Ini Dia Resep Bakso Sapi Kenyal Alami Tanpa Menggunakan Micin

 

Berikut ini adalah resep  bakso sapi kenyal alami,bakso sapi kenyal alami ini biasa ya  di buat tanpa menggunakan bahan bahan pengawet. Dengan meracik resep bakso sapi  kenyal alami sendiri, maka Anda juga  bisa menjamin akan  kesehatan diri sendiri dan keluarga. Terlebih kalau Anda seorang ibu rumah tangga. Beberapa aneka makanan yang dibua sendiri juga akan menambah kedekatan kehangatan keluarga anda

resept bakso sapi kenyal alami inI bisa anda buat di rumah ,bakso kenyal alami ini bisa nya di buat dengan bahan pengenyal akan tetapi bakso  sapi kenyal alami yang saya akan buat ini tanpa menggunakan bahan pengawet

Berikut ini saya akan memberitahu bagai mana cara dan langkah langkah resep bakso  sapi kenyal alami tanpah harus menggunakan bahan pengawet

Baca Juga:Gila Bener! Inilah Es Krim Terpanjang Di Dunia Yang Pecahkan Rekor

Bahan bahan yang di siapkan dalam pembuatan  resep bakso sapi kenyal alami ini

  1. 1kg daging sapi segar
  2. 210 gr tepung tapioka (bisa diganti tepung kanji)
  3. 1 sdt garam
  4. 2sdt lada putih bubuk
  5. 3sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
  6. 4sdm bawang merah yang sudah dihaluskan
  7. 50 gr es batu
  8. 2bks agar-agar tanpa rasa
  9. 3000 ml air

Langkah langkah dalam membuat resep bakso sapi kenyal alami

  1. Masukkan tepung tapioka, daging sapi, es batu, bawang merah, bawang putih, lada, dan garam ke dalampenggilingan daging . Jika tidak ada dalampenggilingan daging gunakan blender. Giling semua bahan tersebut sampai menjadi adonan yang  kalis dan tercampur rata.
  2. Rebus 3000 ml air dalam panci besar. Tunggu sampai air mendidih.
  3. Ambil sedikit adonan, lalu letakkan di telapak tangan dan genggam adonan hingga adonan bisa keluar diantara ibu jari dan jari telunjuk. Gunakan sendok untuk mengambil adonan yang sudah muncul dan masukan kedalam air panas tersebut. Lakukan hingga semua adonan habis.
  4. Tunggu hingga bakso mengapung. Angkat Tiriskan.

Bahan-Bahan untuk Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

  1. 3000 ml air
  2. 100 gr tulang daging sapi
  3. 6siung bawang putih & 5 buah bawang merah, iris, goreng, dan haluskan
  4. 3sdt bubuk kaldu sapi
  5. 1sdt merica
  6. 2 sdt garam
  7. 5 batang daun bawang

Cara Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

  1. Untuk membuat kuah bakso daging sapi, didihkan air hingga matang, lalu masukkan seluruh bahan untuk membuat  kuah. Masak hingga air mendidih. Kuahnya siap digunakan untuk menyajikan bakso sapi berserta pelengkap lainnya yang sudah jadi tadi. Agar kuah baksonya  tetapdalam ke adaan hangat, kamu bisa merebusnya terus menerus dengan api paling kecil sehingga kuah tetap panas dan rasa kuah bakso akan semakin nikmat.
  2. Mudah bukan membuat bakso daging sapi? Bahan pelengkapnya bisa kamu variasikan sendiri. Selain menambahkan beberapa pelengkap seperti sawi, tahu, dan mie, Anda juga bisa menambahkan bahan pelengkap lain seperti tetelan daging, bakso goreng, pangsit, dan masih banyak lagi.
  3. Selain bahan pelengkapnya, Anda juga bisa membikin beberapa varian bakso yang unik dengan satu adonan dasar. Kamu bisa bikin bakso dengan berbagai ukuran atau dengan berbagai isian di dalamnya. Bulatan bakso bisa kamu isi dengan keju, telur puyuh,  masih banyak lagi.
  4. Cara membuat bakso kenyal alami ini lumayan mudah  ,cara membuatnya pun sama dengan membuat bakso bakso pada lainya hanyan saja bakso kenyal alami ini  yang tidak  perlu menggunakan bahan penyedap ,sehingga bakso sapi kenyal alami ini  tidak mengandung bahan bahan penguat rasa atau pengawet hanya cukup dengan menggunakan garam dan gula

Cara membuat bakso sapi kenyal alami dengan cara lain

  1. 360 grdaging sapi giling (usahakan yang segar)
  2. 170daging ayam filet (usahakan yang segar)
  3. 5siungbawang putih ukuran besar, haluskan (saya diparut)
  4. 1 sdmgaram
  5. 2 sdtmerica bubuk
  6. 3 sdtkaldu bubuk sapi non MSG (tambahan dari saya)
  7. 2 sdtbaking powder (saya skip gak pake)
  8. 3butirputih telur
  9. 9-11 sdmtepung tapioka/sagu (saya 8 sdm)

Langkah langkah

  1. Potong daging agar lebih mudah untuk diolah dan digiling. Pastikan digiling hinga betul-betul halus.
  2. Masukkan semua bahan- bahan  bumbu seperti bawang putih yang sudah dihaluskan, putih telur, bawang putih goreng, garam dan es batu. Giling kembali hingga betul-betul halus.
  3. Tambahkan sedikit tepung sagu kering dan soda kue
  4. Siapkan air panas di dalam panci.
  5. Jika ingin membentuk dengan manual, rahasianya terletak pada sendok yang anda digunakan.
  6. Sangat disarankan  dalam membentuk/ mencetak bakso  harus menggunakan mesin cetak bakso. Karena setelah adonan pasta daging telah jadi, sebaiknya segera dibentuk dan di celupkan ke wadah air panas tersebut.

 

baca juga: Ini Dia Cara Membuat Bakso Kenyal Alami Tanpa Menggunakan Boraks