6 Prinsip Alokasi Dana Desa Yang Harus Di Utamakan

6 Prinsip Alokasi Dana Desa Yang Harus Di Utamakan – Salah satu program pemerintah dalam memajukan daerah pedesaan adalah dengan program alokasi dana desa.

Namun penggunaan alokasi dana desa ini hendaknya haruslah tepat sasaran, agar program pembangunan yang rencanakan pemerintah berjalan dengan semestinya.

Tidak hanya itu, dengan penggunaan alokasi dana desa yang sesuai maka pembangunan akan selesai tepat waktu sesuai jadwal yang sudah di tentukan.

Berikut ini saya akan menjabarkan mengenai 6 Prinsip Alokasi Dana Desa Yang Harus Di Utamakan. Dengan harapan masyarakat tahu dan ikut andil dalam mengawasi penggunaan alokasi dana desa tersebut.

Berikut penjelasannya.

6 Prinsip Alokasi Dana Desa Yang Harus Di Utamakan

6 Prinsip Alokasi Dana Desa Yang Harus Di Utamakan

1. Keadilan

Prinsip pertama adalah keadilan, yang memang harus di utamakan. Dengan prinsip keadilan hendaknya dapat mensamaratakan kepentingan setiap lini-lini desa baik itu dalam pembangunan maupun kebutuhan lainnya.

2. Kebutuhan Prioritas

Kita tahu harusnya alokasi dana desa itu sudah di rencakan dalam penggunaannya. Dan harusnya memprioritaskan kepentingan desa yang sedang mendesak semisal ada fasilitas desa yang rusak.

3.Kewenangan Desa

Pemerintah desa harus bisa menggunakan kewenangannya untuk menggunakan alokasi dana desa sesuai rencana yang sudah di programkan pemerintah pusat.

4. Partisipatif

Pemerintah desa juga harus menggunakan prinsip partisipatif, dimana pemerintah desa berdiskusi dengan masyarakat dalam penggunaan alokasi dana desa yang lebih tepat.

Dan juga menerima usulan-usulan masyarakat yang sekiranya memang layak dan dapat memajukan masyarakat desa.

5. Swakelola

Prinsip swakelola dimana pemerintah desa bisa menetapkan alokasi dana desa untuk memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam di desa.

Namun pemerintah desa dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menggunakan alokasi dana desa dengan prinsip swakelola.

6. Tipologi Desa

Dalam prinsip tipologi pemerintah desa harus memahami kondisi lingkungan desa dengan benar agar nanti dapat menggunakan alokasi dana desa untuk membangun fasilitas.

tentu pembangunan fasilitas di dasari faktor kondisi desa yang sulit di sebagian lingkungan desa tertentu, contohnya diperlukannya jembatan karena dibatasi oleh sungai atau tebing.

Begitulah mengenai 6 Prinsip Alokasi Dana Desa Yang Harus Di Utamakan. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan kita mengenai alokasi dana desa  dan membantu pemerintah dalam mengawasi penggunaannya.

Baca Juga Usaha Pupuk Organik Cair Dan Raup Hasil Ratusan Juta di sini

Terima Kasih.