah Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. 1.000 ml air
  2. 1,5 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
  3. Bawang putih goreng, haluskan 1 sendok makan
  4. 1 sendok teh gula pasir
  5. 1 sendok teh merica bubuk
  6. Penyedap rasa, jika suka 1/4 sendok teh
  7. Garam secukupnya

Pelengkap Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. Sambal rawit goreng
  2. Mie kuning, rendam di air panas, tiriskan
  3. Mie sohun, rendam di air panas, tiriskan
  4. Seledri, potong kecil
  5. Kecap manis
  6. 1 batang daun bawang, iris halus
  7. Saus sambal
  8. Saus tomat

Cara Membuat Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. Petama-tama masukkan daging, es batu, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, penyedap rasa, dan garam halus dalam food processor, giling sampai halus.
  2. Kemudian tambahkan tepung tapioka, proses kembali hingga tercampur rata.
  3. Kemudian ambil adonan bakso pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok.
  4. Masukkan bulatan bakso pada air panas, lakukan sampai adonan habis. Masak dengan api kecil hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan.
  5. Setelah memilih bahan yang tepat, keberhasilan membuat bakso juga tergantung pada kesuksesan membuat adonan dan merebus bakso. Berikut ini kiatnya :
  6. Setelah bakso terbentuk, masukkan ke dalam air panas tapi tidak mendidih. Setelah proses pembuatan adonan selesai, barulah direbus dengan api kecil hingga bakso mengapung. Angkat lalu tiriskan.
  7. Jangan langsung memasukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih karena permukaan bakso akan keriput dan kemungkinan pecah akibat suhu air yang terlalu tinggi.
  8. Jika akan disimpan atau tidak langsung diolah atau dimakan, siram dengan air dingin dan tiriskan kembali. Simpan dalam wadah tertutup.
  9. Sajikan bakso urat dengan kuah dan pelengkapnya