Resep Bakso Kanji Tanpa Daging Khas Makassar Yang Enak Dan Mantap

Resep Bakso Kanji Tanpa Daging Khas Makassar Yang Enak Dan Mantap – Bakso tusuk adalah jajanan dari adonan tepung dan daging digiling halus.

Tepung yang biasa digunakan yaitu tepung sagu ataupun bisa tepung maizena yang dipadukan dengan daging sapi yang digiling dengan halus.

Sebenarnya, bakso tusuk itu juga dapat dibuat tanpa tambahan dari daging, sehingga bisa lebih ekonomis lagi.

Resep ini yaitu resep bakso tusuk yang tidak memakai daging sama sekali.

Jika tidak memakai daging, jadi apa bedanya dengan cilok?

Jika bakso tusuk menggunakan daging, maka perbedaan yang utama dengan cilok yaitu pada dagingnya.

Bakso tusuk tanpa daging ini hampir tidak ada perbedaan dengan cilok bisa kita bilang sama saja.

Namun di setiap daerahnya, penyajian makanan ini memang sedikit berbeda-beda.

Cilok ini lebih dikenal berasal dari Jawa Barat, sementara bakso tusuk tanpa daging mungkin saja merupakan sebutan yang lebih umum di hampir semua daerah.

Meski berbeda-beda asal dan namanya, nyatanya mempunyai bahan dan juga bentuk yang hampir tidak ada bedanya.

Resep Bakso Kanji Tanpa Daging Khas Makassar Yang Enak Dan Mantap

Bahan-Bahan

  1. 125 gr tepung sagu
  2. 125 gr tepung terigu
  3. 2 sdm bawang merah goreng
  4. 1 sdm bawang putih goreng atau bawang putih bubuk
  5. 1 btg daun bawang, rajang halus
  6. 1/2 sdt lada bubuk
  7. kaldu bubuk, secukupnya
  8. garam, secukupnya
  9. air mendidih(kaldu sapi yang di didihkan), secukupnya (kurang lebih 1 gelas saja)

Cara Membuat Bakso Tusuk Tanpa Daging

  1. Siapkan berupa wadah yang ukurannya agak besar, haluskan bawang merah gorengnya dan juga bawang putih goreng menggunakan bagian belakang sendok atau boleh menggunakan ulekan jika dirasa cukup baik.
  2. Masukkan tepung sagunya, irisan daun bawangnya, garam, kaldu bubuk dan juga lada bubuk. Aduk dengan merata.
  3. Tuang air mendidihnya sedikit demi sedikit pada campuran tepung sagu, sambil diaduk-aduk menggunakan sendok atau pun spatula kayu. Nantinya, proses ini dapat menghasilkan adonan yang lembek dan juga transparan karena tepung sagu menggumpal terkena air panasnya. Biarkan saja adonan ini hingga sudah cukup dingin.
  4. Setelah dingin, tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni menggunakan tangan. Uleni adonan hingga kalis dan bisa dipulung.
  5. Bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan / pentol bakso. Lakukan hingga adonan habis.
  6. Rebus pentol bakso ini dalam air yang mendidih hingga matang dan juga mengapung, setelah itu segeralah untuk diangkat agar pentol bakso ini tidak melar dan juga lembek. Tiriskan pentol bakso tersebut.
  7. Sajikan bakso tusuk tanpa dagingnya dengan bahan pelengkap seperti saus sambal atau juga bisa kecap manis. Jika membuat banyak dan tidak habis, bisa dimasukkan kedalam kulkas dan nantinya dikukus dulu sebelum disajikan.

Bahaya Bakso Yang Dijual Murah Dan Berpengawet

Bakso merupakan salah satu jenis makanan yang disukai orang banyak. Teksturnya yang kenyal dan rasa kuahnya yang gurih seakan enak untuk dinikmati kapan saja, apalagi pada musim hujan.
Tapi, ternyata makan bakso yang berlebihan dan dilakukan setiap hari bisa menimbulkan dampak yang negatif. Apalagi jika kamu makannya di tempat-tempat yang sembarangan. berikut 6 bahaya yang mesti kamu perhatikan lagi!

1. Iritasi pada rongga mulut

Jika kamu terlalu banyak banyak mengonsumsi bakso yang menggunakan penyedap MSG berlebih juga nggak baik bagi kesehatan.
Hal tersebut akan menimbulkan luka disekitar rongga mulut kalian, termasuk gusi dan juga sekitar bibir bagian dalamnya yang akan menyebabkan munculnya penyakit sariawan.

2. Kerusakan saraf otak

Tidak disangka, ternyata saraf otak juga dapat rusak bila terlalu banyak mengonsumsi bakso yang terkandung boraks, MSG, dan juga penyedap rasa atau MSG. Kerusakan yang terjadi pada saraf otak ini dapat menurunkan kecerdasan dan juga memperlambat motorik dari anak-anak di usia dini.

3. Peningkatan asam lambung

Bakso memang terasa mantap dengan sambal dan cuka. Tapi tau nggak sih kalau ternyata itu sangat berbahaya.
Hati-hati lho pembuatan sambal dan cuka yang tidak higienis bisa menyebabkan gangguan lambung yang serius seperti sakit perut, melilit, muntah, dan mual yang memberikan resiko untuk peningkatan asam lambung.

4. Diare

Sebelum memakan bakso harusnya kamu sudah memilih tempat makan bakso yang memang sudah terjamin pengolahan dagingnya. Keadaan daging yang busuk atau tidak bersih mengakibatkan munculnya bakteri penyebab sakit perut.
Bakteri yang dapat menyebabkan diare yaitu jenis e-coli yang berasal dari kotoran manusia yang tidak disengaja masuk melalui proses dari pencucian daging.
Kondisi seperti ini dapat membuat kamu menjadi mual, mulas, dan juga mencret-mencret.

5. Menghilangkan nafsu makan

Sekalinya kamu makan bakso dengan kandungan dari MSG terus menerus, ini akan membuat ketergantungan dengan pemakaian dari MSG atau penyedap rasa yang berlebihan.

6. Merusak organ hati

Jenis pengawet formalin dan boraks bisa merusak hati dan menyebabkan kemampuan hati untuk mengendalikan racun dalam tubuh menurun.

Sekian informasi tentang : Resep Bakso Kanji Tanpa Daging Khas Makassar Yang Enak Dan Mantap. Jika anda menginginkan informasi lainya anda bisa mengunjunggi artikel tentang : 3 Macam Resep Bakso Vegetarian Yang Menyehatkan